Transformasi Express Group Dengan Aplikasi Teknologi - Komitmen Menjaga Kualitas Pelayanan

NERACA

Jakarta – Kemacetan kota Jakarta yang begitu parah seiring berkembang pesatnya pertumbuhan kota, menjadi gambaran bila pertumbuhan ekonomi masih positif. Hal ini tercermin dari daya beli masyarakat yang masih positif dan ditambah meningkat tajamnya pertumbuhan kendaraan pribadi di ruas lalu lintas Jakarta dan sekitarnya. Namun disatu sisi, kondisi ini menjadi tantangan bagi pemerintah provinsi DKI Jakarta bagaimana mengurai kemacetan lalu lintas, yang hingga kini sudah menjadi masalah klasik yang belum terpecahkan.

Saat ini pemerintah daerah DKI Jakarta, tengah giat-giatnya mengajak masyarakat beralih menggunakan modal transportasi publik, meniru negara Singapura yang sukses dalam mengatasi kemacetan di jalan. Hanya saja, mengajak masyarakat Jakarta menggunakan transportasi publik dirasakan tidak cukup dan tidak efektif bila tidak di imbangi dengan infrastruktur yang memadai dan termasuk kendaraan transportasi publik yang aman, nyaman, cepat dan terintegrasi. Melihat begitu besarnya kebutuhan masyarakat perkotaan terhadap kendaraan transportasi publik yang aman, nyaman, cepat dan efisien, menjadi landasaran bagi PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) sebagai pengelola layanan transportasi darat terkemuka di Indonesia untuk menghadirkan kendaraan transportasi yang ideal. Apalagi kendaraan taksi, sebagai transportasi umum bukan lagi barang yang mahal dan saat ini sudah bisa digunakan masyarakat dari berbagai kalangan seiring daya beli terus tumbuh.

Menjawab kebutuhan masyarakat, Express Group terus melakukan transformasi dan pembenahan. Dimana transformasi ini tidak hanya sekedar peremajaan armada, tetapi juga peningkatan kualitas pelayanan dan mutu pengemudi serta mengaplikasikan kemajuaan teknologi untuk memudahkan pelanggan dalam memesan taksi agar lebih efisien. Belum lama ini, Express Group memperkenalkan aplikasi Express Now di Car Free Day kepada masyarakat Jakarta yang menginginkan pemesanan Taksi Express dengan satu kali klik.

Direktur Keuangan PT Express Transindo Utama Tbk, David Santoso mengatakan, Express sangat mengerti kebutuhan masyarakat perkotaan yang menginginkan kemudahan memperoleh moda transportasi yang terpercaya melalui gadget mereka. “Kami berharap kehadiran Express Now bisa memberikan layanan pemesanan Taksi Express dengan cepat, mudah dan nyaman langsung dari gadget mereka hanya dengan sekali klik,” jelas David Santoso.

Menurutnya, aplikasi Express Now memberikan direct order kepada taksi yang berada di wilayah pemesanan, sehingga Taksi Express akan mudah menjangkau dan mempersingkat waktu menjumpai pemesan. Melalui aplikasi ini juga customer dapat mengetahui lokasi (tracking) taksi yang telah dipesan dengan menggunakan sistem GPS yang terpasang di setiap taksi. “Melalui Express Now, pemesan bisa mengetahui lokasi Taksi Express karena aplikasi ini juga memiliki GPS,”kata David.

Tawarkan Kemudahan

Kehadiran Express Now ini pun diapresiasi oleh pelanggan taksi Express. Alasannya, dengan aplikasi mobile ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat pengguna transportasi umum yang menginginkan moda transportasi cepat dan nyaman. Saat ini Express Now bisa digunakan oleh pengguna Android, kedepannya Express Group akan mengembangkannya agar bisa digunakan dalam iOS dan Windows Phone.“Kami berharap inovasi yang dilakukan Express Group dapat memberikan nilai tambah kepada konsumen agar dapat terus meningkatkan pelayanan yang kami berikan,” ujar David.

