Ramayana Targetkan Penjualan Rp 8,2 Triliun - Buka Gerai Baru

NERACA

Jakarta - PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) membidik penjualan sampai akhir 2014 sekitar Rp8,2 triliun. Tercatat sampai Agustus 2014, penjualan perseroan mencapai lebih dari Rp4 triliun,”Kami optimis target penjualan di akhir tahun ini bisa tercapai,”kata Direktur Keuangan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk, Suryanto di Jakarta, Rabu (10/9).

Guna meningkatkan penjualan, perseroan pada semester kedua tahun ini bakal membuka satu atau dua gerai baru. Dijelaskan Suryanto, pembukaan gerai baru ini dikarenakan tumbuhnya pendapatan per kapita masyarakat. Serta capaian kinerja perseroan pada semester pertama tahun ini.

Bahkan kabarnya, perseroan bakal mengundang investor untuk memperbesar bisnis supermarket Adapun soal calon investor yang ingin masuk ke bisnis supermarket Ramayana, masih belum mau membeberkan lebih detil. Termasuk soal jati diri sang investor.

Meski ada kabar, investor asal Jepang, Korea Selatan dan Singapura tertarik menjalin kerjasama dengan RALS mengembangkan bisnis supermarket mereka. Manajemen perseroan hanya menegaskan, bakal calon investor baru akan dikabarkan secepatnya kalau sudah deal. Untuk aksi korporasi tersebut, perusahaan sudah menunjuk CIMB Niaga sebagai penjamin emisi (underwriter).

Hingga kini, peritel ini masih menjajaki dua opsi ekspansi. Opsi pertama, Ramayana akan menggandeng investor untuk membentuk perusahaan patungan. Nantinya RALS ingin menguasai saham mayoritas dan opsi kedua, Ramayana akan mendivestasi alias melepas kepemilikan supermarket Robinson kepada investor.

Sebagai informasi, pada paruh pertama tahun ini, kinerja PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk tumbuh positif. Perseroan mampu mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 6,8% di periode itu. Bila pendapatan di semester satu 2013 sebesar Rp 2,48 triliun, maka di semester satu 2014 menjadi Rp 2,66 triliun.

Menurut Direktur PT Ramayana Makmur Sentosa, Setyadi Surya, momen Lebaran yang baru saja lewat telah berimbas positif bagi pendapatan perusahaan ini. "Selain momen Lebaran, kinerja semester satu ini juga dipengaruhi liburan dan tahun ajaran baru. Saat periode ini, orang tua berbelanja kebutuhan sekolah untuk anak-anak,”ungkapnya.

Perusahaan menargetkan pendapatan di semester satu tahun ini bisa memberi kontribusi hingga 44,1% dari target tahun ini. Artinya, perseroan mengincar pendapatan minimal Rp 6,5 triliun tahun ini. Namun hasil yang didapat adalah baru bisa memberi kontribusi 40,6% saja dari target akhir tahun ini. Sebagai catatan, tahun ini RALS mematok target margin kotor di bisnis supermarket sebesar 11%-12%. Adapun dari bisnis department store sebesar 29%-30%. Ramayana juga punya bisnis supermarket dengan label Ramayana atau Robinson.

Kata Setyadi, meski masih belum mencapai target, dirinya masih tetap optimistis dan manajemen bisa mengejar target pendapatan tahun ini. Dia bilang dari bisnis supermarket, saban tahun rata-rata Ramayana bisa meraup sekitar Rp 2 triliun. Belum lagi dari efek bisnis dari momen Natal dan Tahun Baru yang tidak kalah ciamik ketimbang efek Lebaran. (bani)

BERITA TERKAIT

Buka 20 Gerai Baru di 2019 - Mega Perintis Pacu Kapasitas Produksi

NERACA Jakarta – Resmi mencatatkan sahamnya di pasar modal dan menjadi emiten ke-56 di Bursa Efek Indonesia di tahun 2018,…

BI dan Pemerintah Canangkan Syariah jadi Arus Baru Ekonomi

    NERACA   Surabaya - Bank Indonesia (BI), pemerintah dan instansi terkait mencanangkan syariah untuk menjadi arus baru ekonomi…

Realisasi Kontrak Baru ADHI Capai 92,27%

NERACA Jakarta – Jelang tutup tahun 2018, PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) merealisasikan 92,27% kontrak baru dari total target…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Berkah Kinerja Emiten Meningkat - Jumlah Investor di Sumbar Tumbuh 46%

NERACA Padang – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) mencatat jumlah investor saham asal Sumbar di pasar…

Indo Premier Bidik AUM 2019 Tumbuh 50%

Tahun depan, PT Indo Premier Investment yakin dana kelolaan atau asset under management (AUM) mereka akan tumbuh hingga 50% seiring…

HRUM Siapkan Rp 236 Miliar Buyback Saham

PT Harum Energy Tbk (HRUM) berencana untuk melakukan pembelian kembali saham atau buyback sebanyak-banyaknya 133,38 juta saham atau sebesar 4,93%…