Cerdas Memanfaatkan Smartphone Saat Mudik - Dengarkan Musik Hingga Memanfaatkan GPS

Gadget memanglah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Kebutuhan akan teknologi memang menjadi suatu hal yang sangat penting saat ini, hampir disetiap pekerjaan manusia, kini membutuhkan teknologi untuk memudahkan segala pekerjaannya. Teknologi melalui gadget menjadi suatu alat yang menemani kehidupan manusia saat beraktivitas. Saat mudik contohnya, teknologi pada gadget sangatlah membantu saat kita ingin mudik.

Pastikan saat mudik kita membawa gadget seringan, seringkas, dan selengkap mungkin guna mempermudak perjalanan mudik kita. Saa ini smartphone memang menjadi salah satu gadget yang sangat ringan dan memiliki beraga fitur seperti GPS, menelusuri halaman web, menelepon, dual-SIM, dan berkapasitas baterai yang besar, jadi kita tidak perlu direpotkan dengan gadget yang cukup besar seperti laptop.

Sebaiknya saat kita ingin mudik, kita merencanakannya dan mempersiapkannya dengan baik. Google Maps juga bisa menjadi solusi saat kita ingin mudik dan tidak mengetahui harus melewati jalan yang mana. GPS pada google maph akan membantu Kita untuk mengetahui jalur perjalanan mudik menjadi lebih praktis dan efektif. Cara menggunakan aplikasi Google Maps di perangkat smartphone atau gadget kita pun sangat mudah.

Kita cukup hanya memasukan tempat kita dan tujuan kita, nantinya google maph akan menunjukan rute perjalanan dan jarak tempuh yang kita butuhkan untuk sampai kelokasi tujuan mudik kita. Kita juga dapat memilih jalan alternatif, yang mungkin saya menjadi pilihan jalan lainnya yang lebih dekat ataupun lebih baik. Google maph sendiri ada pada perangkat berbasis Android ataupun di iOS dengan Apple Maps dan Windows Phone dengan Bing Maps.

Tidak hanya gadget yang memiliki teknologi canggih saja yang kita butuhkan saat mudik, kita pun harus cerdas mengatur penggunaan baterai gadget kita saat mudik. Pastikan daya ponsel kita memadai untuk digunakan, bila daya baterai berkurang atau habis, sebaiknya di cas sebelum kita sampai di tempat kita tujuan mudik. Selain mempermudah komunikasi, dengan daya baterai yang cukup bisa membantu kita memaksimalkan fungsi gadget kita saat mudik.

Biasanya saat mudik, kita memanfaatkan smartphone kita untuk mendengarkan musik, bermain game, atau menggunakan internet agar tidak bosan saat melewati perjalanan mudik yang melelahkan. Bila tidak memungkinkan untuk kita mengisi daya baterai, sebaiknya kita menggunakan powerbank untuk mengisi baterai di saat tidak ada sumber daya.

Ponsel pastilah menjadi tempat kita untuk menyimpan data-data penting kita, jadi pastikan pula keamanan smartphone kita terjaga dengan baik. Pencurian memang sangat sering terjadi pada saat kita mudik, entah itu saat kita mudik menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Janganlah memancing ataupun memberikan kesempatan pada orang jahat untuk mencuri gadget kita, pastikan kita menyimpannya dengan aman.

Kini jaringan internet sangatlah mudah kita dapatkan dimana saja, beberapa tempat seperti stasiun, terminal, tempat peristirahatan atauhotel, kini menyediakan jaringan WiFi yang cuma-cuma. Kita bisa memanfaatkannya untuk menggunakan jaringan internet, namun pastikan jaringan internet tersebut resmi atau ama, jadi tidak akan merusak gadget kita dengan keberadaan virus.

Jaringan internet memang harus kita pastikan aman dari tindak peretasan, apalagi bagi mereka yang melakukan kegiatan seperti mengakses internet banking atau melakukan pembayaran online dengan menggunakan nomor kartu kredit, pastikan kita mengakses URL yang diawali dengan 'https', bukan 'http'. Hal ini akan lebih aman karena 'https' selalu melakukan enskripsi data pada saat pengguna mengaksesnya dan bisa menghindarkan kita dari tindak peretasan.

BERITA TERKAIT

BPBD Kota Sukabumi Terus Siap Siaga Bencana - Saat ini Sedang Terjadi Anomali Cuaca

BPBD Kota Sukabumi Terus Siap Siaga Bencana Saat ini Sedang Terjadi Anomali Cuaca NERACA Sukabumi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah…

Arus Mudik, Tol Layang Jakarta-Cikampek Belum Bisa Digunakan

  NERACA   Jakarta – Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan bahwa pihaknya masih terus menuntaskan…

Dishub Tangerang Siapkan 80 Bus Mudik Gratis 2019

Dishub Tangerang Siapkan 80 Bus Mudik Gratis 2019 NERACA Tangerang - Aparat Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Banten, menyiapkan sebanyak…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

HTSnet Sediakan layanan Internet Murah Untuk UKM

PT Hawk Teknologi Solusi (HTSnet)  menyediakan layanan internet Turbo Fiber yang ditujukan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat membantu…

Software Bajakan Disebut Sulit Dibrantas di Indonesia

Maraknya penggunaan software tidak berlisensi atau bajakan untuk kebutuhan bisnis maupun perorangan sudah semakin meresahkan. Berdasarkan data dari BSA I…

Jelang Pilpres, 771 Konten Hoax Warnai Dunia Maya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)mengidentifikasi 771 hoax pada periode Agustus 2018 hingga Februari 2019 di jagat maya, paling banyak berkaitan…