Tingkatkan Daya Saing UKM di Indonesia - Citi Luncurkan CMA ke-10

Saat ini sebagian besar pelaku UKM di Indonesia masih banyak yang belum memiliki kesiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015. Padahal mereka (pengusaha) disamping memiliki tantangan, juga memiliki peluang besar menyongsong MEA. Oleh karena itu, pelatihan-pelatihan bagi pengusaha secara intensif mutlak diperlukan.

NERACA

Belum lama ini Citi Indonesia melalui program kemasyarakatannya, Citi Peka meluncurkan program Citi Microentreprenuership Award (CMA) yang ke-10. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari komitmen Citi untuk mendukung perkembangan usaha mikro beromzet kurang dari Rp200 juta per tahun.

Program yang menggandeng UKM Center-FEUI (UKMC-UI) sebagai mitra pelaksana ini merupakan kegiatan pemberian apresiasi yang berujung pada pelatihan serta bimbingan kepada pelaku usaha mikro yang insipiratif dan bertujuan agar usaha mereka dapat semakin berkembang dan memiliki daya saing yang tinggi. Diharapkan nantinya mereka tidak hanya dapat bersaing pada tingkat nasional, tetapi juga pada tingkat regional maupun internasional.

Country Corporate Affairs Head Citi Indonesia, Agung Laksamana menjelaskan bahwa Citi Micro Entrpreneurship Awards merupakan inisiatif global yang didanai oleh Citi Foundation dan bertujuan untuk meningkatkan wawasan mengenai pentingya kewirausahaan dan akses keuangan bagi pengusaha mikro. Saat ini CMA telah dilaksanakan di lebih dari 30 negara di dunia dengan total jumlah pemenang mencapai 5.500 pengusaha.

“Sejak awal, Citi telah mengidentifikasi bahwa usaha mikro akan menjadi komponen penting dari pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Oleh karena itu, Citi Indonesia selalu memiliki komitmen tinggi terhadap keberlangsungan program CMA yang kini telah memasuki tahun penyelenggaran yang ke-10,” ujar Agung

Sejak diluncurkan pada tahun 2005, CMA telah mensurvei sebanyak 188 pelaku usaha mikro dari seluruh pelosok Indonesia. Dari jumlah tersebut telah terpilih 92 pelaku usaha mikro terbaik dari berbagai kategori yang dikompetisikan. Setelah mendapatkan pelatihan dan bimbingan, para pelaku usaha mikro yang terpilih kemudian mengambil peranan aktif sebagai mentor bagi para pelaku usaha lain di daerahnya.

Pendaftaran peserta CMA 2014 dibuka sejak 8 Agustus hingga 30 November 2014. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui situs www.ukmcenter.org dan www.cmaindonesia.com . Proses penjurian CMA 2014 akan dilakukan oleh dewan juri dari berbagai kalangan termasuk dari kalangan akademisi, perbankan, media, pengusaha, serta pemerintah. Adapun, pengumuman pemenang CMA 2014 akan dilaksanakan pada 18 Februari 2015.

“Dengan pelaksanaan Citi Mircoentrepreneurship Award yang mencapai tahun ke-10, kami berharap lebih banyak lagi para pelaku usaha mikro unggulan yang dapat berkesempatan mendapat pembekalan dan bimbingan guna mengembangkan usaha mereka,” kata Dewi Meisari Haryanti Kepala UKM Center FEUI. “Melihat prestasi-prestasi yang telah diraih oleh para finalis CMA sebelumnya, kami yakin masih banyak potensi serupa di dalam masyarakat, yang jika dikelola dengan baik, dapat membawa dampak positif terhadap perekenomian Indonesia.”

UKM-Center FEUI

Pada tahun 2005, PBB menetapkan tahun 2005 sebagai International Year of Microcredit dalam rangka penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan usaha mikro kecil. Di tahun yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi UI juga merasakan perlunya dibentuk suatu lembaga di bawah payung fakultas yang fokus di kegiatan pengabdian masyarakat, untuk menyempurnakan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat).

Dengan latar belakang tersebut didirikanlah Pusat UKM atau UKM Center FEUI, sebagai unit FEUI yang fokus pada kegiatan pemberdayaan usaha mikro kecil  dan pendorongan semangat kewirausahaan. Dengan mengusung moto “Bersama kita membangun ekonomi kerakyatan”, UKM Center FEUI aktif bersinergi dengan berbagai kalangan, baik pemerintah, bisnis, perguruan tinggi, dan berbagai lembaga swadaya masyarakat, dalam rangka mengoptimalkan perannya dan memperluas jangkauan layanannya.

Sampai saat ini kegiatan UKM Center FEUI mencakup penelitian, advokasi kebijakan, pelatihan, pembinaan (mentoring usaha), inkubasi bisnis, pemberian penghargaan, sampai penyaluran kredit.

BERITA TERKAIT

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…

BERITA LAINNYA DI CSR

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…