Anugrah Antaranews CSR Award

NERACA

Sebagai wujud penghargaan pada perusahaan yang memiliki komitmen luar biasa pada pemberdayaan masyarakat dan lingkungan melalui program tanggung (CSR), Antara mempersembahkan Antaranews CSR Award kepada PT Astra Internasional.

Pada kesempatan tersebut, PT Astra International Tbk dinilai kukuh dalam Empat Pilar Program CSR, yaitu, Pendidikan, Lingkungan, Usaha Kecil & Menengahserta Kesehatan yang telah dijalankan selama tiga dekade terakhir.

Program CSR yang berada di bawah payung SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia) merupakan langkah nyata Grup Astra beserta delapan yayasan untuk berperan aktif berkontribusi meningkatkan kualitas masyarakat dan membangun keharmonisan dengan masyarakat serta lingkungan.

SATU Indonesia dilaksanakan melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Dalam bidang pendidikan Astra telah memberikan 157.605 paket beasiswa, membina 10.598 sekolah dan 26.654 guru.

Dalam bidang lingkungan Astra telah menanam 2.448.282 pohon, dalam bidang Usaha Kecil & Menengah (UKM) Astra telah membina 8.531 UKM dan dalam bidang kesehatan Astra telah membina 681 Posyandu dan memberikan pelayanan kesehatan kepada 41.969 pasien melalui Mobil Kesehatan Astra (MOKESA). Seluruh kegiatan CSR Astra sejalan dengan filosofi Astra yaitu Catur Dharma butir pertama, Menjadi Milik yang Bermanfaat Untuk Bangsa dan Negara.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada PR Semen Indonesia dan BPJS Ketenagakerjaan dan PT Astra Internasional. Masing-masing perusahaan itu berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pelestarian lingkungan.

Selain ketiga perusahaan tersebut, Ibu Negara Ani Yudhoyonojuga menerima penganugerahan sebagai Tokoh Peduli Peningkatan Kecerdasan Anak Indonesia 2014. Penghargaan itu diberikan atas peran Ani selaku Ketua Dewan Pembina Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) terhadap dunia pendidikan.

Dalam keterangan pers yang diterimaNeraca, Ani Yudhoyono merupakan penggagas Rumah Pintar sejak 2005 lalu. Gagasan ini direalisasikannya melalui layanan mobil pintar, dan hingga 2014 sudah membangun 511 Rumah Pintar di seluruh Indonesia.

"Di tengah kesibukan dan haru biru mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, nyaris selama 24 jam, tujuh hari seminggu, Ibu Negara masih sempat memimpin proyek raksasa kemanusiaan dengan misi utama memberantas buta huruf, kebodohan dan menyejahterakan kehidupan masyarakat Indonesia, terutama kaum perempuan dan anak-anak," kata Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Kusaeni selaku Ketua Komite Award 2014.

Selain Ani Yudhoyono, LKBN Antara juga menyerahkan penganugerahan kepada Daro Sri Prof. Dr. Tahir sebagai Tokoh Filantropi 2014. Tahir dianggap memiliki peran besar dalam upaya pemberantasan AIDS, TBC dan malaria dengan menyumbangkan dana sebesar USD 100 juta atau setara dengan Rp 1,1 triliun.

BERITA TERKAIT

Dana CSR Harusnya jadi Iuran Jamsos

    NERACA   Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengusulkan penyesuaian ISO 26000 untuk pemanfaatan CSR bagi…

BCA Sabet Best Banking Brand Award 2017

NERACA Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengukir prestasi di tingkat Asia dalam ajang Asiamoney Best Banking Brand…

Pola Bisnis Perlu Diubah ke Digital - Indonesia Digital Popular Brand Award 2017

    NERACA   Jakarta - Bagi para pelaku bisnis, kiranya perlu untuk mengubah pola bisnis dari yang awalnya offline…

BERITA LAINNYA DI CSR

Dukung Pertumbuhan Wirausaha Sosial - Mitra Sociopreneurs Muda DBS Berbagi Kiat Sukses

Membangun kemandirian ekonomi kaum wanita saat ini bukan lagi menjadi pilihan tetapi juga kebutuhan. Oleh karena itu, dalam rangka memberdayakan…

Berdayakan Ekonomi Perempuan - Commonwealth Siapkan Akses Permodalan Praktis

Masih dalam rangka meningkatkan literasi serta memberikan kemudahan akses jasa keuangan kepada 40 ribu perempuan pengusaha Indonesia, PT Bank Commonwealth…

Langkah Kongkrit Untuk Warga Kupang - Ada Virus Positif Astra di Festival Kampung Berseri

Berangkat dari kepedulian terhadap keterbelakangan dunia pendidikan bagi siswa di Indonesia timur, khususnya di Kupang membuat Astra Grup untuk terjun…