Garda Oto Gelar Uji SIM - Pertama Kali Dilaksanakan

NERACA

Jakarta - Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, menggandeng Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengadakan kegiatan pembuatan SIM Komunitas pada Sabtu (6/9) pekan lalu. Kegiatan yang merupakan bagian dari kampanye Always Drive Safely - Garda Oto dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Pembuatan SIM Komunitas yang digelar kali ini ditujukan untuk wartawan. Pekerjaan wartawan yang menuntut mobilitas tinggi membuat profesi ini memiliki risiko keselamatan yang cukup besar, terutama saat berkendara di jalan raya. Sehingga, pengetahuan dasar berkendara dan berlalu lintas yang baik dan benar menjadi sebuah keharusan.

“Untuk itulah, Garda Oto berinisiatif mengajak rekan-rekan wartawan mengikuti uji SIM untuk mendukung kinerja mereka. Dalam kegiatan ini sendiri, dibuka kesempatan untuk membuat maupun perpanjang SIM A dan C,” Head of Communication and Event Manager Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto di Jakarta.

Dia juga menambahkan, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran wartawan akan pentingnya keselamatan berlalu lintas saat bekerja. “Dengan memiliki SIM, wartawan akan lebih tenang dalam bekerja. Itu yang kami dukung. Kalau tidak ada wartawan, ya, tidak ada berita,” selorohnya.

Kegiatan yang baru pertama kali dilakukan ini mendapat sambutan positif dari awak media. Sebanyak 100 wartawan yang berasal dari berbagai media massa, baik cetak, elektronik dan beberapa anggota komunitas mobil ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka menjalani proses pembuatan SIM sesuai prosedur yang berlaku di kepolisian yang meliputi uji praktik dan teori.

Materi uji praktik SIM C meliputi slalom, membentuk angka delapan, rem reaksi, rem keseimbangan, dan memutar arah (U-Turn). Sedangkan materi uji praktik SIM A meliputi jalan maju dan mundur, slalom, parkir paralel, parkir seri, dan tanjakan/turunan. Bagi wartawan yang mampu melalui uji praktik dan teori dengan baik sesuai standar kepolisian akan langsung mendapatkan SIM secara sah dan legal.

Menurut Pamin SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Inspektur Satu Efri, kegiatan pembuatan SIM Komunitas yang ditujukan untuk wartawan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan wawasan wartawan dalam berlalu lintas. “Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Garda Oto ini,” ungkapnya.

Pimpinan ‘turun gunung’

Sebelumnya, dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh tiap 4 September, sembilan pimpinan (chief) Asuransi Astra ‘turun gunung’ di mana merupakan bagian dari komitmen pelayanan, setelah sebelumnya meluncurkan layanan inovatif seperti Garda Center, Garda Siaga (Emergency Roadside Assistance dan Emergency Medical Assistance), dan Garda Mobile HRakses. 

Kesembilan chief ini adalah Santosa (CEO), Teddy P. Utomo, Hendry Yoga, Gunawan Salim, Ida R. M. Sigalingging, Leonard W. S. Siregar, Christopher Pangestu, Yufril Sjarif, dan Mulia K. B Siregar mendatangi para pelanggan di berbagai tempat seperti kantor cabang, gerai Garda Center serta rumah sakit rekanan.

“Mereka langsung melayani pelanggan yang melakukan klaim, menggunakan layanan Garda Siaga, berdiskusi dengan perusahaan rekanan, atau memberikan bingkisan tanda terima kasih kepada pasien peserta Garda Medika,” jelas Iwan Pranoto.

Jajaran manajemen perusahaan dan kepala cabang pun ikut memeriahkan peringatan Hari Pelanggan Nasional dengan menemui pelanggan yang datang ke kantor cabang maupun gerai Garda Center yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pelanggan yang datang akan disambut oleh front-liners yang menggunakan selempang dan mengucapkan salam khusus. Mereka berkesempatan menemui kepala cabang yang akan melayani dan menampung berbagai keluhan, kritik, maupun saran.

Tentunya, sambung Iwan, pelanggan juga bisa membawa pulang Garda Oto Xperience Card (GOXC) yang bisa dimanfaatkan  untuk mendapatkan layanan Garda Siaga Emergency Roadside Assistance secara cuma-cuma.

Selain memberikan apresiasi untuk pelanggan, dalam rangka meningkatkan kualitas layanan di setiap lini perusahaan, jajaran manajemen Asuransi Astra juga memberikan kejutan istimewa kepada semua front-liner, seperti petugas contact center Garda Akses 500 112, petugas Garda Siaga, dan sales officer. “Mereka masing-masing mendapatkan sebuah hadiah menarik yang diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kualitas kerja,” tandasnya.

Semua rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional ini adalah bagian dari komitmen Asuransi Astra dalam meningkatkan kualitas dan inovasi layanan yang sejalan dengan salah satu tata nilai perusahaan, yaitu Customer First. “Keseriusan kami memberikan pelayanan terbaik merupakan wujud komitmen kepada pelanggan sebagai sentral aktivitas perusahaan,” tutup Iwan.[ardi]

BERITA TERKAIT

Komposisi Besaran Iuran Pensiun Dibawa Ke Meja Presiden

NERACA   Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mengadakan pertemuan dengan lembaga-lembaga seperti Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Koordinator…

Premi Asuransi Generali Tumbuh 9,5%

  NERACA   Jakarta - Di tengah pelambatan ekonomi kuartal pertama ini, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) masih mencatat…

Lotte Mart - Equity Life Luncurkan Program Lotte Sehat

NERACA Jakarta - Program Lotte Sehat adalah program kerja sama antara PT Equity Life Indonesia dengan salah satu perusahaan retail terbesar…

BERITA LAINNYA DI

Komposisi Besaran Iuran Pensiun Dibawa Ke Meja Presiden

NERACA   Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mengadakan pertemuan dengan lembaga-lembaga seperti Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Koordinator…

Premi Asuransi Generali Tumbuh 9,5%

  NERACA   Jakarta - Di tengah pelambatan ekonomi kuartal pertama ini, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) masih mencatat…

Lotte Mart - Equity Life Luncurkan Program Lotte Sehat

NERACA Jakarta - Program Lotte Sehat adalah program kerja sama antara PT Equity Life Indonesia dengan salah satu perusahaan retail terbesar…