Atria-Paskhas Gelar Simulasi Anti Teror

NERACA

Tangerang -Atria Residence Gading Serpong berkerja sama dengan Detasemen 902/ Askus Sat Bravo'90 Paskhas TNI-AU melaksanakan simulasi anti teror sebagai upaya melatih kemampuan dan koordinasi penanganan teroris di objek vital."Simulasi ini secara berkala dilaksanakan tidak hanya di dalam markas tetapi juga di luar markas untuk terus memperbaiki kemampuan prajurit dalam penanganan teroris," kata Komandan Detasemen 902/ Askus Sat Bravo'90 Paskhas TNI-AU Mayor TNI Jumongga Sitinjak di Tangerang, Banten, Sabtu (27/9) pekan lalu.

Bagi pengelola gedung latihan ini sekaligus juga dapat melihat bagian mana dari gedung untuk dilakukan penyempurnaan untuk memberikan keamanan bagi penghuninya, papar Jumongga yang juga didampingi Eksekutif Assisten Manager Hotel dan Residence Atria, Evriansyah.

Jumongga juga mengatakan, Detasemen Anti Teror Paskhas selain secara berkala melakukan latihan sendiri di markas, juga sering melakukan latihan gabungan yang dilaksanakan sekurangnya setahun sekali.

Jumongga mengatakan, dalam SOP penanganan teroris, pemilik gedung melalui sekuriti akan berkoordinasi dengan Kepolisian, namun apabila penanganannya terlalu besar pihak Kepolisian dapat melibatkan pasukan khusus TNI melalui kebijakan Panglima TNI.

"Detasemen kita merupakan satuan pemukul serta memiliki keputusan sampai tingkat eksekusi," ujar dia.

Evriansyah mengatakan, dengan dipergunakannya Atria sebagai lokasi simulasi justru pihaknya mengetahui bagian-bagian dari gedung yang perlu dilakukan penyempurnaan setelah melakukan koordinasi dengan Satuan Anti Teror Paskhas.

Dalam simulasi tersebut dilakukan penyelamatan sandera dari dalam gedung, serta melakukan penjinakan bom menggunakan alat kendali jarak jauh.

Simulasi yang dilakukan pukul 10.00 WIB tersebut dimulai dengan aksi rapelling (turun menggunakan tali) dari atas gedung, aksi penyergapan di dalam gedung, serta upaya penjinakan bom melibatkan 40 orang dari pasukan anti teror.

Evriansyah mengatakan, simulasi ini memberikan pengalaman sangat berharga bagi manajemen gedung sehingga kami siap untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung. [kam]

Related posts