UNTUK KENYAMANAN PEMUDIK LEBARAN Kondisi Jalan Provinsi di Sukabumi Sudah Baik

Selasa, 23/08/2011

NERACA

Sukabumi - Jalan provinsi yang ada di Sukabumi kondisinya siap untuk dilalui para pemudik Lebaran tahun 2011. Untuk itu bagi pemudikyang menuju ke daerah Kota atau ke Kabupaten Sukabumi jangan khawatir dengan kondisi jalan saat ini, pasalnya kondisi jalan provinsi keadaanya 89,75 % dalam keadaan mantap.

“Kami sudah mempersiapkan khusus jalur lebaran dan obyek wisata yang ada di Kota dan Kabupaten Sukabumi yang statusnya jalan provinsi siap dilalui. Jadi jangan khawatir bagi masyarakat yang akan mudik ke Kota atau ke Kabupaten Sukabumi karena jalan tersebut sudah dalam keadaan mantap atau dalam kondisi baik, ”demikian diungkapkan Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pelayanan II Sukabumi Yeyet Hudayat ketika ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Dituturkan kepada Neraca, jalan provinsi yang ada di kota Sukabumi mencapai 15,16 km, untuk kabupaten 242,36 jadi keseluruhan jalan provinsi baik yang ada di Kota dan Kabupaten Sukabumi mencapai panjang 257,32 km. Dan untuk jalan Nasional panjangnya 228,765 km dengan rincian di Kota 15,71 km dan di Kabupaten Sukabumi 213,05 km.

Lebih jauh Yeyet menjelaskan, kondisi jalan dibagi empat bagian, yakni kondisi baik di mana tingkat kerusakan lubangya 0 - 1 %, kemudian kondisi sedang 1 - 5 %,yang ketiga kondisi rusak ringan 5-15 % dan yang ke empat kondisi rusak berat lebih dari 15%. Khusus untuk kondisi jalan baik dan sedang disebut dengan kondisi mantap atau baik, seperti keadaan jalan provinsi yang ada di kota dan kabupaten Sukabumi sekarang. Karena pihaknya terus melakukan pemeliharaan secara rutin untuk kondisi jalan tersebut.

“ Intinya kami sudah mempersiapkan H-7 sebelum lebaran jalan sudah baik dan tidak boleh ada yang rusak sehingga tidak menghambat arus mudik atau jalur lebaran yang akan dilalui oleh masyarakat nanti,” terangnya.

Saat ini lanjut Yeyet, yang menjadi targetnya pihaknya bagaimana untuk kondisi jalan provinsi yang kondisinya mantap 89,75 % tersebut bulan Desember 2011 nanti kondisi jalannya bisa mencapai 92%. “Saya optimis pada akhir atau awal Desember kondisi jalan bisa mencapai 92%, sebab program kami sekarang sedang ditingkatkan dalam penanganan jalan rusak,”jelas Yeyet kepada Neraca.