MAPI Bayar Bunga Obligasi Rp 10,4 Miliar

NERACA

Jakarta - PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) melakukan pembayaran bunga obligasi berkelanjutan I tahap I tahun 2012 seri A dan seri B yang ketujuh dengan total nilai sebesar Rp 10.496.250.000 ke rekening PT Kustodian Sentral Efek Indonesia.

Dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin. Sekretaris Perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk Fetty Kwartati menjelaskan, rincian pembayaran obligasi berkelanjutan I tahap I tahun 2012 seri A jumlah obligasi sebesar Rp 53 miliar dengan tingkat bunga 7,95% per tahun, sedangkan obligasi berkelanjutan I tahap I tahun 2012 seri B sebesar Rp 447 miliar dengan tingkat bunga 8,45% per tahun.

Seperti diketahui, dana hasil penerbitan obligasi sekitar Rp 296 miliar dari dana obligasi digunakan untuk pembayaran penuh atas jumlah pokok obligasi MAPI tahun 2009 seri A berjangka waktu tiga tahun dengan tingkat bunga sebesar 12,25% yang jatuh tempo pada 16 Desember 2012 lalu.

Kemudian untuk membayar sisa imbalan sukuk ijarah PT Mitra Adiperkasa Tbk tahun 2009 seri A berjangka waktu tiga tahun yang jatuh tempo pada 16 Desember 2012 senilai Rp 66 miliar. Sisanya untuk modal kerja antara lain pembayaran atas pembelian barang dagangan, gaji karyawan, dan administrasi. Bertindak sebagai penjamin emisi pelaksana PT Indo Premier Securities dan PT Mandiri Sekuritas dan memperoleh peringkat idAA- dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Semester pertama tahun ini, perseroan berhasil membukukan pendapatan bersih meningkat 26% menjadi Rp5,50 triliun dari priode yang sama tahun lalu sebesar Rp4,38 triliun. Sementara laba usaha tercatat sebesar Rp293,75 miliar dan laba bersih tercatat Rp100,36 miliar atau menurun 31% dibandingkan tahun lalu.

Menurut Fetty Kwartati, selama ini permintaan atas produk dan merek yang perseroan kelola tetap tinggi. Namun pendapatan perusahaan kembali terpengaruh dampak negatif dari melemahnya mata uang rupiah, meningkatnya suku bunga dan fluktuasi nilai tukar valuta asing, serta peningkatan biaya operasional,”Kami akan terus menjaga disiplin pengelolaan biaya dan mencapai tingkat efisiensi dan produktivitas yang lebih tinggi di masa yang akan datang,” ujarnya.

Pada 30 Juni 2014, MAPI memiliki sejumlah 1.890 gerai di 61 kota Indonesia. Konsep terbaru yang diluncurkan oleh MAPI adalah Sephora, yang telah resmi dibuka pada bulan Juli 2014 di Plaza Indonesia dan Kota Casablanka. Berdiri di Paris pada tahun 1970, Sephora terkenal akan konsep ritelnya yang unik, khas dengan desain gerainya yang terbuka, pengalaman atas produk kecantikan dari konsultan penjualannya, serta yang terpenting, di Sephora terdapat pilihan merek unik dari berbagai kategori produk termasuk perawatan kulit, parfum, perawatan tubuh dan perawatan rambut, beserta produk dari merek Sephora sendiri.

Saat ini, perseroan telah mengembangkan usahanya dengan bergerak di bidang e-Commerce di Indonesia. “Mengikuti gerai online pertamanya planetsports.net, akan menambah merek dengan membuka gerai online lineashoes.com, sportswarehouse.net dan LiverpoolFC.net,” imbuhnya.

Selain e-Commerce, MAPI juga sedang menjajaki peluang pertumbuhan lain melalui CRM (Customer Relationship Mangement) Grup MAP dan MAP Gift Voucher. Secara kolektif, peluang pertumbuhan ini akan melengkapi usaha inti MAPI guna menyediakan pertumbuhan platform selanjutnya di masa depan.(bani)

BERITA TERKAIT

Metropolitan Land Raih Marketing Sales Rp438 Miliar

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland membukukan marketing sales hingga kuartal I-2024 sebesar Rp…

Hartadinata Tebar Dividen Final Rp15 Per Saham

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp15…

Kenaikan BI-Rate Positif Bagi Pasar Modal

NERACA Jakarta  - Ekonom keuangan dan praktisi pasar modal, Hans Kwee menyampaikan kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI-Rate…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Optimis Pertumbuhan Bisnis - SCNP Pacu Penjualan Alkes dan Perluas Kemitraan OEM

NERACA Jakarta – Kejar pertumbuhan bisnis lebih agresif lagi di tahun ini, PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk. (SCNP) akan…

Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45%

NERACA Jakarta -Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Astra Graphia Tbk. (ASGR) memutuskan untuk membagikaan dividen sebesar Rp34 per…

Sentimen Bursa Asia Bawa IHSG Ke Zona Hijau

NERACA Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (23/4) sore ditutup naik mengikuti penguatan…