PT BJB Tbk Tak Transparan Laporkan Realisasi CSR

Kamis, 18/08/2011

NERACA

Bandung - Ketua Komisi C DPRD Jabar, Mamat Robby Suganda dalam keterangannya kepada Neraca, Rabu (17/8) kemarin mengungkapkan, pihak Komisi C DPRD Jabar menyesalkan pihak PT BJB Tbk karena hingga saat ini tidak transparan melaporkan realisasi penyaluran dana CSR.

Pihak Komisi C DPRD Jabar, sebetulnya sudah jauh-jauh hari meminta pihak PT BJB Tbk agar PT BJB Tbk memberikan laporan secara rinci aliran dana CSR disalurkan ke sektor mana saja dan lembaga mana saja yang menerima.

Namun, permintaan tersebut hingga saat ini belum digubris oleh pihak PT BJB Tbk oleh karenanya dalam waktu dekat Komisi C DPRD Jabar akan memanggil pihak PT BJB Tbk.

Pemanggilan selain dimaksudkan untuk meminta penjelasan soal penyaluran dana CSR juga dimaksudkan untuk bersilaturahmi dengan jajaran Direksi PT BJB Tbk yang baru. Khusus untuk klarifikasi dana CSR saat ini mendesak untuk dilakukan karena menurut laporan pihak Kejati Jabar sudah memeriksa PT BJB Tbk tentang dugaan penyimpangan dana CSR.

Soal laporan pemeriksaan pihak Kejati Jabar, pihak Komisi C DPRD Jabar jika ada temuan penyimpangan mendukung diproses secara hukum. Hal terpenting, pihak Komisi C DPRD Jabar meminta ada penjelasan yang transparan tentang penyaluran dana CSR.

Penyaluran dana CSR, pihak Komisi C DPRD Jabar mendukung ada realisasinya karena amanat UU. Namun, peruntukkannya diharapkan dapat disalurkan untuk mendanai sektor-sektor strategis yang dibutuhkan masyarakat, semisal untuk sektor pendidikan dan kesehatan.