Normalisasi Kali Ciliwung Capai 17% - Terhambat Pembebasan Lahan

NERACA Jakarta - Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, mengaku bila proyek normalisasi Kali Ciliwung telah mencapai 17%. "Sampai saat ini (konstruksi) sudah berjalan sekitar 17%," kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, T. Iskandar, di Jakarta, Kamis (17/7) pekan lalu. Pada akhir Juni 2014, imbuh dia, pekerjaan proyek normalisasi Kali Ciliwung yang masih terhambat pembebasan lahan milik warga ini baru mencapai 15%. Proyek yang ditargetkan selesai akhir 2016 ini sudah memulai pekerjaannya sejak Desember 2013 lalu.

Iskandar menegaskan, secara umum kendalanya masih pada pembebasan lahan milik warga, sehingga pekerjaan hanya pada lahan milik pemerintah dan pengembang. "Lahan pengembang dan pemerintah ada sekitar empat kilometer di Kebun Baru, Casablanka, Tebet, Kalibata, dan Condet," ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa di Tebet, tepatnya jembatan layang yang menghubungkan Kampung Melayu dengan Tebet, pengerjaan sudah memasuki pengerukan dan pemasangan turap. "Di daerah Condet, tepatnya Rindam Jaya, sudah ada pengerukan dan pelebaran. Sedangkan di Pengadegan, Kalibata, alat-alat sudah masuk dan mulai bekerja," jelas Iskandar.

Adapun di lahan milik warga dari pintu air Manggarai hingga ruas Tol TB Simatupang sedang dilakukan sosialisasi peta bidang dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dilakukan pembebasan lahan. "Daerah Kampung Pulo itu sudah dipatok. Jadi tinggal tunggu kesepakatan warga dengan Pemprov DKI Jakarta untuk penggantian lahannya," akunya.

Proyek Normalisasi Kali Ciliwung sepanjang 19 kilometer ini menghabiskan dana sebesar Rp1,25 triliun dan terbagi dalam empat paket yakni paket I sepanjang 4,89 kilometer (Manggarai-Jembatan Kampung Melayu). Kemudian, paket II sepanjang 6,61 kilometer, dari Jembatan Kampung Melayu sampai Jembatan Kalibata. Paket III sepanjang 6,49 kilometer, dari Jembatan Kalibata sampai Jembatan Satu Condet. Terakhir, paket IV sepanjang 6,18 kilometer, dari Jembatan Satu Condet sampai Jembatan Tol JORR TB Simatupang. Proyek tersebut merupakan salah satu langkah dari sejumlah kegiatan untuk pengendalian banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Sejumlah langkah itu antara lain, normalisasi Kali Sunter, Pesanggrahan, dan Angke yang menghabiskan anggaran Rp237 miliar serta pembangunan Sudetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur dengan alokasi dana Rp492 miliar. [ardi]

BERITA TERKAIT

Saham IPO ZINC Oversubscribed 500 Kali

Kantungi dana segar hasil peawaran umum saham perdan atau initial public offering (IPO), PT Kapuas Prima Coal Tbk (ZINC) menyiapkan…

Deltamas Bukukan Penjualan Rp 811 Miliar - Permintaan Lahan Meningkat

NERACA Jakarta – Perusahaan pengembang kawasan industri, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) mencatatkan penambahan marketing sales sepanjang sembilan bulan pertama…

Total Emisi Obligasi Capai Rp 110,74 Triliun

NERACA Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat total emisi obligasi dan sukuk sepanjang 2017 mencapai Rp110,74 triliun. Angka…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Pengaruh Pilkada 2018 ke Ekonomi

  NERACA   Jakarta - Lembaga riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menyoroti pengaruh pemilu kepala daerah…

Negara Berkembang Paling Pesat Pertumbuhan Belanja Online

    NERACA   Jakarta - Survei terbaru Mastercard menyebutkan, pertumbuhan aktivitas belanja melalui gawai (smartphone) atau "mobile shopping" berkembang…

Blended Finance Dikaji untuk Biayai Infrastruktur

  NEACA   Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah tengah mengkaji skema "blended finance" agar…