Rekening Ponsel Mudahkan Kirim Uang Lebaran

NERACA

Jakarta - Perayaan Idul Fitri/Lebaran adalah perayaan besar bagi umat muslim Indonesia. Tidak saja arus orang dan barang, berbagai kegiatan ekonomi yang berkaitan erat dengan keperluan Lebaran juga terlihat. Salah satunya, arus pengiriman uang ke kampung halaman mengalami peningkatan dari biasanya.

Kemajuan teknologi di sektor perbankan ternyata membawa perubahan positif dalam masyarakat. Terutama dalam kemudahan dan fleksibilitas bertransaksi. Sebagai contoh, masyarakat kinibisa leluasa mengirim uang Lebaran ke nomor telepon seluler (ponsel) kerabat tercinta.

Head of Branch and Branchless BankingPT Bank CIMB Niaga Tbk, Budiman Poedjirahardjo mengatakan, dengan Rekening Ponsel, transfer uangLebaran kepada kerabat tercinta dapat dilakukanantar nomorponsel,tanpaperlu nomorrekening bank. Pengguna takperlu lagimenghafal nomor rekening bank,dan dapat melakukannya dengan aman,cepatdan tanpa biaya.Rekening Ponsel mempunyaikemampuan untuk transfer dana ke semua nomor ponsel di Indonesia.

Bagi penerima dana, lanjut Budiman, penarikan tunai dapat dilakukan denganhanya mendaftarkan nomor ponsel-nya sekali saja dikantorcabang CIMB Niaga terdekat. Setelah nomor ponsel didaftarkan, penerima dana dapat langsung mengambil dananya melalui ATM CIMB Niaga yang tersebar luas di Tanah Air, tanpa perlu menggunakan kartu ATM.

Tak hanya itu, penarikan tunaitidak lagi terbatas dijaringanATM maupunkantorcabang CIMB Niagasaja. Lebih dari18.000 gerai Indomaret dan Alfamartyang tersebardi seluruh Indonesiasudah dapat melayani setor dan tarik tunai juga.Khusus penerimadanayang Rekening Ponsel-nya sudah teregistrasi,dapatlangsung ke Indomaret dan Alfamart untukmelakukan penarikantunai. “Ini berarti, Rekening Ponsel semakin dekat dengan masyarakat Indonesia, termasuk kerabat tercinta di kampung halaman yang belum menjadi nasabah bank,” ungkap Budiman di Jakarta, Selasa.

Sebagai terobosan baru CIMB Niaga serta membantu upaya regulator dalam program literasi keuangan, penarikan tunai melalui gerai Indomaret dan Alfamart ini terbilang cukup mudah. Caranya,membuatKupon terlebih dahulu dengan jumlahuangyangakanditarik. Lalu, nomor Kupon Rekening Ponsel diberikan ke kasir, danpenggunaRekening Ponselakanmenerimauangtunai.

Adapun cara membuatKupon untukpenarikantunai, misal dengan nominalRp100 ribu, adalah ketik “Kupon 100.000” dan kirim ke 1418. Kemudian,pengguna akan menerimapesan singkat/SMS untuk meng-otorisasi pembuatan Kupon,serta nomor unik Kupon yangakandiberikan kekasir.

BagiCIMB Niaga,pengembangan fitur maupun kemudahanlayananRekening Ponsel yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, diharapkandapat meningkatkanjumlah pengguna aktif maupunvolume transaksimelalui konsepbranchless banking.Sejak diluncurkan pada Maret 2013 hingga akhirJuni 2014, pengguna Rekening Ponsel tumbuh rata-rata12% per bulan dan kini memproses1 juta transaksi setiap bulannya. [rin]

Related posts