Tahun Ini, Trafik Lebaran Diprediksi Meningkat

Ruas Tol Tangerang-Merak

Senin, 21/07/2014
NERACA Tangerang - PT Marga Mandalasakti, anak usaha PT Astra Internasional Tbk yang bergerak di bisnis jalan tol, memperkirakan trafik lebaran 2014 yang melewati ruas tol Tangerang-Merak meningkat enam persen atau mencapai 1,64 juta kendaraan dibandingkan pada 2013 yang sebanyak 1,56 juta kendaraan. Sementara puncak arus mudik lebaran diprediksi terjadi pada H-3 atau sebesar 130,5 ribu kendaraan dan puncak arus balik pada H+5 atau mencapai 123,3 ribu kendaraan.

Terkait dengan terjadinya peningkatan trafik, MMS telah meningkatkan layanan kepada pengguna jalan dibandingkan dengan lebaran 2013 baik kondisi jalan, gerbang, personal, maupun kendaraan pendukung. Direktur Operasi dan Teknik MMS, Sunarto Sastrowiyoto mengungkapkan, lebaran tahun ini pengguna jalan akan menikmati jalan tiga lajur dari Cikupa sampai Balaraja Barat maupun sebaliknya, sepanjang 15 kilometer serta tambahan gardu transaksi di Serang Timur dan Balaraja Barat.

“Untuk kendaraan operasional dan jumlah personil juga kami tambah. Misalnya, personel di gerbang tol sebanyak 340 orang, sedangkan pada saat normal 324 orang. Kemudian pada tahun ini kami mulai mengoperasikan 2 unit gendong/angkut melengkapi 10 unit kendaraan derek yang dimiliki MMS,” ujar Sunarto di Tangerang, Banten, Sabtu (19/7) pekan lalu.

Kemudian Penerangan Jalan Umum (PJU), MMS menambah satu lokasi lagi pada 2014 dari semula terdapat tiga lokasi, serta kamera CCTV ditambah 11 unit baru sehingga total terdapat 25 unit sehingga memudahkan bagi kita memonitor kondisi jalan. Sunarto juga menjelaskan, pihaknya terus meningkatkan kemampuan personal untuk transaksi gardu tol sekitar 5 - 11 detik per kendaraan, sedangkan untuk respon terbaik penanganan darurat 12 menit untuk mencapai lokasi, sedangkan target 20 menit.

Dia mengatakan, MMS juga telah melakukan penambalan (patching) lubang, terutama di lokasi yang usia betonnya sudah hampir habis, diluar program rehabilitasi yang diselesaikan pada tahun lalu. “Kami juga berkerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia akan melaksanakan penertiban angkutan bus terutama di Serang Timur dan Cilegon Timur dalam rangka meningkatkan akses,” tandasnya

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Operasi MMS, Ega N Boga menambahkan, perseroan telah meluncurkan kampanye keselamatan lalu lintas dengan tema "Ayo Mudik Lancar, Aman, dan Nyaman di Tol Tangerang – Merak” di mana kampanye tersebut merupakan bagian dari program "Ayo Aman Berlalu Lintas" PT Astra International Tbk selaku pemegang saham mayoritas MMS.

Ega menuturkan, pada area kampanye tersebut juga disediakan uji emisi gratis dari AstraWorld dan Auto 2000 untuk 100 kendaraan, serta berkerjasama dengan Metropolitan Express Company Ltd (Shutoko) menyelenggarakan program keselamatan berlalulintas "smart driver". [ardi]