Ajang IIMS 2014 - BMW i8 dan BMW X4 Menjadi Pusat Perhatian Pengunjung

Kehadiran mobil-mobil Eropa di ajang Indonesia Internasional Motor Show 2014, menjadi warna tersendiri di mata para pengunjung. Salah satunya merek yang menjadi pusat perhatian yakni booth BMW Indonesia, yang memboyong beberapa model andalan, termasuk sport car plug in hybrid, i8 dan All New BMW X4.

NERACA

Bertabur cat warna hitam dengan aksen biru pada moncongnya, mobil ini sukses menjadi pusat perhatian para pengunjung yang hadir di booth BMW yang terletak di area outdoor, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"IIMS 2014 merupakan kesempatan kami menyampaikan cerita seputar kepemimpinan BMW dalam hal inovasi, keberlanjutan, dan desain," ujar presiden direktur BMW Group Indonesia, Karen Lim.

Menurutnya, kehadiran BMW i8 di ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini menandai awal dari sebuah babak baru dalam mobilitas dan akan merevolusi cara seseorang mengemudi.

Salah satu keunggulan dari sedan berfitur kursi 2+2 ini adalah aristektur LifeDrive yang mampu menghasilkan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar dan menunjang tingkat keselamatan yang tinggi.

Arsitektur LifeDrive yang dibagi secara horizontal terdiri dari dua modul independen yang terpisah, yaitu modul alumunium Drive dan modul Life. Alumunium Drive terdiri dari mesin dan motor, baterai, tenaga listrik, sasis, serta struktur kendaraan dan fitur keselamatan.

Sedangkan Life adalah sel penumpang plastik yang diperkuat dengan serat karbon (CFRP). CFRP disebut 50 persen lebih ringan dari baja namun lima kali lebih kuat dan material paling ringan dan dapat digunakan untuk kendaraan yang disertai keamanan.

"Efek dari gravitasi rendah itu adalah tingkat keselamatan lebih tinggi dan menjamin kendaraan lebih mudah dikendalikan," jelas Kay Segler, Senior Vice President Special Projects Asia BMW Group, yang juga turut hadir dalam acara perkenalan BMW i8 di ajang IIMS 2014 itu.

Sementara untuk dapur pacunya, BMW i8 menggunakan mesin bensin tiga silinder TwinPower Turbo dengan High Precision Direct Petrol Injection serta VALVETRONIC fully variable valve control dan turbocharging. Mesin berkapasitas 1.500 cc itu mampu mengeluarkan daya maksimum 231dk.

Selain mesin bensin, BMW i8 juga memiliki motor listrik dengan teknologi BMW eDrive yang merupakan motor sinkron hybrid dengan pengendali daya elektronik dan modul pengisian terpadu yang disertai modus generator untuk rekuperasi. Daya maksimumnya mencapai 131dk.

Gabungan tenaga dari kedua penggerak tersebut adalah 362dk dengan torsi maksimum gabungan mencapai 570 Nm. Akselerasi bisa dicapai dalam waktu 4,4 detik untuk jarak 0-100 km/jam. Kecepatan pun diklaim mencapai 250 km/jam dengan konsumsi bahan bakar kombinasi 47,6 km/liter.

"Kami berharap kehadiran BMW i8 di Indonesia tidak hanya menjadi inspirasi, namun juga sebagai basis keberlanjutan industri otomotif di negara ini," tutur Karen.

All New BMW X4

Tidak hanya BMW i8 yang menjadi pusat perhatian para pengujung IIMS, BMW Group Indonesia memperkenalkan mobil premium All New BMW X4 xDrive28i M Sport.

All New BMW X4 mengusung konsep Sport Activity Coupe (SAC), konsep SAC sendiri pertamakali digunakan oleh BMW X6 pada tahun 2008 lalu. All New BMW X4 memiliki tampilan eksterior yang unik. Bagian depansangat mencolok dengan grill yang kuat dan lubang udara besar. Pada lampu menggunakan teknologi LED

All New BMW X4 ini menggunakan mesin bensin empat-silinder in-line BMW TwinPower Turbo, High Precision Direct Injection, Double-Vanos Variable camshaft control dan pengaturan waktu melalui variabel Valvetronic. Kemampuan mesin tersebut yang dikawinkan dengan transmisi 8-percepatan Steptronic mampu menghasilkan tenaga hingga 245 hp dengan torsi 350 Nm. Kemampuan akselerasi juga sangat WOW mampu berakselerasi dari 0-100 kpj hanya 6,4 detik.

Interior dari all-new BMW X4 xDrive28i M Sport memperlihatkan sebuah sintesa harmonis antara karakter sporty dan eksklusivitas. Bodinya dipasang 36 milimeter lebih dekat ke jalan daripada bodi dari BMW X3. Pengemudi dan penumpang depan duduk 20 milimeter lebih rendah dan penumpang belakang 28 milimeter lebih rendah, menciptakan perasaan coupé sports klasik.

All-new BMW X4 diperkenalkan sebagai BMW X4 xDrive28i M Sport dengan harga Rp1,108 miliar (off-the-road), dan dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, yang termasuk perawatan selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang lebih dulu.

BERITA TERKAIT

Perpres No 191/2014 Tentang BBM Minta Direvisi

  NERACA Jakarta - Pengamat Energi yang juga Direktur Puskepi, Sofyano Zakaria mendesak Perpres No. 191/2014 tentang Penyedian, Pendistribusian dan…

IMF Soroti Reformasi Struktural dan Kesenjangan

NERACA Jakarta-Dana Moneter Internasional (IMF) menyebutkan, tiga prioritas utama yang harus dilakukan untuk memperkuat pemulihan ekonomi global yang saat ini…

Antara APIP dan Opini WTP

Oleh: Panji Pradana Putra, Inspektorat Jenderal Kemenkeu *) Pertama kali dalam 12 tahun, pertanggungjawaban pelaksanaan APBN dalam bentuk Laporan Keuangan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Brio Satya Jadi Model Terlaris Honda Pada September 2017

Honda mencatatkan angka penjualan kendaraan sebanyak 15.112 unit sepanjang bulan September 2017. Penjualan tersebut didukung beberapa model andalan, terutama Brio…

Diskon Besar

Federasi pembuat mobil Jerman memperkirakan adanya kenaikan penjualan mobil tahun 2017 menyusul langkah cepat konsumen untuk membeli mobil baru yang…

Crown Rancangan Ulang Dipamerkan di Tokyo Motor Show

Toyota Motor Corporation (TMC) dijadwalkan akan memamerkan Crown Concept, sedan mewah Toyota yang dirancang ulang dari nol, di Tokyo Motor…