Asosiasi Minta Tarif Batas Atas Dihilangkan

NERACA

Jakarta - Asosiasi maskapai penerbangan nasional atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) meminta pemerintah menghilangkan tarif batas atas. Dalam pandangan INAC, penghilangan tarif batas atas bisa membuat industri penerbangan dalam negeri mempunyai daya saing dengan negara lain. "Untuk atasnya harus dibebaskan, tak perlu batas atas," ujar Ketua Umum INACA Arif Wibowo, kepada wartawan di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/9) pekan lalu.

Tanpa batas atas, industri penerbangan leluasa menyesuaikan harga untuk bersaing dengan maskapai lain, khususnya maskapai asing. "Karena kan selama ini industri penerbangan telah terbiasa dalam ritme persaingan harga. Kecuali rute monopolistik, kalau hanya rute pemainnya satu pelaku itu boleh diatur. Karena itu amanat undang-undang juga," papar Arif.

Dia menambahkan, dengan ditiadakannya batas atas maka pemerintah dapat melindungi pengusaha maupun konsumen. Namun dirinya menyayangkan pemerintah kurang aktif. Terbukti, usulan kenaikan tarif saja tak sepenuhnya terpenuhi. "Dulu kita minta kenaikan 25 persen, tapi disetujui 10 persen saja," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan,Evert Erenst Mangindaan, berjanji menaikkan tarif batas atas penerbangan sebelum masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berakhir. Namun, kebijakan tersebut diberikan dengan catatan tidak ada gejolak protes dari masyarakat.

"Mudah-mudahan sebelum kabinet berakhir kalau tidak ada complain dari masyarakat," ujarnya. Dia mengakui kenaikan tarif batas atas dipertimbangkan berdasarkan harga avtur dan biaya lainnya seperti rute dan jarak terhadap operasional maskapai. "Kita perhitungkan begini (tarif batas atas) maskapai tidak break event, menurut perhitungan kami butuh (naik). Sudah kita sosialisasikan, apakah ada pengguna jasa komplain jasa transportasi, masyarakat kita bicarakan," tambahnya.

Sebelum menaikkan tarif batas atas, Mangindaan juga meminta syarat kepada maskapai untuk meningkatkan kualitas layanan dan ketersediaanpesawat. Hal ini untuk menjaga kepercayaan masyarakat pada moda transportasi ini."Kita pertimbangkan naikpesawatsudah bukan barang mewah. Apalagi pas Lebaran, extra flight tambah terus. Konsumerisme bukan pada tarif lagi tapi ketersediaan. Karena itu pelayanan kita tuntut bisa nggak menyediakan," ungkap dia.

Mangindaan mengungkapkan alasan utamanya menyetujui revisi batas atas tarif ini dikarenakan mengantisipasi rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi. "Jarak batas naik ke atas, kasih sedikit lagi, biar dapat keuntungan. Semua angkutan kita sosialisasikan darat, laut, udara. Karena kita mau naikkan BBM," ungkap dia. [agus]

BERITA TERKAIT

Tarif Tol Trans Jawa Bakal Turun - Mempertimbangkan Kontrak dan Investasi

      NERACA   Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan penurunan tarif tol…

GRUP GARUDA INDONESIA TURUNKAN TARIF TIKET 20% - AKR Masuk Jadi Pesaing Avtur Pertamina

Jakarta-Merespon imbauan Presiden Jokowi sebelumnya, maskapai grup Garuda Indonesia akhirnya menurunkan harga tiket pesawat terhitung mulai kemarin (14/2). Sementara itu,…

Wakil Ketua DPR RI - Indonesia Disatukan Atas Dasar Ide

Fahri Hamzah Wakil Ketua DPR RI Indonesia Disatukan Atas Dasar Ide Mamuju - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengingatkan…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Tarif Rp12.000, LRT akan Beroperasi April 2021

  NERACA Jakarta – PT Adhi Karya selaku kontraktor pembangunan kereta ringan Jabodebek (LRT) menyampaikan bahwa progres pembangunan LRT telah…

Lewat Tol Trans Jawa, Angkutan Logistik Layak Disubsidi

  NERACA Jakarta - Tarif angkutan logistik tertentu di jalan tol, khususnya Tol Trans Jawa dinilai layak disubsidi sebagai solusi…

Stasiun Cisauk jadi Daya Tarik Investasi Properti

  NERACA Jakarta - Keberadaan Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang ini, setiap harinya melayani sekitar 6.200 penumpang dengan 132 perjalanan KRL…