Pelatihan CSR Kepada Toko Kelontong

NERACA- Maraknya perusahaan ritel yang berkembang di tengah masyarakat, menjadikan kemudahan berbelanja bagi masyarakat yang berada dekat dengan perusahaan ritel tersebut.

Ritel sendiri merupakan bentuk pemasaran produk kecil, khususnya yang diperuntukan bagi masyarakat kelas kecil. Ritel sendiri dapat menjadi salah satu instrument yang penting dalam menjalankan dan menggiatkan ekonomi kecil dan menengah. Dalam bisnis ritel, tidak memerlukan modal yang terlau besar, ritel juga menjadi salah satu sarana untuk mendukung perbaikan ekonomi rakyat kecil.

Menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan tentunya berlaku bagi semua jenis perusahaan, terutama bagi perusahaan yang memiliki hubungan langsung dengan para konsumen, contohnya adalah perusahaan ritel. Sebagai perusahaan yang terus memberikan layanan kebutuhan barang bagi masyarakat, sudah seharusnya perusahaan ritel tetap memegang konsistensi mereka di mata konsumen setianya.

Sejumlah perusahaan ritel telah lama menggiatkan aktivitas tanggung jawab sosial perusahaannya sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab terhadap masyarakat selama ini. Misalnya, yang sering dilakukan adalah dengan menyalurkan dana bantuan pendidikan kepada siswa yang membutuhkan, seperti untuk perbaikan sekolah, penyediaan fasilitas sekolah, pemberian bantuan pendidikan berupa computer, program peningkatan pembelajaran seperti bi,bingan belajar, cerdas cermat, dan kompetisi antar. Contoh lain yang dapat juga dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan manajemen ritel yang baik kepada pengusaha kecil toko kelontong.

Program tersebut merupakan bentuk community development yang dikembangkan untuk menjalin hubungan baik terhadap usaha kecil toko kelontong.Menurut Solihin, yang merupakan Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, program tersebut lebih mengedepankan aspek pemberdayaan. Yaitu memberikan pelatihan manajemen wirausaha ritel yang baik dari keuangannya hingga operasional.

Ia menambahkan, program tersebut adalah keinginan perusahaan agar pebisnis UKM toko kelontong juga bisa merasakan manfaat kehadiran perusahaannya. "Kita ingin melihat mereka bukan sebagai pesaing, tetapi mitra," ujarnya. Oleh karenanya, pihaknya berkeinginan jaringan ritel Alfamart dan UKM toko kelontong di luar jaringan Alfamart dapat maju dan berkembang bersama. Yaitu dengan transfer ilmu yang telah dimiliki sehingga dapat meningkatkan profesionalisme para peritel tradisional tersebut.

Dengan begitu, toko kelontong yang dikelola oleh masyarakat dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan oleh perusahaan ritel tersebut, yang dapat digunakan untuk membangnun dan mengatur toko kelontongnya agar lebih baik.

BERITA TERKAIT

Selamatkan Teluk Jakarta - Ancol Jernihkan Air Laut Lewat Restorasi Kerang Hijau

Isu lingkungan yakni pencemaran air laut dari sampah plastik masih menjadi perhatian besar karena Indonesia menjadi negara peringkat kedua dengan…

Indocement Bantu Masyarakat Atasi Krisis Air Bersih

Air menjadi sumber kebutuhan hidup manusia, namun tidak semua masyakat Indonesia memiliki sumber akses air yang layak dan bahkan masih…

IndiHome Digital Learning - Telkom Fasilitasi Pemerataan Kualitas Pendidikan di Papua

Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam pemerataan pendidikan di Indonesia, khususnya bagi milenial Papua. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk…

BERITA LAINNYA DI CSR

Menjaga Eksistensi Warisan Nenek Moyang - Festival Pesona Lokal Membawa Cerita di Masa Kecil

Bandung Paris Van Java atau Paris dari Jawa adalah sebutan yang tidak asing lagi untuk menggambarkan kota Bandung yang terkenal…

Peduli Budaya Suku Pedalaman - Menteri BUMN Berikan Bantun Peletarian Suku Badui

Pesatnya dan majunya perkembangan zaman, tidak membuat eksistensi suku Badui sebagai suku terdalam di Lebak, Banten ikut punah. Bahkan sebaliknya,…

Bank Muamalat dan BMM Renovasi Rumah Warga Sukabumi

Rumah sebagai tempat tinggal atau berlindung merupakan kebutuhan pokok dari masyarakat, namun seiring dengan membengkaknya harga tanah tiap tahunnya membuat…