Mengatasi Air Sumur Keruh dan Berbau

Para pengemang semakin gencar melakukan pembangunan. Alhasil, tanah rawa pun mereka gunakan untuk membangun hunian. Biasanya, kalau perumahan yang didirikan pada lahan yang dulunya merupakan rawa kualitas airnya tidak bagus, seringkali air yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari keruh dan berbau.

Sesungguhnya, ada beberapa cara untuk membuat air yang mengalir di rumah Anda jernih dan tidak berbau. Pertama dengan menggunakan teknik aerasi. Teknik ini merupakan cara yang dilakukan dengan menggunakan teknik oksidasi menjadi senyawa Fe(OH)3 yang tidak mudah larut di dalam air.

Karena biasanya, air keruh dan berbau mengandung zat besi. Kandungan ini selain akan menghadirkan rasa tidak nyaman juga akan membuat air tidak segar. Selain itu, kandungan ini juga sangat tidak baik untuk kesehatan saat dikonsumsi.

Kedua dengan teknik pengendapan atau sedimentasi. Teknik ini banyak digunakan di kawasan pedesaan yang menggunakan air alam. Caranya tempatkan air dalam sebuah ember dan tunggu dalam beberapa jam. Partikel yang terkandung dalam air akan mengendap di bawah dan air pun akan jernih.

Tetapi sayangnya, teknik ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan sangat merepotkan. Karena rsanya tidak mungkin jika masyarakat harus terlebih dahulu mengendapkan air pada malam harinya untuk kemudian digunakan esok pagi atau siang.

Ketiga dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Telinga kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kaporit. Zat ini biasa digunakan untuk menjernihkan air sebagai solusi untuk air sumur kuning keruh dan berbau. Selain kaporit, polimer aluminium cloride dan tawas juga mampu menjernihkan air.

Cara terakhir yang lebih baik untuk menghasilkan air dengan kualitas yang baik adalah dengen metode filtrasi sebagai alat penjernihan air. Menggunakan sistem penjernih air dengan metode filtrasi ini sudah dijalani oleh warga yang tinggal di kota besar.

Penggunaan filtrasi merupakan solusi terbaik buntuk para penghuni agar dapat menjalani hidup dengan aman, dan sehat. Tak hanya itu, dengan teknik ini pula menjadi cara menjernihkan air paling efisien dan efektif.

Ya, cara mengatasi air sumur kuning keruh berbau dengan water filter memang sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat kita saat ini. Karena selain cara penerapannya yang sangat sederhana juga tidak akan menguras kantong karena tidak membutuhkan banyak biaya untuk mengaplikasikannya.

BERITA TERKAIT

Kemajuan Pengelolaan SDA dan Lingkungan Era Kini

Oleh : Abdul Aziz, Mahasiswa Fikom di PTN Jakarta   Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan merupakan hal vital bagi…

Fintech Ilegal Berasal dari China, Rusia dan Korsel

  NERACA   Jakarta - Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan fakta bahwa mayoritas perusahaan layanan finansial berbasis…

Tarif Tol Trans Jawa Bakal Turun - Mempertimbangkan Kontrak dan Investasi

      NERACA   Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan penurunan tarif tol…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Perlu Memadukan

Perlu Memadukan "Land Banking" Dengan Skema ABCG NERACA Semarang - Pakar perumahan Asnawi Manaf memandang perlu memadukan program "Land Banking"…

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District - Kontrak Senilai Rp2 Triliun

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District Kontrak Senilai Rp2 Triliun NERACA Jakarta - Salah satu proyek properti multi fungsi…

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District - Kontrak Senilai Rp2 Triliun

Pollux Properti Tunjuk Kontraktor Utama Gangnam District Kontrak Senilai Rp2 Triliun NERACA Jakarta - Salah satu proyek properti multi fungsi…