Menilik Prospek Bisnis Perjalanan Haji dan Umrah - Musim Haji Datang

Jika Anda berniat mendirikan sebuah usaha, rasanya usaha travel haji dan umrah yang pantas dipertimbangkan. Pasalnya, pangsa pasar bisnis ini masih terbuka lebar dan terus menunjukkan peningkatan.

NERACA

Bisnis perjalanan haji dan umrah memang terbukti masih banyak dilirik pengusaha agen tour and travel di Indonesia. Karena, selain memberi keuntungan yang cukup menggiurkan, bisnis haji dan umrah juga tidak pernah sepi. Apalagi hampir semua masyarakat muslim sangat menginginkan untuk pergi ke tanah suci Mekkah.

Untuk berangkat haji kan kita daftar sekarang ya berangkatnya 10 tahun lagi, artinya kan walaupun kondisi ekonomi Indonesia sedang morat-marit tetap umat Islam ingin pastinya ingin menjalankan rukum Islam yang ke lima.

Nah, karena daftar tunggu untuk berangkat haji begitu panjang. Paket perjalanan umrah sangat diminati, karena ibadah umrah itu merupakan haji kecil. Tak heran, ibadah umrah pun begitu diminati laiknya ibadah haji. Dan tak seperti ibadah haji, ibadah umrah setiap bulannya selalu ada jadwal penerbangan.

Lantas, kalau dikalkulasikan, sesungguhnya mana yang lebih menguntungkan, apakah bisnis haji atau umrah? Menurut pihak-pihak yang berkecimpung di usaha ini menjalani bisnis travel baik bisnis haji atau umrah mampu member untung luar biasa.

“Keduanya sama-sama menguntungkan, selain itu usaha ini juga tak hanya mencari untung, karena dengan keberadaan usaha seperti ini dapat membantu saudara-saudara kita yang ingin menunaikan ibadah haji dan umrah,” kata Syamsul, agen travel haji dan umrah Assuryaniyah.

Ya, dalam bisnis ini memang tak melulu hanya dari segi keuntungan yang cari, melainkan pula melalui bisnis ini si empunya usaha dapat beramal dengan membantu saudaranya untuk berhaji menjalankan perintah Allah SWT.

Berbicara mengenai prospek bisnis, untuk ibadah haji memang ada keterbatasan kuota dan akan banyak kendala, tapi jika ditilik dari margin profit yang dihasilkan jelas mengusrus perjalanan haji jelas lebih menguntungkan daripada umrah.

Sementara itu, untuk bisnis perjalanan umroh, walaupun margin profitnya lebih kecil, tetap memiliki keuntungan tersendiri. Ibadah umrah sangat diminati umat Islam mengingat sulitnya persyaratan untuk naik haji, kelebihan ibadah umrah bisa dilakukan di setiap bulan.

Seperti kita ketahui setiap bulan pasti ada saja jamaah yang berangkat umrah. Hal itu menunjukkan kalau segmen pasarnya usaha perjalanan umrah sudah sangat jelas. Apalagi jika membuka usaha di kota-kota besar yang taraf kehidupan masyarakatnya sudah lumayan.

Karena terlalu banyak peminatnya, pihak agen tour and travel terpaksa memberangkatkan jamaah umrah melalui negara lain semacam Malaysia, karena jadwal penerbangan tidak bisa menampung semua jamaah. Maklum, bandara Cengkareng tak akan mampu meng-handle semua penerbangan.

Pengembangan Bisnis

Ya, bisnis agen perjalanan haji dan umrah bisa berkembang, jika pemiliknya rajin menambah pilihan paket yang dibutuhkan konsumen. Apalagi semua itu dipatok dengan harga terjangkau. Karena mengenai harga, pastinya yang pertama dilakukan konsumen adalah membandingkan harga dari satu agen ke agen lainnya.

Selain itu, Anda harus bisa menjaga kepercayaan pelanggan. Karena saat ini banyak terjadi kasus-kasus penipuan yang mengatasnamakan agen perjalanan haji dan umrah, kemudian membuat pelanggan sekarang jadi lebih waspada dan selektif memilihnya, mereka lebih memilih perusahaan ternama, dan lebih teliti kala melakukan pembayaran. Tetapi di situlah tantangannya, agar perusahaan Anda mampu menjadi perusahaan yang unggul.

BERITA TERKAIT

MDIS Rilis Program Baru Manajemen dan Bisnis - Mendorong Lulusan Siap Kerja

NERACA Jakarta - The Management Development Institute of Singapore (MDIS), sebagai institusi pendidikan nirlaba tertua di Singapura yang berorientasi pada…

IBM Indonesia Berkolaborasi dengan Partner Lokal - Akselerasi Bisnis Digital

    NERACA   Jakarta - IBM Indonesia menggelar IBM Indonesia Partner Solutions Summit, yang diselenggarakan di JW Marriot Jakarta.…

Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN Area Sukabumi Gelar Apel Siaga

Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN Area Sukabumi Gelar Apel Siaga NERACA Sukabumi - Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Sruput Peluang Usaha Bareng Coffee Stall Good Day

Minum kopi menjadi bagian dari gaya hidup. Bisnis kedai kopi pun banyak bermunculan. Tak ketinggalan, PT Santos Jaya Abadi yang…

Membangun Bisnis Untuk Pemula

Membuka bisnis sendiri atau berwirausaha kian digandrungi banyak orang. Bagi seseorang yang fleksibel dan tidak suka terikat, berbisnis memang menjadi…

Kian digemari, Gigit Usaha Camilan Dimsum

Kudapan dimsum sudah populer di lidah masyarakat Indonesia. Teksturnya yang kenyal dan lembut berpadu dengan rasa gurih, membuat makanan khas…