Ngabuburit di Jakarta Selatan

Sabtu, 20/08/2011

NERACA. Ramadhan bukan berarti waktunya menghentikan hobi berburu kuliner. Apalagi menjelang maghrib atau yang tren disebut ngabuburit, justru akan menjadikan momen berburu makanan yang sangat seru. Lalu, apakah Anda merasa kebingungan memilih lokasi untuk ngabuburit? Rasanya, hal itu wajar, karena kita memang selalu dihadapkan dengan banyak tempat menarik. Apalagi untuk warga Jakarta, dimana kekayaan kulinernya begitu variatif.

Ya, Jakarta memang punya banyak tempat makan favorit yang kerap didatangi orang untuk bersantap. Selama Ramadan, tempat-tempat itu pun menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Namun, saat ini kita tidak akan membahas kuliner Jakarta Secara keseluruhan. tapi kita persempit di Jakarta Selatan, kawasan ini juga punya beberapa spot menari untuk di kunjungi.

Jl. Raden Fatah Kebayoran Baru

Daerah Jakarta Selatan, ada beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi, misal Roti Bakar Edi di kawasan Kebayoran Baru tepatnya di Jalan Raden Patah, belakang Masjid Al-Azhar. Karena lokasinya yang berdekatan dengan masjid, setelah salat maghrib berjamaah, Anda bisa mengisi perut di tempat ini. Kemudian, melanjutkannya dengan shalat tarawih bersama.

Kenikmatan Roti Bakar Edi sudah dikenal sejak era 80-an. Di sini, Anda dapat menyantap roti bakar dengan aneka isi, seperti keju, cokelat dan lainnya. Ukuran roti besar, per porsi dihargai Rp7.000-Rp 9.000. Roti Bakar Edi tak hanya menyediakan panganan yang berbahan dasar roti saja. Mereka juga menyediakan menu lain, seperti nasi goreng dengan beberapa pilihan rasa, bubur ayam, siomay, nasi uduk, mi instan telor kornet, serta aneka minuman.

Kawasan Blok S

Bagi Anda yang sering melintas kawasan Blok S, silahkan tepikan kendaraan Anda menjelang maghrib di lokasi ini. Karena kawasan ini memang sudah sangat familiar di telinga pecinta kuliner Jakarta. Selain itu, kawasan ini juga sangat cocok menjadi tempat untuk berburu panganan berbuka puasa. Pasalnya, selama ini, Blok S sudah menjadi tempat favorit untuk berwisata kuliner, bahkan telah menjadi salah satu tempat pilihan "gaul" anak muda Jakarta.

Ada beberapa pilihan tempat makan berjejer di dalamnya. Beberapa diantaranya selalu menjadi primadona dan banyak direkomendasikan orang untuk pilihan menu-menunya, sebut saja makanan seperti siomay, bakso, pempek, sate, dan lainnya, dan tidak ketinggalan, es podeng khas Blok S yang sudah tersohor seantero Jakarta Selatan, atau bahkan Jakarta keseluruhan.

Kawasan Tebet

Kawasan lain yang patut Anda datangi adalah kawasan Tebet, kawasan ini dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda berbuka puasa. Tepatnya di Jalan Tebet utara III. Di sini, banyak pilihan tempat makan yang dapat Anda sambangi. Salah satu yang cukup terkenal adalah Warung Wafa yang menyediakan makanan ringan dan pengganjal perut, seperti roti bakar dan mie instan telur plus kornet. Harga yang ditawarkan di warung ini cukup ekonomis, hanya berada di kisaran Rp4.000-Rp8.000.

Jika kurang puas menikmati santap buka, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat makan yang menyediakan jenis makanan lokal maupun internasional. Salah satu restoran yang cukup laris adalah Bebek Ginyo, Tebet. Resto ini memiliki menu bebek goreng, bakar, balado, sambal ijo, dan bebek kremes. Selain itu, menu pendukung seperti sayur asem, urap, pepes bebek, tahu, dan tempe. Soal minum, jangan ditanya, resto ini menyediakan es cendol, aneka jus, dan lainnya. Kisaran harga yang ditawarkan adalah Rp4.000-Rp14.000.

Belum beranjak dari kawasan ini, tak jauh dari Bebek Ginyo ada tempat makan yang menawarkan menu internasional yakni Kafe Burger & Grill. Disini, Anda akan ditawarkan burger nikmat yang memang menjadi makanan andalan resto ini. Selain itu, juga ada pilihan menu lain, misal sandwich, steak, spaghetti, sop buntut bakar, sop iga bakar, plus aneka minuman dan jus. Menarik bukan menjelajah Selatan Jakarta, kini tinggal bagaimana yang Anda mau? Silahkan pilih sendiri lokasi-lokasi yang menarik untuk dikunjungi.