Manfaat Mengutamakan Kualitas Layanan dalam Bisnis

Bagi pengusaha, yang namanya pelanggan begitu besar artinya. Karena dengan adanya pelanggan maka usaha yang dijalani pun akan mampu bertahan dan terus berkembang. Tanpa mereka usaha yang dirintis pun tidak akan mampu mengarungi persaingan bisnis.

Ya, dapat dipastikan suatu bisnis yang memperlakukan pelanggannya dengan buruk adalah bisnis yang akan segera jatuh. Layanan pelanggan adalah suatu aspek tak terlihat dalam suatu bisnis, tetapi meski tak terlihat bukan berarti tidak penting. Karena mereka lah yang menentukan berhasil tidaknya sebuah usaha.

Apalagi banyak pelanggan akan terus mengingat kualitas pelayanan yang mereka terima lebih dari kualitas sebuah produk. Karena itu, jangan heran kalau banyak pelanggan kabur ke tempat lain akibat buruknya pelayanan yang diberikan.

Karena layanan pelanggan secara langsung berhubungan dengan individu. Dengan kata lain, buruknya pelayanan yang diberikan akan memberi kesan lebih kuat dari sekadar berhadapan dengan kualitas produk yang merupakan benda mati.

Respon yang efektif dan sopan terhadap suatu masalah sering membuat pelanggan memiliki opini yang lebih baik tentang bisnis Anda. Umpamanya, jika pesanan tidak terorganisir dengan baik, atau barang yang Anda kirim dalam rusak itu akan membuat pelanggan kecewa.

Karena itu, segera pulihkan kepercayaan pelanggan Anda dengan cara misalnya, menawarkan untuk mengganti secara cuma-cuma barang yang rusak tadi. Nah, perlakuan yang baik tersebut akan mampu membuat hati pelanggan luluh.

Karena perbuatan baik yang telah Anda lakukan tadi lebih bernilai dari sekadar biaya yang dikeluarkan untuk mengganti kerugian material yang diderita. Itu adalah sebuah nilai tambah bagi usaha yang Anda jalankan.

Dengan kata lain, Anda harus melatih staf Anda untuk selalu memerhatikan pentingnya pelanggan. Staf Anda juga harus siap mendengarkan keluhan pelanggan dan memberikan saran yang sesuai terhadap permasalahan yang ditemuinya yang memuaskan bagi kedua belah pihak. Menunjukkan pada pelanggan bahwa kita peduli akan masalah yang mereka hadapi.

Ya, kesimpulannya layanan yang buruk dapat membunuh bisnis dengan perlahan-lahan karena pelangan akan merasa tidak puas dan akibatnya, membuat mereka beralih pada perusahaan lain yang menjadi kompetitor Anda.

Kaena itu, jagalah pegawai Anda untuk terus memberikan pelayanan prima terhadappelanggan. Jika mereka salah ditegur dan latih kembali bagaimana memberi pelayanan pelanggan yang baik kepada pelanggan, jika tidak bisa berubah lebih baik berhentikan pegawai seperti itu.

Memang terkadang tekanan pekerjaan memaksa pegawai berbicara dengan pelanggan dengan nada kasar atau menolak membantu untuk menemukan produk atau memecahkan masalah, di situlah ketegasan Anda sebagai pemilik usaha harus bermain, kalau tidak  usaha Anda pun sepi dan bukan mustahil malah bakal gulung tikar. Karena pelanggan tidak akan membuat pembedaan antara pegawai dan pemilik bisnis jika layanan yang diberikan sudah sedemikian buruknya.

 

BERITA TERKAIT

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…