Carport yang ber AC alami

Sabtu, 20/08/2011

NERACA. Bangunan carport bisa dibuat dengan desain apapun yang terpenting tidak mengalahkan desain utama pada bangunan rumah. Semisal carport yang dibuat secara futuristik yang memadukan antara modern dan natural, sangat banyak ditemui saat ini pada rumah-rumah yang memiliki kendaraan bermobil. Bangunan carport bisa berupa tiang-tiang seperti tiang gapura yang diberi warna sesuai dengan bangunan utama rumah, sehingga menambah keindahan pada rumah secara keseluruhan.

Pemberian ventilasi pada dinding carport bisa dibuat sesuai keinginan penghuninya. Seperti pembuatan lubang angin yang memanjang dari ujung dinding sampai ke ujung dinding lainnya sehingga terlihat memanjang sepanjang dinding. Seperti celah yang sengaja dibuat untuk masuknya angin seacara bebas tanpa terbatas. “Pembuatan lubang angina pada carport berbeda dengan lubang angin pada garasi rumah karena carport berada pada bagian luar rumah yang berada pada depan garasi,” jelas, Deddy Budiman, anggota profesional Ikatan Arsitek Indonesia.

Konsep tersebut merupakan konsep yang natural untuk memberi ruang udara keseluruh ruang carport dan sekeliling area halaman depan rumah sepanjang hari. Sehingga halaman rumah tidak tertutup oleh dinding bangunan carport yang membuat penghuni leluasa keluar-masuk.

Hal itu, tak lepas dari prinsip naturalisme yaitu bahwa udara berputar dan bergerak dari suhu yang tinggi menuju suhu yang lebih rendah. Prinsip seperti ini dapat menjadi inspirasi desain yang diterapkan pada rumah tinggal yang merupakan prinsip paling sederhana. Nah, umumnya konsep desain yang seperti ini sangat cocok dan dapat membantu bila carport sebagai area dengan sirkulasi udara yang panas diterapkan pada kondisi semacam ini.

Ruang yang berupa lubang-lubang udara dihadirkan pada bagian sisi kiri carport. Tujuannya untuk menciptakan angin yang datang bisa masuk dengan bebas dan mampu mengaliri ruang tersebut dengan udara bersih. Untuk menyeimbangkan angin/udara yang masuk dan mengaliri ruang carport diperlukan lubang seimbang dengan lubang lain, yang dibuat sejajar atau berseberangan agar sirkulasi udara benar-benar terasa.

Hal tersebut telah banyak diterapkan pada konsep carport modern yang marak tersebar belakangan ini. Karena simpel mudah dan sederhana cara pembuatan dan bentuk atau modelnya tetapi bernuansa futuristik dan alami. Itulah kenapa carport model ini banyak dipergunakan pada perumahan-perumahan mewah atau bahkan pada rumah yang memenuhi kriterianya sesuai minat penghuni rumah tersebut.

Selanjutnya untuk menurunkan suhu panas agar cepat mendingin maka pada bagian sisi kanan carport umumnya dibatasi oleh kolom-kolom penyangga atap/tiang-tiang dari bangunan tersebut. Material yang sering digunakan untuk konsep ini, biasanya menggunakan polikarbonat yang dapat menghantarkan hawa panas disebarkan secara merata hingga kebawah bangunan. Hal itu karena, permukaan atap yang dibuat setinggi mungkin sesuai bangunan rumah yang ada serta adanya bukaan yang hanya sedikit diantara balok dan polikarbonat.

Untuk mengenali perbedaan desain dan fungsi masing-masing area cukup menarik bila diperhatikan lebih mendalam. Seperti ketika Anda menuju pintu rumah dipasang material yang berbeda serta penutup atap yang lebih rendah. Atap keduanya dibatasi oleh sebuah gapura putih yang berdiri kokoh dan memiliki ketinggian yang lumayan serta balok penyangga yang tampil sangat menarik yang tmapak artistik.

Para arsitek biasanya menambahkan segi artistiknya melalui penciptaan efek dimensi bidang. Kemudian beberapa ornamen untuk pencahayaan buatan dipersiapkan untuk menampilkan suasana yang dinamis. Ditambah beberapa lampu sorot yang dipasang pada bagian titik-titik tertentu di bagian bawah untuk dipancarkan ke atas, bertujuan untuk menghasilkan efek pencahayaan yang menyegarkan pandangan pada malam hari. Diteruskan pada bagian depan carport yang berada di luar gerbang, ditempatkan lampu sorot yang mengarah ke permukaan lantai sehingga cahaya dapat terpantul dan menerangi ruang sekeliling area bangunan carport dan sekitarnya.