Mendukung Kemajuan Industri Otomotif Lokal - IIMS 2014

Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) tinggal beberapa minggu lagi yang akan berlangsung pada 18 – 28 September 2014 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran. Sebagai pameran otomotif terbesar di Indonesia, IIMS 2014 menunjukkan dukungannya terhadap perkembangan industri otomotif lokal.

NERACA

Sebagai pameran otomotif terbesar di Indonesia, IIMS 2014 juga ingin menunjukkan dukungannya terhadap perkembangan industri otomotif lokal. Gaikindo sendiri telah lama mendorong majunya industri pendukung asli Indonesia, dan saat ini Gaikindo mengharapkan penggunaan kandungan lokal dalam produksi kendaraan roda empat dapat mencapai 87% setelah sebelumnya target penggunaan kandungan lokal sebesar 80 – 85% telah dicapai.

Gaikindo juga menjelaskan bahwa saat ini komponen-komponen kunci di dalam mobil seperti bodi,engine,transmisi,steeringdan rem sudah bisa dibuat di Indonesia, sedang komponen yang hingga saat ini hanya sedikit jumlah item yang masih impor, sehingga tidak menutup kemungkinan dalam beberapa tahun kedepan penggunaan kandungan lokal akan terus meningkat.

Untuk mendukung industri lokal, IIMS 2014 bekerjasama dengan Departemen Perindustrian akan merangkul Industri kecil menengah (IKM), untuk memamerkan hasil produksi mereka selama pameran berlangsung. Selain itu IIMS juga akan memboyong beberapa karya mahasiswa teknik dari universitas ternama seperti Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti.

“IIMS ingin memberikan dukungan untuk perkembangan industri otomotif Indonesia, dan tanpa terkecuali tahun ini, kami harapkan dengan dihadirkannya produk karya anak bangsa akan mendapatkan sorotan lebih baik dan tentunya dapat mendorong perkembangannya,” tutur ketua umum gaikindo, Johnny Dharmawan, ia juga menambahkan bahwa harapan akhirnya agar produk buatan lokal dapat menjadi raja di negerinya sendiri.

Kemajuan IIMS Setiap Tahun

Salah satu yang juga mendorong peningkatan kualitas IIMS dari sebelumnya adalah adanya endorsement langsung dari Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles(OICA), organisasi internasional pembuat kendaraan bermotor yang didirikan diParis 95 tahun yang lalu ini beranggotakan lebih dari 40 anggota dan menaungi lebih dari 16 pameran otomotif di dunia pertahunnya.

Dukungan secara rutin diberikan OICA kepada IIMS sejak tahun 2006 tentunya mendorong Gaikindo selaku penyelenggara untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan IIMS, karena melalui IIMS Indonesia akan menunjukkan perkembangan industri otomotifnya dari tahun ke tahun dan membuktikan kompetensi Indonesia bersanding dengan negara Asia lainnya.

“IIMS merupakan pameran otomotif terbesar yang menjadi acuan para pelaku industri otomotif di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. IIMS adalah jendela yang memperlihatkan kemajuan perkembangan industri otomotif Indonesia. Dan dengan adanya dukungan OICA, IIMS tidak hanya ditujukan kepada konsumen domestik tetapi juga menjadi barometer tren industri otomotif kita di mata dunia,” ujar Sudirman.

Kehadiran IIMS sebagai barometer tren otomotif juga diamini oleh Industri otomotif dalam negeri, hal ini ditunjukkan dengan totalitas dukungan positif yang diberikan peserta pada penyelenggaraan pameran kali ini.

Sebanyak 36 merek anggota Gaikindo, terdiri dari 29 kendaraan penumpang (passanger cars) yakni Alfa Romeo, Audi, BMW, MINI, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Jeep, Chrysler, Dodge, FIAT, Jaguar, Land Rover, Mercedes-Benz, Smart, Renault, Hyundai, Honda, KIA, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Infiniti, Suzuki, Subaru, Toyota, Tata Motors, VW, dan 7 kendaraan komersial (commercial vehicles) yakni FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, UD Trucks. Dan tentunya ratusan perusahaan dari industri pendukung yang akan tampil dengan nuansa yang seirama dengan tema tahun ini “Smart and Safe Mobility”.

BERITA TERKAIT

Dunia Usaha - Kemenperin: Industri Makanan dan Minuman Jadi Sektor Kampiun

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman menjadi salah satu sektor manufaktur andalan dalam memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi…

Pemerintah Terus Pacu Industri Pengolahan Kopi

NERACA Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyambut baik adanya upaya industri makanan dan minuman di Indonesia yang terus meningkatkan…

Industri Kaca Lembaran Tambah Kapasitas Jadi 1,34 Juta Ton

  NERACA Jakarta – Industri kaca lembaran mengalami peningkatan kapasitas produksi seiring adanya perluasan usaha dari salah satu produsen guna…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Industri Daur Ulang di Sektor Otomotif Terus Dipacu

Kementerian Perindustrian mendorong implementasi industri daur ulang atau recycle industry untuk sektor otomotif. Konsep tersebut dinilai mampu mendongkrak daya saing…

Keuntungan Naik, Volvo Pertahankan Pusat Ekspor di China

Volvo Cars akan mempertahankan China sebagai lokasi pusat ekspor, setelah mencetak kenaikan keuntungan operasional sebesar 0,9 persen pada 2018, kata…

Amazon Ikut Tanam Modal Teknologi Swakemudi

Perusahaan e-commerce raksasa Amerika Serikat (AS), Amazon, mengikuti tren teknologi global di bidang mobil otonom (swakemudi) dengan menanamkan investasi 530…