free hit counter

PT . Jamsostek Jabar Adakan Bazar Ramadhan

Senin, 22/08/2011

NERACA

Bandung – Kakanwil PT. Jamosotek Jabar Banten E, Ilyas Lubis mengatakan, sejak 15 Agustus 2011 sampai dengan 24 Agustus 2011, pihaknya telah menyelenggarakan secara serentak Bazar Ramadhan LKS Tripartit di 6 lokasi (Kota dan Kab Bandung, Kab Karawang, Kab Sukabumi, Kab Cirebon dan Kota Tasikmalaya) yang merupakan ‘Program Food Benefit’. Setiap peserta Jamsostek mendapatkan diskon 10% untuk pembelian 3 jenis bahan pokok seperti beras, gula pasir dan minyak goreng.

“Program ini merupakan perluasan dari pilot project program food benefit 7 Juni 2011 lalu yang diberikan kepada peserta Jamsostek yang bekerja di PT. LG Indonesia Cikarang dengan bekerja sama Perum BULOG, “ papar Ilyas kepada wartawan, usai penyerahan sertifikat Jamsostek kepada wartawan yang tergabung dalam Alwari (Aliansi Wartawan Radio Indonesia) Jabar dan AJI (Aliasi Jurnalis Independen) Kota Bandung, akhir pecan kemarin di Bandung.

Dikatakan E. Ilyas Lubis, dengan telah mendaftarnya para jurnalis dan kontributor dalam program jamsostek ini, maka perlindungan terhadap keselamatan kerja dan kesejahteraan yang bersangkutan dan kelurganya akan terjamin. Selain itu peserta jamsostek juga mendapatkan benefit lainnya seperti Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerja sama Bank (PUMP-KB), Program Pinjaman renovasi Rumah Kerja sama Bank (PPR-KB), Bea siswa dan lain-lain.

Selain itu, itu sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat (CSR), PT. Jamsostek Jabar Banten membuat “Posko Pelayanan Kesehatan Mudik Jamsostek 2011, dimana untuk wilayah Jabar Banten tersebar di 5 titik, dengan bentuk pelayanan pemeriksaan kesehatan oleh dokter, pemberian obat-obatan dan vitamin serta pelayanan darurat/emergency serta pelayanan rujukan apabila diperlukan.

Untuk periode Juli 2011 akumulasi kepesertaan dan jaminan PT. Jamsostek, jumlah perusahaan peserta Jamsostek Jabar Banten sebanyak 31.346 perusahaan. Di antaranya sebanyak 21.277 adalah perusahaan yang aktif melakukan pembayaran secara rutin, sedangkan perusahaan non aktif berjumlah 10.069 perusahaan.

“Adapun realisasi pembayaran jaminan di wilayah Jabar Banten sebesar Rp 1,210 triliun lebih dengan jumlah kasus sebanyak 1.170.389 kasus,”ungkap Ilyas.

PT. Jamsostek (Pesero) memberikan perlindungan dasar kepada tenaga kerja dan keluarganya dalam bentuk Program Jamsostek yang terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) dan Jaminan Hari Tua (JHT) yang diperuntukkan kepada tenaga kerja sektor formal.

Selain itu Jamsostek memberikan perlindungan yang sama kepada tenaga kerja luar hubungan kerja (TKLHK) atau sektor informal seperti tukang ojek, nelayan yang keanggotaannya bersifat sukarela tetapi mendapatkan manfaat yang sama dengan sektor formal.