Asosiasi Minta Tarif Batas Atas Dihilangkan

NERACA

Jakarta - Asosiasi maskapai penerbangan nasional atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) meminta pemerintah menghilangkan tarif batas atas. Dalam pandangan INAC, penghilangan tarif batas atas bisa membuat industri penerbangan dalam negeri mempunyai daya saing dengan negara lain. "Untuk atasnya harus dibebaskan, tak perlu batas atas," ujar Ketua Umum INACA Arif Wibowo, kepada wartawan di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/9) pekan lalu.

Tanpa batas atas, industri penerbangan leluasa menyesuaikan harga untuk bersaing dengan maskapai lain, khususnya maskapai asing. "Karena kan selama ini industri penerbangan telah terbiasa dalam ritme persaingan harga. Kecuali rute monopolistik, kalau hanya rute pemainnya satu pelaku itu boleh diatur. Karena itu amanat undang-undang juga," papar Arif.

Dia menambahkan, dengan ditiadakannya batas atas maka pemerintah dapat melindungi pengusaha maupun konsumen. Namun dirinya menyayangkan pemerintah kurang aktif. Terbukti, usulan kenaikan tarif saja tak sepenuhnya terpenuhi. "Dulu kita minta kenaikan 25 persen, tapi disetujui 10 persen saja," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan,Evert Erenst Mangindaan, berjanji menaikkan tarif batas atas penerbangan sebelum masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berakhir. Namun, kebijakan tersebut diberikan dengan catatan tidak ada gejolak protes dari masyarakat.

"Mudah-mudahan sebelum kabinet berakhir kalau tidak ada complain dari masyarakat," ujarnya. Dia mengakui kenaikan tarif batas atas dipertimbangkan berdasarkan harga avtur dan biaya lainnya seperti rute dan jarak terhadap operasional maskapai. "Kita perhitungkan begini (tarif batas atas) maskapai tidak break event, menurut perhitungan kami butuh (naik). Sudah kita sosialisasikan, apakah ada pengguna jasa komplain jasa transportasi, masyarakat kita bicarakan," tambahnya.

Sebelum menaikkan tarif batas atas, Mangindaan juga meminta syarat kepada maskapai untuk meningkatkan kualitas layanan dan ketersediaanpesawat. Hal ini untuk menjaga kepercayaan masyarakat pada moda transportasi ini."Kita pertimbangkan naikpesawatsudah bukan barang mewah. Apalagi pas Lebaran, extra flight tambah terus. Konsumerisme bukan pada tarif lagi tapi ketersediaan. Karena itu pelayanan kita tuntut bisa nggak menyediakan," ungkap dia.

Mangindaan mengungkapkan alasan utamanya menyetujui revisi batas atas tarif ini dikarenakan mengantisipasi rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi. "Jarak batas naik ke atas, kasih sedikit lagi, biar dapat keuntungan. Semua angkutan kita sosialisasikan darat, laut, udara. Karena kita mau naikkan BBM," ungkap dia. [agus]

BERITA TERKAIT

Batas Dana Kampanye Kuningan Rp 26,4 Miliar

Batas Dana Kampanye Kuningan Rp 26,4 Miliar NERACA Kuningan – Dalam menyelaraskan aksi kampanye para pasangan calon yang akan bertarung…

DOID Incar Pertumbuhan Bisnis Di Atas 10%

Emiten perusahaan tambang, PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) membidik pertumbuhan kinerja tahun ini di atas 10% dibanding 2017. Melalui…

Mahasiswa Kritisi Rencana Kenaikan Tarif Listrik

    NERACA   Jakarta - Listrik salah satu energi yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh wilayah…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

PII Jamin Proyek SPAM Di Bandar Lampung - Butuh Rp250 triliun untuk Sarana Air Minum

      NERACA   Lampung – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) / PT PII melaksanakan penandatanganan penjaminan proyek yang…

PHE Serahkan Pengelolaan Sukowati ke Pertamina EP

    NERACA   Jakarta – PT Pertamina Hulu Energi (PHE), anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu minyak…

Skema KPBU Perlu Dukungan Kepala Daerah

      NERACA   Lampung - Pemerintah tengah fokus dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Namun yang jadi…