Menapaki Masjid-masjid Berkubah Emas

Pilihan Berwisata Ramadhan

Sabtu, 19/07/2014

Saat Ramadhan tiba, umat muslim diseluruh belahan dunia akan berlomba-lomba untuk beribadah. Pahala beribadah pun dilipatkan dibulan yang penuh berkah ini, namun tidak hanya itu saja. Mendatangi beberapa masjid yang memiliki sejarah menarik mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik dalam berwisata dibulan Ramadhan. Terutama dalam meningkatkan keimanan dibulan puasa ini. Dibawah ini beberapa masjid yang memiliki keunikan, yaitu kubah masjidnya yang terbuat dari emas yang mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata.

Masjid Jame’ Asratau Masjid Bandar Seri Begawan di Brune

Masjid ini merupakan bagian dari kompleks Istana Bolkiah, didirikan pada pertengahan 1980-an untuk memperingati 25 tahun Sultan Hassanal Bolkiah berkuasa. Memiliki 29 kubah yang terbuat dari emas murni 24 karat. Melalui menara ini, pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar masjid dan juga pemandangan Bandar Seri Begawan dan Kampong Ayer.

Masjid Al-Askari di Samarra, Irak

Masjid Al-Askari merupakan masjid Syiah yang di bangun pada 944 M. Masjid ini terletak di kota Samarra, Irak. Namun sayangnya masjid ini hancur pada bulan Februari 2006 akibat invasi Amerika Serikat ke Irak beberapa tahun lalu.

Masjid Qubbah As Sakhrah di Yerusalem, Palestina

Masjid Qubbah As Sakhrah atau di kenal dengan 'Dome of the Rock' dibangun pada sekitar 690 M oleh Abdul Malik bin Marwan yang merupakan salah satu raja dalam bani Umayah dan kemudian diikuti dengan pembangunan Masjidil Aqsha yang selesai pada tahun 710M. Masjid ini dahulunya, mungkin juga sampai sekarang dianggap sebagai masjid Al Aqsha. Klarifikasi hal ini dapat di lihat pada blog Harry Sufehmi. Sebagian orang juga menganggap bangunan ini bukanlah masjid melainkan hanya tumpukan batu besar.

Masjid Suneri, Lahore, Pakistan

Masjid Suneri memiliki tiga kubah emas. Satu kubah utama, dua lainnya di sisi kanan dan kiri. Masjid ini didirikan oleh Nawab Syed Bhikari Khan, anak Wakil Gubernur Lahore pada tahun 1753 M.

Masjid Sultan Singapura

Pada 1928, begitu mendapat uang dari Kongsi Dagang Inggris sebanyak SGD 3000, Sultan Singapura langsung merenovasi sebuah masjid yang ada di kawasan Little India. Perubahan antara lain juga dengan mengganti kubah lama dengan kubah emas.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin Brunei

Brunei memiliki dua masjid yang berkubah emas. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah yang didirikan pertama kali. Mulai digunakan tahun 1958, masjid ini terletak di tengah danau buatan yang bersih. Kubahnya terbuat dari emas 24 karat. Biaya pembangunannya menghabiskan US$5 juta. Pada zamannya, Masjid Sultan Omar Ali diperhitungkan sebagai salah satu bangunan terindah di dunia.

Masjid Dian Al Mahri di Depok, Indonesia

Masjid dengan kubah emas yang terbaru adalah Masjid Dian Al Mahri yang letaknya di Depok, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Meruyung, Kelurahan Limo, Kecamatan Cinere, Depok. Masjid ini mulai di bangun pada tahun 1999, dan di resmikan pada bulan April 2006. Masjid ini merupakan milik pribadi dari Hajjah (Hj) Dian Djurian Maimun Al-Rasyid,seorang pengusaha dari Serang, Banten dan pemilik Islamic Center Yayasan Dian Al-Mahri.