Aksi Kemanusiaan Warga Pinggiran Kali Ciliwung

Sabtu, 26/07/2014

Nation And Character Building Institute (NCBI) kembali melakukan Aksi Kemanusiaan beberapa hari yang lalu dengan menggelar acara Buka Puasa bersama warga pinggiran kali Ciliwung. Tak cukup hanya di situ, mereka juga memberikan santunan terhadap seratus anak yatim dan seratus dhuafa di sana.

Aksi Kemanusiaan itu, dikatakan NCBI adalah aksi dari warga, oleh warga dan untuk warga pinggiran kali Ciliwung itu sendiri, dan secara tidak langsung itu menjadi tanda bukti bahwa masih kuatnya benang merah jati diri bangsa Indonesia, yang memiliki semangat gotong royong.

Ya, suara semangat persatuan dan kemanusiaan warga pinggiran kali Ciliwung itu sama nilai dan terhormatnya dengan suara warga pemukiman mewah, dengan suara penghuni apartemen atau suara kelompok kepentingan lainnya. Baik dari segi kehidupan, ekonomi maupun politik.

Selain menggelar buka puasa bersama dan santunan yatim dan fakir miskin di sana, disuarakan pula kemerdekaan, kedaulatan dan terjaminnya masa depan bangsa Palestina di tanah air mereka sendiri. Pasalnya, menurut mereka masyarakat, bangsa dan negara Palestina berhak dan memiliki kebebasan menentukan nasib sendiri dan terbebas dari jajahan Zionis Israel.

Karena itu, mereka mengutuk keras aksi pembantaian massif warga sipil di Gaza Palestina yang sesungguhnya hidup merdeka, berdaulat dan damai. Karena itu, mereka juga mendukung langkah-langkah diplomasi strategis Presiden Republik Indonesia (SBY) agar seluruh dunia menekan Israel untuk tidak mencaplok tanah milik bangsa Palestina.