Menilik Prospek Bisnis Perjalanan Haji dan Umrah - Musim Haji Datang

Jika Anda berniat mendirikan sebuah usaha, rasanya usaha travel haji dan umrah yang pantas dipertimbangkan. Pasalnya, pangsa pasar bisnis ini masih terbuka lebar dan terus menunjukkan peningkatan.

NERACA

Bisnis perjalanan haji dan umrah memang terbukti masih banyak dilirik pengusaha agen tour and travel di Indonesia. Karena, selain memberi keuntungan yang cukup menggiurkan, bisnis haji dan umrah juga tidak pernah sepi. Apalagi hampir semua masyarakat muslim sangat menginginkan untuk pergi ke tanah suci Mekkah.

Untuk berangkat haji kan kita daftar sekarang ya berangkatnya 10 tahun lagi, artinya kan walaupun kondisi ekonomi Indonesia sedang morat-marit tetap umat Islam ingin pastinya ingin menjalankan rukum Islam yang ke lima.

Nah, karena daftar tunggu untuk berangkat haji begitu panjang. Paket perjalanan umrah sangat diminati, karena ibadah umrah itu merupakan haji kecil. Tak heran, ibadah umrah pun begitu diminati laiknya ibadah haji. Dan tak seperti ibadah haji, ibadah umrah setiap bulannya selalu ada jadwal penerbangan.

Lantas, kalau dikalkulasikan, sesungguhnya mana yang lebih menguntungkan, apakah bisnis haji atau umrah? Menurut pihak-pihak yang berkecimpung di usaha ini menjalani bisnis travel baik bisnis haji atau umrah mampu member untung luar biasa.

“Keduanya sama-sama menguntungkan, selain itu usaha ini juga tak hanya mencari untung, karena dengan keberadaan usaha seperti ini dapat membantu saudara-saudara kita yang ingin menunaikan ibadah haji dan umrah,” kata Syamsul, agen travel haji dan umrah Assuryaniyah.

Ya, dalam bisnis ini memang tak melulu hanya dari segi keuntungan yang cari, melainkan pula melalui bisnis ini si empunya usaha dapat beramal dengan membantu saudaranya untuk berhaji menjalankan perintah Allah SWT.

Berbicara mengenai prospek bisnis, untuk ibadah haji memang ada keterbatasan kuota dan akan banyak kendala, tapi jika ditilik dari margin profit yang dihasilkan jelas mengusrus perjalanan haji jelas lebih menguntungkan daripada umrah.

Sementara itu, untuk bisnis perjalanan umroh, walaupun margin profitnya lebih kecil, tetap memiliki keuntungan tersendiri. Ibadah umrah sangat diminati umat Islam mengingat sulitnya persyaratan untuk naik haji, kelebihan ibadah umrah bisa dilakukan di setiap bulan.

Seperti kita ketahui setiap bulan pasti ada saja jamaah yang berangkat umrah. Hal itu menunjukkan kalau segmen pasarnya usaha perjalanan umrah sudah sangat jelas. Apalagi jika membuka usaha di kota-kota besar yang taraf kehidupan masyarakatnya sudah lumayan.

Karena terlalu banyak peminatnya, pihak agen tour and travel terpaksa memberangkatkan jamaah umrah melalui negara lain semacam Malaysia, karena jadwal penerbangan tidak bisa menampung semua jamaah. Maklum, bandara Cengkareng tak akan mampu meng-handle semua penerbangan.

Pengembangan Bisnis

Ya, bisnis agen perjalanan haji dan umrah bisa berkembang, jika pemiliknya rajin menambah pilihan paket yang dibutuhkan konsumen. Apalagi semua itu dipatok dengan harga terjangkau. Karena mengenai harga, pastinya yang pertama dilakukan konsumen adalah membandingkan harga dari satu agen ke agen lainnya.

Selain itu, Anda harus bisa menjaga kepercayaan pelanggan. Karena saat ini banyak terjadi kasus-kasus penipuan yang mengatasnamakan agen perjalanan haji dan umrah, kemudian membuat pelanggan sekarang jadi lebih waspada dan selektif memilihnya, mereka lebih memilih perusahaan ternama, dan lebih teliti kala melakukan pembayaran. Tetapi di situlah tantangannya, agar perusahaan Anda mampu menjadi perusahaan yang unggul.

BERITA TERKAIT

Indonesia Angkat Langkah Sistematis Sektor Lingkungan Hidup dan Energi - Menteri LHK

Indonesia Angkat Langkah Sistematis Sektor Lingkungan Hidup dan Energi Menteri LHK NERACA Karuizawa, Jepang - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,…

AKIBAT PERANG DAGANG DAN FAKTOR POLITIK - Asumsi Makro 2019 Diprediksi Meleset dari Target

Jakarta-Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksi asumsi makro dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019 tidak sesuai target. Penyebabnya faktor…

KPK Klarifikasi Rommy Soal Fakta Persidangan Terdakwa Haris dan Muafaq

KPK Klarifikasi Rommy Soal Fakta Persidangan Terdakwa Haris dan Muafaq NERACA Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklarifikasi tersangka Romahurmuziy…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Tahun 2019, Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Aplikasikan Tekhnologi

Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis, khususnya skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sudah menjadi sebuah keharusan. Sebab itu, upaya…

Pesatnya Perkembangan Pasar Modern dan Digitalisasi, Sarinah Tetap Bina UMKM

BUMN ritel PT Sarinah (Persero) menyatakan yakin bisa tetap eksis di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. Untuk itu, Sarinah tetap…

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…