Kiat Hemat Memanfaatkan Air

Manfaat air untuk mahluk hidup memang sangat vital, bahkan tanpa adanya air seluruh mahluk di bumi ini tidak akan mampu bertahan hidup. Oleh karena itu bijak-bijaklah dalam memanfaatkannya sebelum kelangkaan terjadi. Terdapat beberapa hal yang simple untuk dilakukan guna menghemat penggunaan air.

Pertama, dengan memriksa keran-keran di rumah Anda. Jangan biarkan keran bocor sehingga air terus mengalir. Jika memungkinkan ganti kran dengan memasang aerator untuk mengurangi jumlah air yang masuk.

Kedua, batasi penyiraman taman, memang untuk hal yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang rumahnya mempunyai taman. Nah, kalau hunian Anda memiliki taman maka kurangi penyiraman dengan cara boros.

Apalagi, untuk penghuni perumahan dimana sebagian besar air di sana (perumahan) dimanfaatkan untuk menyiram luar ruangan. Caranya dengan melakukan jadwal penyiraman, misalnya di pagi hari pukul 06.00 hingga 08.00. Atau di sore hari pada pukul 13.00-17.00. Memang, idealnya menyiram taman dilakukan di pagi hari, karena di pagi hari air dapat meresap jauh ke dalam akar.

Ketiga dengan memriksa alat penyiraman, seperti pada selang atau sprinkler. Karena jika kebocoran terjadi, selain membuat taman menjadi becek, biaya yang Anda keluarkan juga bisa membengkak.

Terakhir,dengan memasang perangkat hemat air. Pemasangan awal untuk perangkat hemat air ini memang terasa mahal di awal. Namun hasilnya sangat baik, karena Anda dapat menekan biaya tagihan air di rumah.

BERITA TERKAIT

Ini Dia Kiat Sukses Binis Kuliner - Tingginya Persaingan

Bisnis kuliner menjadi salah satu yang paling menjanjikan dan tak pernah sepi, sehingga wajar saja jika banyak orang melirik bisnis…

Advance : Air Kemasan Botol Belum Tentu Aman

    NERACA   Jakarta – Masyarakat lebih memilih air kemasan botolan yang siap untuk diminum lantaran murah dan mudah.…

Saluran Air Mampet Akibat Sampah Pasar

Sudah lama saluran air yang sering mampet di tempat kami di RT 10 RW 07, Cakung Barat, Jakarta Timur, yang…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Yestarland Operasikan Cilegon Center Mall

Yestarland Operasikan Cilegon Center Mall  NERACA Cilegon - PT Yestarland Karya Utama (Yestarland), perusahaan pengembang properti, mulai mengoperasikan Cilegon Center…

Indonesia-Vietnam Jalin Kerja Sama Konstruksi dan Properti

Indonesia-Vietnam Jalin Kerja Sama Konstruksi dan Properti  NERACA Jakarta - Indonesia dan Vietnam menjalin kerja sama konstruksi dan properti dengan…

Paramount Tawarkan Rumah untuk Kalangan Menengah

Paramount Tawarkan Rumah untuk Kalangan Menengah NERACA Jakarta - Paramount Land, perusahaan pengembang properti yang berpusat di Gading Serpong, Kabupaten…