Coretan Merah di PR Matematika Pangkas Kreativitas Anak

NERACA

Beberapa waktu lalu jagad media sosial Facebook sempat dihebohkan dengan beredar Pekerjaan Rumah (PR) murid kelas dua SD bernama Habibi. Soal perkalian menjadi perdebatan karena ada perbedaan konsep dalam menjawab.

Dari 10 soal, hanya dua soal yang benar. Tidak terima dengan penilaian guru, Erfas (kakak Habibi) yang membantu menyelesaikan PR mengunggahnya di media sosial itu. Salah satu soalnya, 4+4+4+4+4+4= 4x6= 24 namun guru menganggap salah, versi yang benar adalah 4+4+4+4+4+4= 6x4= 24. Meski hasilnya sama, namun proses berbeda sehingga disalahkan.

Setelah soal diunggah 18 September lalu, beragam tanggapan, baik pro maupun kontra bermunculan. Sadar hal itu menjadi perdebatan cukup alot, Erfas pun mengajak teman-temannya untuk tidak merasa paling benar.

"Jadi alangkah baiknya kita saling berpikir terbuka, saling menghargai pendapat masing-masing," ujar Erfas dalam akun miliknya

Permasalahan perbedaan tempat antara 4 dan 6 di soal siswa kelas 2 SD bukan hal yang urgen. Menjadi serius ketika guru memberikan pemahaman kontekstual terhadap konsep matematika anak SD.

Pemerhati perempuan dan anak Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan seharusnya guru jangan terlalu kaku dalam mengajarkan matematika pada tingkatan Sekolah Dasar (SD).

"Jadi memang anak perlu dikasih tahu prosesnya bukan hanya hasil, karena jika anak hanya diajari hasilnya anak akan berfikir instan," ujar Giwo, di Jakarta belum lama ini

Meskipun begitu, guru juga tidak boleh membakukan pilihan satu proses. Sebaiknya guru membuka ruang beragam cara, agar anak memiliki kemampuan berpikir dengan baik.

"Karena tidak menutup kemungkinan anak memilki cara lain yang mungkin lebih kreatif," jelas dia.

Pembakuan satu proses dari guru, sambung dia, akan "memangkas" kreatifitas anak. Prinsipnya, jika hasilnya sama, siswa perlu diberikan keleluasaan untuk memilih proses yang dikehendaki.

"Dengan demikian, logika akan berkembang dengan baik," tambah Mantan Ketua KPAI itu.

Ketua Umum Kowani, Dewi Motik Pramono, mengatakan anak SD belum cocok untuk diajarkan konsep.

"Matematika itu mudah dan realita. Jadi, anak itu jangan ditakuti-takuti jika ingin bisa menguasai matematika," kata Dewi.

Sedangkan menurut pakar pendidikan Arif Rahman, pemberian nilai setiap guru kepada muridnya memang berbeda-beda. Dia mencontohkan, dalam kasus ini bisa saja guru matematika yang lain membenarkan jawaban yang dibuat oleh Habibi.

"Untuk menyelesaikan masalah seharusnya, orangtua murid, guru yang bersangkutan, dan pihak sekolah duduk bareng membahas hal ini," jelas Arif yang merupakan guru besar UNJ tersebut.

Tak berhenti disitu, Kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Ibnu Hamad, turut berkomentar mengenai PR Matematika tersebut.

Dia mengatakan, guru merupakan salah satu tolok ukur pendidikan. Oleh sebab itu, guru diberikan pelatihan agar menyampaikan ilmu secara baik.

"Sampai saat ini kami sudah melatih 1,3 juta guru. Kami latih mereka agar siap. Kenapa? Karena kami sadar peran mereka," jelas Ibnu.

BERITA TERKAIT

Ini Penjelasan Harga Cabai Merah Stabil Tinggi

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan mencatat harga cabai merah keriting dan cabai merah besar di sejumlah pasar tradisional menunjukkan peningkatan…

Pangkas Beban Utang - Sidomulyo Cari Modal Lewat Rights Issue

NERACA Jakarta -Perusahaan jasa angkutan kimia PT Sidomulyo Selaras Tbk (SDMU) berencana mencari pendanaan di pasar modal lewat aksi korporasi…

Anak Usaha Lippo Group Siap Perkuat Lini Usaha Logistik

Anak Usaha Lippo Group Siap Perkuat Lini Usaha Logistik NERACA Jakarta - Lippo Group menggandeng Sumitomo Corporation untuk memperkuat bisnis…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Merajut Jaring Literasi Baca Anak

    "Halo, perkenalkan, namaku Ceta. Aku mau ajak teman-teman di sini untuk bermain tebak-tebakan. Mulai dari kelompok perempuan dulu,…

Tips Mengajak Anak Berpuasa

    Memasuki Ramadan, maka umat Islam akan mulai ibadah puasa. Tidak jarang anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan pun…

Pentingnya Peran Peneliti untuk Mitigasi Bencana

  Kepala Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Sri Sunarti Purwaningsih menilai pentingnya peran peneliti dan…