JobsDB Kerjasama Dengan Karang Taruna - Berikan Solusi Ketenagakerjaan ke Pemuda

NERACA

Jakarta - Portal lowongan kerja multinasional JobsDB melakukan kerjasama dengan Pengurus Nasional Karang Taruna. Kerjasama tersebut dalam rangka bulan Bhakti Karang Taruna 2014 dan sebagai upaya ikut berperan aktif menyejahterakan bangsa. Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Managing Director jobsDB Indonesia, Ariadi Anaya saat penandatanganan kerjasama anatar JobsDB dengan Pengurus Nasional Karang Taruna di Jakarta, akhir pekan kemarin.

"Berbekal pengalaman dan kredibilitas jobsDB, kami yakin kolaborasi dengan Karang Taruna akan memberi solusi bagi masalah kepemudaan, khususnya dalam bidang ketenagakerjaan.  Kerjasama yang dilakukan saat ini yaitu  jobsDB menyiapkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan anggota Karang Taruna di dalam microsite, yang dapat dilihat berdasarkan fungsi pekerjaan, lokasi, dan pendidikan.  Selain itu, di microsite juga tersedia berita-berita dan artikel seputar Karang Taruna serta informasi yang berhubungan dengan pekerjaan.  Microsite ini dapat diakses di link : http://id.jobsdb.com/ID/EN/StaticContent/karang-taruna/index.html" ungkap Ariadi.

Ia mengatakan kolaborasi ini selaras dengan visi dan misi yang dimiliki jobsDB serta Karang Taruna. Sebagai portal lowongan pekerjaan yang sangat mengutamakan job seeker, jobsDB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menemukan pekerjaan yang tepat, serta membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang kompeten.

Kolaborasi ini juga menandai ulang tahun ke-54 Karang Taruna, organisasi sosial kemasyarakatan yang dibentuk sejak 26 September 1960 dan kini beranggotakan pemuda dari 79.239 desa di seluruh Indonesia, yang berfungsi sebagai wadah serta sarana pengembangan generasi muda di wilayah desa/kelurahan.

JobsDB merupakan portal lowongan kerja yang kredibel dengan pengalaman selama 16 tahun dan telah beroperasi di berbagai negara Asia seperti Hongkong, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Di Indonesia sendiri, jobsDB telah mendapat kepercayaan dari berbagai instansi pemerintah untuk menjalin sejumlah kerja sama strategis di bidang ketenagakerjaan, di antaranya dengan Kementerian Pendidikan Nasional, BNP2TKI, KemenPAN-RB, UMKM, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Kadin.

Ketua Umum Nasional Karang Taruna Taufan E.N. Rotorasiko menjelaskan bahwa karang taruna telah tumbuh dan berkembang dari, oleh, dan untuk generasi muda, khususnya di tingkat wilayah desa, kelurahan, atau komunitas adat yang sederajat. Didasari semangat kaum muda untuk membangun komunitasnya, setiap desa, kelurahan atau komunitas dapat membuat dan mengembangkan Karang Tarunanya yang dikelola secara otonom.

“Berbekal komitmen tinggi dan cita-cita luhur untuk menyejahterakan kehidupan bangsa, saya optimis dan yakin, kegiatan yang dikelola bersama dengan jobsDB ini akan disambut antusias oleh para pemuda di desa atau kelurahan yang mendapatkan akses internet, sehingga bisa memberikan harapan akan potensi karir di masa depan. Pemuda tidak hanya memiliki peluang pekerjaan, tapi juga peluang pendidikan lewat program-program beasiswa. Capacity building pun menjadi bagian dari kerjasama ini, sehingga pemuda Karang Taruna bisa meningkatkan kualitas hidupnya,” tambahnya.

Sebagai salah satu portal pencari kerja terbesar, jobsDB memiliki sekitar 60 ribu perusahaan di Indonesia yang menawarkan lapangan pekerjaan. Database lowongan kerja yang dapat diakses para pencari kerja mampu menawarkan kesempatan dan pekerjaan yang paling cocok dengan keinginan mereka. Situs jobsDB seluruh Asia mendapat 12-18 juta kunjungan setiap bulannya. Sementara di Indonesia sendiri, situs jobsDB mendapatkan 30 juta kunjungan per tahun dan dapat meningkat hingga 30% pada tahun-tahun mendatang, seiring perkembangan pengguna internet yang terus bertambah setiap tahunnya.

Ariadi menambahkan bahwa di portal jobsDB Indonesia sendiri saat ini tengah tersedia sekitar 30 ribu posisi/lowongan pekerjaan. Melalui jobsDB, peminat bisa melakukan berbagai mode pencarian pekerjaan yang paling cocok. Situs jobsDB memiliki fitur mesin pencari yang mampu menemukan berbagai jenis pekerjaan berdasarkan jabatan yang diinginkan, fungsi pekerjaan, lokasi, serta kisaran gaji bulanan yang diharapkan. Selain itu tersedia pula sarana untuk menaruh resume yang memungkinkan para pencari kerja ditemukan oleh perusahaan yang memerlukan.

Melalui jobsDB, pengguna juga bisa mendapatkan informasi lowongan yang tersedia lewat email pribadi. “Anda hanya perlu membuat job alert di situs kami secara mudah. Cukup masukkan semua kriteria pekerjaan yang diinginkan, lalu kami akan mengirimkan informasi lowongan yang paling sesuai untuk Anda melalui email,” kata Ariadi.

BERITA TERKAIT

Konsumen Cerdas Cipakan Pasar yang Adil

NERACA Jakarta – konsumen yang cerdas dapat berperan aktif dalam menciptakan pasar yang adil, transparan, dan berkelanjutan. Konsumen perlu meluangkan…

Sistem TI Pantau Pemanfaatan Kuota BBL

NERACA Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap menyiapkan sistem informasi pemantauan elektronik untuk mengawal…

UMKM Pilar Ekonomi Indonesia

NERACA Surabaya – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar ekonomi Indonesia. Pemerintah akan terus memfasilitasi kemajuan UMKM dengan…

BERITA LAINNYA DI Perdagangan

Konsumen Cerdas Cipakan Pasar yang Adil

NERACA Jakarta – konsumen yang cerdas dapat berperan aktif dalam menciptakan pasar yang adil, transparan, dan berkelanjutan. Konsumen perlu meluangkan…

Sistem TI Pantau Pemanfaatan Kuota BBL

NERACA Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap menyiapkan sistem informasi pemantauan elektronik untuk mengawal…

UMKM Pilar Ekonomi Indonesia

NERACA Surabaya – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar ekonomi Indonesia. Pemerintah akan terus memfasilitasi kemajuan UMKM dengan…