Memberikan Nilai Lebih Kepada Pelanggan

Evy Indahwaty (Senior Executive GM HRD&GA, Suzuki Finance Indonesia)

Sabtu, 20/08/2011

Neraca. Peningkatan kualitas karyawan, merupakan tujuan yang harus dilakukan setiap perusahaan. Semua ini pada akhirnya bermuara kepada kemajuan dari perusahaan itu sendiri. Terlebih lagi untuk sebuah perusahaan yang baru berdiri.

Pemahaman inilah yang melandasi Evy Indahwaty sebagai Senior Executive GM HRD&GA Suzuki Finance Indonesia, melakukan pembenahan kualitas karyawannya. Tugas itu bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi meskipun baru berusia 6 tahun SFI telah memiliki 89 cabang besar. Hal ini perlu dilakukan karena kualitas dari karyawan yang baik, akan mensupport bisnis perusahaan.

Jika sudah mendapatkan kualitas karyawan yang bagus, maka target utama memberikan pelayanan kepada customer akan baik. Sehingga diharapkan kepuasan bagi pelanggan akan tercapai, sesuai yang seharusnya dilakukan oleh lembaga keuangan sebagai perusahaan pemberi jasa. Semuanya bermuara kepada pelayanan kepada konsumen, terlebih lagi di dunia yang penuh persaingan. Konsumen pasti akan memilih perusahaan atau lembaga yang memberikan pelayanan paling baik. Konsumen 20 tahun lalu berbeda dengan sekarang. Waktu itu, untuk mendapatkan sebuah sepeda motor konsumen akan menunggu. Saat ini, orang sudah tidak mau direpotkan lagi dengan berbagai macam persyaratan. Terlebih lagi jika memberikan layanan yang buruk, orang akan lari.

Salah satu pelayanan yang menjadi keunikan dari perusahaan jasa keuangan ini, adalah melalui personnel touch kepada pelanggan, baik dealer maupun end user. Memang diakui, memberikan pendekatan personal kepada pelanggan dilihat dari klasifikasi masing-masing dari mereka. Sehingga pada akhirnya loyalitas akan tercapai dengan sendirinya.

“Saya bergabung sejak berdirinya SFI ini. Oleh karena itu, bagi saya service adalah suatu kewajiban harus kita lakukan. Pelayanan itu sendiri bagi saya harus dengan hati, dampaknya segala sesuatunya akan menjadi nyaman, “ ujar Evy Indahwaty.

Hobi

Untuk menjalankan program-program peningkatan kualitas di perusahaan ini, mau tidak mau membuat ibu dua anak ini, harus melakukan traveling ke berbagai tempat dimana ada cabang SFI berada. Syukurnya hal ini sejalan dengan hobinya yang suka traveling. Selain mempunyai hobi traveling, dia juga mempunyai hobi memasak.

Dengan kesibukan yang selama ini harus dia lakukan, pertemuan dengan keluarga sangatlah penting baginya. Meskipun pertemuan itu secara kuantitas sangatlah kurang dikarenakan kesibukannya. “Dimanapun saya berada, minimal sehari tiga kali akan menelpon anak sekedar menanyakan keadaannya. Bagi saya terpenting adalah kualitas dari hubungan dengan anak-anak. Terlebih lagi saat saya berada di rumah, hari sabtu dan minggu itu khusus untuk anak-anak, “ ujarnya menutup wawancara.