Tata Kelola CEO Berbasis Manajemen Risiko - Oleh: Achmad Deni Daruri, President Director Center for Banking Crisis

Mayoritas studi lama memperlakukan tata kelola perusahaan sebagai variabel eksogen, beberapa studi lanjutan menunjukkan tata kelola mungkin sebenarnya merupakan variabel endogen (misalnya, Smith dan Watts, 1992; Bushman et al., 2004). Variasi biaya agensi di perusahaan mengarah ke heterogenitas dalam biaya dan manfaat dari pengawasan perilaku manajerial untuk meningkatkan nilai perusahaan, dan dengan demikian variasi dalam kekuatan tata kelola yang optimal di seluruh perusahaan.

Karena biaya pengawasan mahal, manfaat dari pengawasan harus lebih besar daripada biaya perusahaan untuk mengawasi manajer mereka (Hart, 1995). Gillan et al. (2003) menunjukkan, setelah memperhitungkan faktor-faktor perusahaan dan industri, sebagian besar variasi yang tidak dapat dijelaskan dalam kekuatan tata kelola adalah tetap, menunjukkan bahwa faktor-faktor lain, seperti persepsi atribut manajerial, juga mungkin memainkan peran dalam menjelaskan variasi ini.

Pasar terdiri dari para pemangku kepentingan perusahaan saat ini dan prospektif pemangku kepentingan (seperti konsumen, karyawan, investor dan pemasok) dan pemain lain (misalnya, analis, media, dan pihak berwenang). Karena adanya asimetri informasi antara CEO dan pemangku kepentingan perusahaan mengenai kemampuan CEO, para pemangku kepentingan menggunakan reputasi CEO untuk mengukur kemungkinan keberhasilan dari saham mereka dalam perusahaan (Grossman dan Stiglitz, 1980; Fombrun, 1996; Hamilton dan Zeckhauser, 2004). Pentingnya reputasi di arena bisnis banyak didokumentasikan secara luas dalam literatur.

Dalam arena praktisi, studi terbaru oleh Gaines–Ross (2000) dan sebuah perusahaan konsultan terkemuka, Burson–Mastellar (2003), menunjukkan bahwa reputasi CEO mencakup hingga 50% dari reputasi perusahaan dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap analis keuangan dalam merekomendasikan saham dan keputusan pembelian saham oleh investor. Dalam ilmu ekonomi, secara luas menyatakan bahwa dampak reputasi mengkontraski keputusan antara perusahaan dan pemangku kepentingan mereka (Fama, 1980; Crocker dan Reynolds, 1993; Banerjee dan Duflo, 2000), dan memberikan kontribusi terhadap nilai perusahaan dan keberhasilan dan kelangsungan hidup perusahaan tersebut (Fuller dan Jensen, 2002).

Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan peduli atas reputasi CEO mereka, dan pengawasan mereka atas CEO tersebut (dan manajer/petugas lain) dapat dipengaruhi oleh reputasi CEO. Salah satu kemungkinannya adalah bahwa CEO dengan reputasi yang lebih tinggi dianggap kurang mungkin untuk terlibat dalam tindakan oportunistik yang bisa menodai reputasinya (Fama, 1980; Kreps, 1990; Sridhar, 1994). Karena diperkirakan kemampuan CEO yang lebih besar dan insentif untuk terlibat dalam tindakan yang menguntungkan saja, biaya perusahaan untuk mengawasi CEO dan manajer / petugas lain diperkirakan lebih besar dari biaya tindakan oportunistik, yang menyebabkan tata kelola perusahaan menjadi lebih lemah.

Di sisi lain, seorang CEO dengan reputasi tinggi mungkin lebih ditekan untuk mengambil tindakan yang menjaga reputasi tinggi CEO tetapi merugikan perusahaan, seperti memanipulasi laba (Graham, Harvey, dan Rajgopal, 2006; Malmendier dan Tate, 2009). Dalam hal ini, estimasi biaya dari tindakan oportunistik lebih besar daripada biaya pengawasan. Kemungkinan konsekuensi lain dari reputasi CEO yang lebih tinggi adalah CEO yang overconfidence, yang dapat mengakibatkan CEO mengambil keputusan yang sub-optimal (Malmendier dan Tate, 2005, 2008), katakanlah karena melebih-lebihkan pengembalian investasi, atau terlibat dalam tindakan penipuan (Schrand dan Zechman, 2008).

Karena itu, ketika reputasi CEO lebih tinggi, perusahaan akan memiliki mekanisme tata kelola yang lebih kuat. Menariknya, di luar tingkat reputasi CEO tertentu, ketika reputasi menjadi sangat tinggi, hubungan ini menjadi positif, yang menunjukkan bahwa hubungan antara reputasi CEO dengan kekuatan tata kelola adalah berbentuk-U. Morck et al. ( 1988) yang menemukan bahwa peluang pertumbuhan perusahaan (yang diukur dengan Tobin Q) memiliki hubungan non-linear dengan kepemilikan saham direktur, sebuah dimensi dari tata kelola perusahaan.

Faktor-faktor yang berbeda-beda menimbulkan struktur tata kelola yang optimal yang berbeda dalam perusahaan. Dengan demikian, upaya untuk "meningkatkan" tata kelola mungkin tidak berguna seperti halnya menentukan mekanisme tata kelola yang sesuai, yang kuat atau yang lemah, untuk perusahaan tertentu. Hal ini memiliki implikasi kebijakan untuk mendorong dalam memberikan mandat tata kelola yang "kuat" di dalam perusahaan melalui kemandirian dewan yang lebih besar, termasuk lebih banyak direksi yang berasal dari luar dan pemisahan peran CEO dan ketua komisaris.***

BERITA TERKAIT

IMF: Perang Dagang AS-China Tingkatkan Risiko - PENGUSAHA KHAWATIR PERLAMBATAN EKONOMI

Jakarta-Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund-IMF) mengingatkan, kebijakan Presiden AS Donald Trump yang menyatakan perang dagang dengan China dapat meningkatkan…

Yestarland Operasikan Cilegon Center Mall

Yestarland Operasikan Cilegon Center Mall  NERACA Cilegon - PT Yestarland Karya Utama (Yestarland), perusahaan pengembang properti, mulai mengoperasikan Cilegon Center…

Risiko Penyakit di Balik Nikmat Tembakau

Setiap 31 Mei dunia memperingati 'World No Tobacco Day' atau Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan tahun…

BERITA LAINNYA DI OPINI

Sinergi DJP-DJBC: Strategi Pengamanan Keuangan Negara

  Oleh: Aditya Wibisono, Kepala Seksi Kerja sama dan Humas Kanwil DJP WP Besar *) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan…

Indonesia Siap Gelar Asian Games 2018

  Oleh : Steven Sulu, Mahasiswa Nusa Cendana Kupang Kali ini ajang pertandingan antar negara siap dilakukan di Indonesia. Asian…

Strategi BPIP Menangkal Perjuangan Khilafah

Oleh : Toni E dan Torkis T Lubis, Pemerhati Kebijakan Publik Sangat menarik mempertanyakan bagaimana perjuangan menegakkan khilafah untuk menggeser…