Tips Merawat Carport Rumah Anda

Sabtu, 20/08/2011

NERACA. Carport/ tempat parker mobil yang ada pada rumah Anda merupakan wadah yang mengalami masa. Jadi setiap benda yang terkena masa pasti akan mengalami perubahan. Tentunya perubahan itu bergantung pada usia, seperti kendaraan mobil yang tentunya ada masa untuk dilakukan perbaikan karena bila tidak mobil tersebut akan mengalami kerusakan atau turun mesin.

Untuk menanggulangi hal tersebut, tentunya harus memperhatikan beberapa langkah berikut agar carport tetap kokoh dan bertahan lama:

Pertama, Memilih material yang kuat dan tahan lama. Material yang kuat akan menambah umur bangunan. Disamping itu, struktur material yang cocok dan sesuai dengan pondasi bangunannya akan membuat bangunan tersebut tampak elegan dan bertahan lama. Jadi pemilihan struktur bangunan sangat penting bila ingin carport bertahan cukup lama.

Kedua, Desain yang sederhana. Desain sederhana membuat bangunan carport akan terasa simpel dan memudahkan penghuninya untuk memperhatikan kondisi fisik bangunan tersebut. Sehingga penghuni bisa mengetahui secara langsung bila ada sesuatu yang terjadi pada fisik bangunannya. Seperti talang air, bila mengalami kebocoran pada atap maka air akan menetes langsung ke lantai. Penghuni tentu akan menyadarinya langsung bagian mana yang mengalami kerusakan sehingga dapat segera memperbaikinya.

Ketiga, Perhatikan fisik bangunan. Memperhatikan fisik bangunan tentunya akan menghindari dari kebocoran disaat musim penghujan tiba. Pergantian cuaca sangat mempengaruhi kondisi fisik pada bangunan, yang bila tidak diperhatikan akan membuat usia bangunan mengalami kerusakan lebih dini.

Keempat, menggunakan cat/pelapis anti karat. Bila menggunakan material berbahan besi atau baja sekalipun, gunakanlah pelapis anti karat agar material itu dapat bertahan lebih lama dari waktunya. Demikianlah langkah-langkah untuk merawat carport rumah Anda, semoga berguna.