Targetkan Pendapatan Rp 11,6 Triliun - Kejar Target, Lippo Karawaci Jual Lippo Mall Kemang

NERACA

Jakarta - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) melalui anak perusahaannya, PT Almaron Perkasa (AP) dan KMT1 Holdings Pte Ltd telah menandatangani perjanjian jual beli (conditional sale and purchase agreement/CSPA) sejumlah apartemen di Lippo Mall Kemang. KMT1 Holdings Pte Ltd merupakan anak perusahaan dari Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIRT), perusahaan ini didirikan berdasarkan hukum Singapura. Sedangkan apartemen Lippo Mall Kemang berlokasi di Kemang VI, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Presiden Direktur LPKR Budi Wijaya mengatakan, penandatangan perjanjian tersebut berlangsung pada 14 September 2014. Berdasarkan CSPA, Almaron Perkasa telah sepakat untuk menjual unit apartemen Lippo Mall Kemang kepada anak usaha perusahaan, yaitu KMT1,”Nantinya akan ditunjuk oleh KMT1 untuk membeli Unit Lippo Mall Kemang dan KMT1 juga telah sepakat untuk menyebabkan anak perusahaannya tersebut untuk membeli Unit Lippo Mall Kemang dari Almaron Perkasa," kata Budi.

Disebutkan, jual beli ini akan dilaksanakan setelah dipenuhinya persyaratan-persyaratan sebagaimana diatur dalam CSPA. Sehubungan dengan penandatanganan CSPA dan sebagai syarat pelaksanaan jual beli unit Lippo Mall Kemang berdasarkan CSPA, AP dan PT Wisma Jatim Propertindo (WJP) anak perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh perseroan juga telah menandatangani perjanjian dengan pihak-pihak terkait yakni.

Put Option Agreement pada 14 September 2014 yang dibuat dan ditandatangani oleh AP, WJP, HSBC Institusional Trust Services (Singapore) Limited (Trustee), KMT1 dan KMT2 Investment Pte Ltd, serta Deal of Indemnity yang dibuat dan ditandangani oleh WJP dan Trustee.

Hingga semester pertama tahun ini, PT Lippo Karawaci Tbk membukukan pendapatan tumbuh 33,9%, atau senilai Rp 4,11 triliun. Sementara laba periode berjalan tercatat Rp 898,21 miliar atau tumbuh 27,97% dari priode yang sama tahun lalu.

Kinerja positif Lippo tersebut mendapat dukungan dari semua divisi bisnisnya yang berjumlah enam. Divisi yang mencetak pertumbuhan pendapatan tertinggi adalah large scale integrated development, yang tumbuh 72,15%, menjadi Rp 798,29 miliar. Potret pertumbuhan lima divisi bisnis lain, adalah pertama, retail malls, tumbuh 40,65%. Dalam nominal, tercatat Rp 123,27 miliar. Kedua, urban development. Divisi ini mendatangkan pendapatan Rp 1,12 triliun, atau mendaki 30,73%.

Ketiga, healthcare. Pada semester I-2014, divisi ini naik 30,47% sehingga mencetak pendapatan Rp 1,57 triliun. Keempat, property & portfolio management, tumbuh 13,29%. Dalam nominal tercatat Rp 162,48 miliar. Terakhir, kelima, hospitality and infrastructure. Ini satu-satunya divisi yang tumbuh single digit yakni 7,06%, atau sebesar Rp 336,63 miliar.

Lippo meyakini bisa mengulang kinerja positif di semester II nanti dari properti residential juga reccuring income. Jika disandingkan dengan proyeksi pendapatan 2014, capaian semester I ini belum separuh dari target. Pasalnya Lippo memproyeksikan pendapatan dan laba sepanjang 2014 masing-masing Rp 11,6 triliun dan Rp 2,68 triliun. (bani)

 

BERITA TERKAIT

Tumbuh by Astra Financial Raih 2,5 Juta Kunjungan

Pameran virtual pertama Astra Financial, Tumbuh by Astra Financial yang digelar dua pekan mencatatkan lebih dari 2,5 juta kunjungan konsumen.…

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Tumbuh by Astra Financial Raih 2,5 Juta Kunjungan

Pameran virtual pertama Astra Financial, Tumbuh by Astra Financial yang digelar dua pekan mencatatkan lebih dari 2,5 juta kunjungan konsumen.…

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…