Indonesia Jadi Sasaran Empuk Pengusaha Asing

NERACA

Jakarta - Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Oleh karena itu Indonesia menjadi sasaran empuk pengusaha asing.

"Karena mereka melihat pasar di Indonesia itu bagus banget, mengingat pasar di Indonesia bagus banget ada 230 juta jiwa, ini satu peluang," kata Ketua Umum Himpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia Levita Supit di Jakarta, Sabtu (13/9) pekan lalu.

Selain dianggap memiliki peluang yang bagus, para pengusaha asing menilai masyarakat Indonesia konsumtif. Tentu ini menjadi peluang bagi pengusaha asing untuk menjajakan produk mereka.

"Orang Indonesia itu konsumtif sekali, apa yang mereka jual selalu gampang diterimanya seperti itu, apalagi perekonomian Indonesia juga sedang membaik, dengan begitu artinya keadaan ekonomi masyarakat Indonesia semakin baik," jelasnya.

Selain itu, masyarakat Indonesia masih 'silau mata' ketika melihat dan ditawarkan brand asing.

"Yang ketiga orang Indonesia itu kalau melihat brand luar, responsnya bagus banget, jadi kesempatan ini yang diambil orang asing untuk masuk pasar Indonesia. Kita jadi sasarannya mereka," paparnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun mengatakan Iklim investasi menjadi penting untuk sebuah negara untuk menarik penanam modal. Begitu juga Indonesia, pemerintah terus melakukan perbaikan iklim investasi guna mendatangkan investor untuk berinvestasi.

"Saya pikir kita semua akui bahwa Indonesia sekarang ini menjadi sasaran destinasi investasi secara internasional dan itu tidak datang begitu saja, tentu ada hal yang mereka percaya di Indonesia sehingga mereka datang secara berjamaah," katanya.

Menurutnya, salah satu faktor yang membuat investor tertarik untuk menanamkan modal di Indonesia adalah kondisi kondusif yang dimiliki Indonesia.

"Kondisi Indonesia saat ini jadi saya pikir kondisi Indonesia sekarang cukup kondusif untuk berinvestasi itulah sebabnya mengapa semua orang menjadikan Indonesia menjadi sasaran destinasi untuk investasi," kata dia.

Dirinya juga menyebutkan bahwa dengan kondisi bukan berarti pihak asing bisa melenggang bebas di pasar dalam negeri. Pasalnya dengan perubahan Undang-Undang (UU) Perindustrian yang baru, Indonesia mampu untuk mengantisipasi serangan global.

"Alasan kenapa kita bikin UU baru itu untuk antisipasi tren global ini, kita enggak mau lagi pakai UU lama, karena UU lama sudah tidak antisipatif terhadap perkembangan globalisasi kita, jadi seluruh substansi UU sudah kita bikin saya yakin bisa mengantisipasi itu semua," tutupnya. [agus]

BERITA TERKAIT

Indonesia 2045, Antara Lumbung Pangan Dunia dan Krisis Pangan

Oleh : Abdul Aziz, Mahasiswa Fisipol di PTN Jakarta   Masa kampanye yang tinggal beberapa minggu lagi membuat intensitas kampanye…

Optimistis di 2019, BMW Indonesia Bakal Rilis 10 Mobil Baru

BMW Grup Indonesia akan meluncurkan sebanyak 10 mobil terbaru pada 2019, menunjukkan kepercayaan pabrikan mobil mewah asal Jerman itu dalam…

Ini Tantangan Baru Industri Pariwisata di Indonesia

Salah satu usaha mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun depan, Kementerian Pariwisata akan lebih fokus menggarap segmen pasar…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Konsumen Bisa Jual Listrik Panel Surya ke PLN

    NERACA   Jakarta – Kelebihan daya dari pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap atau panel surya dapat…

Perkuat Industri E-Commerce, Lazada dan Bhinneka Berkolaborasi

      NERACA   Jakarta – Dua pemain e-commerce di Indonesia, Lazada dan Bhinneka menyatakan berkolaborasi dengan cara meluncurkan…

Mayora Group Telah Ekspor Produk Sebanyak 250 Ribu Kontainer

      NERACA   Jakarta – Mayora Group melakukan pelepasan kontainer ekspor ke-250.000 yang digelar Senin (18/2), hal ini…