Menggali Potensi Ekonomi Syariah - Prudential Tingkatkan Sosialisasi Literasi Keuangan

NERACA

Dewasa ini, ekonomi syariah berkembang semakin luas. Sistem ekonomi yang berasal dari ajaran Islam ini mulai dipertimbangkan di Eropa karena dianggap sebagai salah satu sistem ekonomi yang dapat bertahan atas pengaruh krisis dari belahan dunia manapun.

Di Indonesia, yang merupakan satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, berbagai penyedia jasa keuangan berbasis syariah bermunculan, terlebih dengan adanya inisiatif “gerakan ekonomi syariah” (gres!) dari pemerintah.

Sebagai penyedia jasa asuransi terdepan di Indonesia, Prudential Indonesia mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan pada produk asuransi berbasis syariahnya, PRUsyariah. Pertumbuhan ini merupakan salah satu penanda semakin populernya pilihan terhadap produk-produk syariah. 

Direktur Corporate Marketing & Communications Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo, mengatakan sejak Prusyariah diluncurkan pada September 2007 bisnisnya selalu mengalami peningkatan. Untuk meningkatkan pertumbuhan, Prudential juga bekerja sama dengan lima bank di Indonesia.

“Sampai dengan sekarang Prusyariah pertumbuhannya lebih dari 20% dari tahun lalu. Ke depannya untuk bekerja sama dengan bank lain kalau ada peluang ke sana, kami akan gali,” ujar Nini.

Pemahaman Minim

Indonesia dengan populasi penduduk muslim terbesar dinilai sebagai suatu fase luar biasa bagi industri jasa keuangan syariah termasuk asuransi. Namun, pemahaman masyarakat terutama pada produk asuransi syariah dan edukasi masih dirasa kurang. Atas dasar inilah, Prudential Indonesia berinisiatif untuk menyebarluaskan informasi keuangan atas dasar prinsip-prinsip syariah serta nilai-nilai universal yang terkandung di dalamnya.

Sebagai langkah edukasi konsumer mengenai asuransi syariah, Prudential menjajaki kerjasama dengan salah satu organisasi untuk mengadakan roadshow ke enam kota terkait literasi keuangan syariah. Untuk mendukung program tersebut, edukasi masif mengenai Prusyariah yang kontinu tetap dilakukan oleh para agen.

Saat ini lebih dari 60 ribu agen Prudential telah memiliki lisensi asuransi syariah, sehingga mereka dapat memasarkan produk Prusyariah. Lisensi ini telah menjadi komplemen bagi agen yang ingin mengambil ijin memasarkan asuransi syariah, selain lisensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang telah menjadi suatu kewajiban bagi agen asuransi. Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) telah mewajibkan agen yang ingin memasarkan produk asuransi syariah untuk memperoleh lisensi agen asuransi syariah

BERITA TERKAIT

Di Tengah Ancaman Boikot, Danone Terus Disoal

Nama perusahaan multinasional asal Prancis, Danone terus bikin geger. Danone dan banyak perusahaan multinasional lainnya  dikecam di seluruh dunia karena aktif…

Khong Guan Luncurkan Biscuits House di KidZania

Memperkenalkan lebih dekat lagi biskuit Khong Guan kepada anak-anak sejak dini sebagai biscuit legendaris di Indonesia, Khong Guan Group Indonesia…

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…

BERITA LAINNYA DI Peluang Usaha

Di Tengah Ancaman Boikot, Danone Terus Disoal

Nama perusahaan multinasional asal Prancis, Danone terus bikin geger. Danone dan banyak perusahaan multinasional lainnya  dikecam di seluruh dunia karena aktif…

Khong Guan Luncurkan Biscuits House di KidZania

Memperkenalkan lebih dekat lagi biskuit Khong Guan kepada anak-anak sejak dini sebagai biscuit legendaris di Indonesia, Khong Guan Group Indonesia…

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…