Sebelumnya Express Group juga telah memiliki aplikasi pemesanan taksi yang diberi nama Express Mobile Reservation, kedua aplikasi ini saling melengkapi satu sama lain. Perbedaan antara kedua aplikasi ini adalah aplikasi Express Now digunakan untuk pemesanan Taksi Express secara langsung (real time), sedangkan Express Mobile Reservation merupakan aplikasi pemesanan Taksi Express untuk beberapa jam atau beberapa hari ke depan.

Disamping itu, Express Group juga menggandeng kerjasama dengan Gunnebo Indonesia untuk menyediakan 50 mesin intelli-safe di 25 pool Express yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Kata CEO Express Group Daniel Podiman, kerja sama ini merupakan upaya meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam proses setoran harian pengemudi.

Dia memaparkan, setiap hari ada lebih dari 200 orang pengemudi yang menyetorkan ke kasir secara bersamaan. Dalam perhitungan sebelumnya, kasir memerlukan waktu lebih dari dua jam untuk merekap semua setoran,”Dengan intelli-safe dapat menghemat waktu antara 30-60 menit sehingga waktu penjemputan uang dari perusahaan CIT lebih terkontrol," ujar Daniel.

Sementara Country Manager Gunnebo Indonesia, Hindra Kurniawan mengungkapkan, besarnya jumlah uang kartal yang beredar membutuhkan penanganan yang aman dan efisen dalam bertransaksi. Oleh karena itu, pihaknya memperkenalkan solusi inteli-safe yang pertama di Indonesia. Intelli-safe pertama kali digunakan di Australia dan menyebar ke Eropa dan Asia Pasifik. Mesin ini diatur agar dapat memvalidasi uang kertas dalam berbagai kondisi, mulai dari lipatan hingga tersobek.

Dia menjelaskan, dengan solusi inteli-safe, semua pengemudi akan memasukkan jumlah setoran sesuai dengan data dari pusat, kemudian mesin akan menghitung dan memvalidasi. Saat semua setoran sudah diterima, akan mengeluarkan rekapitulasi perhitungan terakhir yang akan jadi referensi utama. Maka diharapkan, dengan berbagai inovasi dan aplikasi teknologi terkini makin memicu Express Group yang sudah berpengalaman selama 25 tahun bisa meningkatkan kinerja keuangan dan menjadi transportasi umum yang ideal. Dengan begitu, bukan mustahil perseroan bisa meraup pangsa pasar yang lebih besar lagi. (bani)

BERITA TERKAIT

KABUPATEN TANGERANG - PDAM Targetkan Januari 2018 Pelayanan Pesisir Beroperasi

KABUPATEN TANGERANG PDAM Targetkan Januari 2018 Pelayanan Pesisir Beroperasi NERACA Tangerang - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja…

Sektor Teknologi dan Manajemen Risiko

  Oleh: Achmad Deni Daruri President Director Center for Banking Crisis     Korporasi Alibaba segera akan mengganti para akuntannya…

Soal E-Money, Bank Mandiri Kerjasama dengan 12 Bank

      NERACA   Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri) telah menjalin kesepakatan strategis dalam bidang…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Desa Nabung Saham Hadir di Monokwari

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mencanangkan "Desa Nabung Saham" di wilayah Kabupaten Manokwari, Papua Barat,”Desa Nabung Saham akan dibentuk…

BEI Suspensi Perdagangan Saham MNCN

Mengendus adanya transaksi yang mencurigakan melalui Nomura Sekuritas Indonesia, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) mengajukan penghentian sementara (suspensi) perdagangan…

Link Net Targetkan 150 Ribu Pelanggan

Kebutuhan jaringan internet di Indonesia memacu PT Link Net Tbk (LINK) gencar ekspansi jaringan. LINK optimistis bisa memenuhi target 2,8…