Menyiapkan Hunian Sesuai Hobi Anak

Hunian memang tempat yang lebih nyaman dibandingkan dengan tempat lainnya. Tak banyak yang menyadari hal ini, sebagian orang menganggap kalau hunian hanyalah tempat untuk melepas lelah setelah bepergian atau bekerja. Memaksimalkan hunian memang tidak begitu mudah, semuanya butuh perencanaan dan konsep yang sangat matang.

Membuat sarana untuk hobi si anak adalah salah satunya, banyak orang lebih memilih untuk bepergian ke luar hunian hanya untuk menemani anaknya belajar renang, belajar melukis ataupun membaca di perpustakaan atau di toko buku. Jarang sekali memikirkan konsep dan membuat sarana untuk hobi si anak di hunian sendiri, dengan begitu anak pun tidak perlu jauh-jauh ke luar hunian hanya untuk melampiaskan hobinya.

Memang cukup banyak yang harus diperhatikan, selain harus memiliki halaman yang cukup luas, terkadang hobi anak pun tidak semua bisa dilakukan di halaman hunian. Namun tidak ada salahnya bila memiliki lahan memungkinkan. Bila memang memungkinka, tidak ada salahnya kita membuat sarana untuk hobi si anak di halaman hunian kita. Selain kita bisa mengawasinya dengan baik, kita juga bisa menekan pengeluaran uang yang ada untuk bepergian atau ke luar hunian.

Tumbuh kembang anak usia dini memang sangat penting dan butuh perhatian yang sangat ekstra. Saat tumbuh kembang inilah anak biasanya memperlihatkan ketertarikannya kepada suatu hobi, dan tugas orang tualah untuk menunjang bakat yang mulai diperlihatkan oleh si anak. Hobi dan bakat memang sangat berkaitan, sebelum nantinya bakat itu benar-benar menjadi hobi si anak, sebaiknya orang tua terus mengawasi dan mendukung bakat si anak.

Begitu pula dengan memilih furniture untuk si anak, memilih furnitur untuk kamar tidur anak mungkin terlihat sepele, jangan salah terkadang kegiatan ini sangat membingungkan orangtua memilihkan bagaimana furnitur yang baik untuk anak-anak mereka. Apalagi jika anak sudah bisa menentukan sebuah pilihan terkadang itu menimbulkan perdebatan dalam memilih furnitur. Agar tak salah pilih ada baiknya Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertimbangkan usia anak

Tempat tidur atau kursi bertema mobil atau beruang, memang membuat kamar anak lebih semarak dan ceria. Tapi coba Anda perhitungkan, sampai kapan anak menyukai tempat tidur berbentuk seperti itu, mungkin saat usia mereka menginjak 10 tahun ke atas mereka mulai merasa tak pantas lagi dengan tema-tema itu.

Untuk itu, pilih furnitur bisa dipakai hingga anak beranjak remaja, pilihlah yang modelnya klasik atau basic dengan warna netral. Misalnya warna coklat, hitam atau putih. Tempat tidur model klasik lebih fleksibel dihias dengan bermacam-macam ornamen sesuai usianya.

Ukuran tempat tidur

Terkadang tempat tidur berukuran mini sangat diminati karena bentuknya imut dan lucu. Tetapi itu juga tidak akan terpakai lama. Untuk itu, Belil tempat tidur ukuran reguler agar bisa digunakan dalam waktu lama.

Perhatikan soal keamanan

Terkadang banyak orangtua tak terlalu menindahkan masalah ini, asal bentuk furnitur lucu dan indah faktor keamanan pun kadang terlupakan. Padahal, faktor ini sangat penting bagi kebaikan anak Anda. Misalnya, jangan pilih furnitur dengan sudut-sudut tajam, karena akan membahayakan diri si anak itu sendiri.

Diskusikan bersama

Hal ini patut dilakukan semua orangtua, sehingga nantinya anak akan merasa betah di kamar karena sesuai dengan keinginannya. Untuk itu, sebelum membeli mintalah beberapa brosur dan katalog kemudian perlihatkan pada anak.

BERITA TERKAIT

Vivendi Investasi US$ 500 Juta - Global Mediacom Rencanakan IPO Anak Usaha

NERACA Jakarta – Teka teki siapa yang berniat invetasi MNC Group, akhirnya terbuka juga informasi. PT Global Mediacom Tbk (BMTR)…

Setor Modal Rp 11 Miliar - Mega Perintis Bikin Anak Usaha Pakaian Jadi

NERACA Jakarta  - Kembangkan ekspansi bisnisnya, PT Mega Perintis Tbk (ZONE) baru saja merampungkan pembentukan entitas anak usaha baru yang…

Raih Pinjaman Rp 2,5 Triliun - Indoritel Jaminkan Saham Anak Usaha

NERACA Jakarta – Kantugi pinjaman senilai Rp 2,5 triliun dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Indoritel Makmur Internasional…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Perlu Memadukan

Perlu Memadukan "Land Banking" Dengan Skema ABCG NERACA Semarang - Pakar perumahan Asnawi Manaf memandang perlu memadukan program "Land Banking"…

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District - Kontrak Senilai Rp2 Triliun

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District Kontrak Senilai Rp2 Triliun NERACA Jakarta - Salah satu proyek properti multi fungsi…

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District - Kontrak Senilai Rp2 Triliun

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District Kontrak Senilai Rp2 Triliun NERACA Jakarta - Salah satu proyek properti multi fungsi…