Cemilan Berbahan Baku Durian

NERACA. Buah durian memang telah memiliki kekhasannya sendiri. Rasanya yang harum dan dapat tersebar kemana-mana merupakan ciri khas dari durian. Durian memang sangat enak untuk dinikmati apalagi yang matangnya jatuh dari pohon langsung. Tidak bisa kebayang bukan, rasanya yang lezat dan legit dilidah dan menempel dilangit-langit tenggorokan, menambah mantapnya buah durian.

Buah durian ternyata bukan saja enak disantap bulat-bulat, akan tetapi durian juga bisa dibuat olahan lain seperti cemilan atau makanan. Aroma rasa yang kencang dari durian membuat rasa durian lebih mendominasi masakan/makanan yang menggunakan bahan baku dari buah durian. Rasa yang menggugah selera inilah yang membuat durian sering digunakan sebagai bahan tambahan rasa pada pembuatan kue atau makanan/masakan sehingga kue itu menjadi lebih enak rasanya.

Seperti pembuatan bahan makanan berupa dodol durian merupakan olahan buah durian menjadi sebuah makanan yang bermutu dan ekonomis. Buah durian yang selama ini hanya dimakan bulat-bulat kini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang bermutu atau campuran bahan masakan sebagai tambahan rasa. Dan memilki harga ekonomis yang mendatangkan peluang bisnis dan keuntungan. ”Selain durian bulat, kami juga menyajikan makanan ringan/cemilan yang berbahan dasar durian yang kami olah sendiri menjadi sebuah produk dari handmade kami sendiri,” jelas Alan, kepala toko Rumah Durian Harum.

Berbagai macam jenis olahan makanan ringan dibuat langsung oleh para pekerja di toko demi memperluas ekspansi pasar. Tetapi tidak meninggalkan akar rumput sebagai toko yang menyediakan buah durian dengan tetap menggunakan bahan dasar durian sebagai produknya. Diantaranya, keripik durian, es krim durian , dodol durian dan sebagainya.

Jadi dari sisi lain, toko tersebut memiliki pengembangan bisnis atau inovasi untuk memajukan usaha yang mereka kelola. Seperti pembuatan dodol durian yang mereka buat sendiri dari buah durian yang mereka miliki dari stok cadangan yang berlebih. Rasa dodol durian yang nikmat begitu mengundang selera dan dari segi harga sangat ekonomis. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 19.500, ada juga Rp. 13.500 dan juga ada yang harganya mencapai Rp. 28.000. Jadi harga sesuai dengan ukuran dan bentuk dodol durian itu sendiri

Selain itu, ada juga makanan olahan selain dodol seperti es krim durian yang ditawarkan mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 18.000. Bahkan ada yang mencapai Rp. 45.000 sesuai dengan besar kecil ukuran dari menu es krim itu sendiri. Kebayang bukan, bagaimana nikmatnya es krim tersebut apalagi harga cukup terjangkau dan kualitas tidak diragukan lagi karena benar-benar menggunakan bahan dasar buah durian asli.

Memang saat ini tidak bisa dipungkiri, banyaknya pemalsuan zat pewarna dan bumbu rasa yang menggunakan bahan kimia sintetis yang membahayakan kesehatan tubuh, sedikit membuat kita lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Hal ini, tentu tidak terjadi pada toko yang memang menyediakan buah durian sebagai bisnis penjualan utamanya. Kualitas yang terjamin dan bahan dasar yang bermutu serta harga yang ekonomis sangat kompetitif sekali dalam peningkatan kemajuan bisnis.

Jadi, cemilan berbahan baku durian sangat beragam dan sesuai kreatifitas yang dimiliki para pengusaha untuk menampilkan dan mengolah durian menjadi sebuah panganan yang memiliki nilai ekonomis dan nikmat dilidah. Tentunya kemasan pun turut mempengaruhi nilai suatu produk, tetapi yang utama adalah kualitas rasa dan higienis. Itulah yang mendatangkan keuntungan yang ekonomis dan bisa diterima oleh para konsumennya dengan tenang karena ke aslian produknya tersebut.

Related posts