Produksi 8,5 juta Kubik Gas Perhari - Blok Malacca Milik Energi Sudah Berproduksi

NERACA

Jakarta – Perusahaan minyak dan gas (migas), PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) melaporkan bahwa Blok Malacca Strait Psc yang dimiliki 60,49% dan dioperasikan oleh perseroan, telah memulai produksi gasnya secara komersial sebesar 8,5 juta kaki kubik gas per hari kepada Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako-PT Pertamina Hulu Energi. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Direktur PT Energi Mega Persada Tbk, Didit Agnipinanto mengatakan,  volume gas tersebut diproduksi di lapangan gas Kuat dan dijual dengan harga US$8,00/mmbtu, dengan eskalasi sebesar 3% per tahun dari Juli 2014 sampai Agustus 2020.

BOB menggunakan pasokan gas tersebut untuk keperluan bahan bakar pembangkit tenaga listriknya untuk keperluan lifting minyak. Pada kuartal pertama 2014, Blok Malacca Strait telah memproduksi 3.288 barrel minyak per hari. Tambahan produksi gas dari lapangan Kuat tersebut diharapkan akan memberi dampak positif terhadap kinerja keuangan pada semester kedua tahun ini.

Perseroan tahun lalu mencatatkan penjualan besih sebesar US$807 juta, naik 23% dari tahun sebelumnya. Sementara EBITDA yang dicatatkan perseroan naik 35% menjadi sebesar US$462 pada tahun 2013. Informasi ini disampaikan manajemen perseroan dalam keterangan resminya di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Disebutkan, peningkatan penjualan dan EBITDA yang masing-masing tercatat sebesar 23% dan 35% dari tahun sebelumnya didorong oleh dua faktor utama. Pertama, peningkatan produksi migas dari blok Kangean PSC (Jawa Timur), ONWJ PSC (Jawa Barat) Bentu PSC (Riau, Sumatera), dan Tonga PSC (Sumatera Utara). Dan yang kedua, kenaikan rata-rata harga jual gas dari aset-aset perseroan.

Adapun fokus perseroan saat ini adalah untuk meningkatkan kinerja dari blok-blok yang telah berproduksi dan mengembangkan aset gas yang baru saja diakuisisi di Mozambique, Afrika yaitu Buzi EPCC. Pada periode yang sama, dalam laporan keuangan konsolidasi perseroan, laba bersih yang dicatatkan sebesar US$170 juta.

Kenaikan laba bersih perseroan disebabkan peningkatan penghasilan yang didukung dari penjualan 10% kepemilikan perseroan di blok Masela PSC (Lautan Arafura). Pihaknya mencatat, pada Januai 2014, perseroan mengeluarkan biaya untuk kegiatan eksplorasi sekitar US$9,80 juta. Kegiatan eksplorasi dilakukan di dua wilayah yaitu Blok Bentu PSC, dan Blok Malacca Strait PSC, Riau.

Sementara total biaya yang dikeluarkan perseroan untuk pengeboran sumur gas pengembangan segat-6 di Blok Bentu PSC sebesar US$3,88 juta. Adapun pihak yang melakukan eksplorasi di blok tersebut yaitu EMP Bentu Limited (anak usaha perseroan.  Sementara untuk kegiatan eksplorasi di Blok Malacca Strait PSC, menghabiskan dana sebesar US$5,91 juta. Dana tersebut antara lain digunakan untuk pengeboran sumur minyak pengembangan MSDC-16. Adapun pihak yang melakukan eksplorasi yaitu EMP Malacca Strait.

Untuk mendukung kinerjanya, perseroan mengantongi dana pinjaman senilai US$ 90 juta seiring ditandatanganinya perjanjian pinjaman dengan Bank of New York Mellon cabang Singapura. Untuk pinjaman berdenominasi dolar ini perseroan menyebutkan telah menjaminkan sejumlah asetnya. (bani)

BERITA TERKAIT

Summarecon Crown Gading - Primadona Properti di Utara Timur Jakarta

Summarecon Crown Gading yang merupakan kawasan terbaru Summarecon yang di Utara Timur Jakarta, kini semakin berkembang. Saat ini sedang berlangsung…

Pertumbuhan Logistik Tembus 8% - CKB Logistics Optimalkan Bisnis Lewat Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis…

Mitra Investindo Catat Laba Meningkat 212%

NERACA Jakarta - Perusahaan jasa pelayaran dan logistik PT Mitra Investindo Tbk (MITI) membukukan laba bersih yang meningkat signifikan 212% year…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Pertumbuhan Logistik Tembus 8% - CKB Logistics Optimalkan Bisnis Lewat Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis…

Mitra Investindo Catat Laba Meningkat 212%

NERACA Jakarta - Perusahaan jasa pelayaran dan logistik PT Mitra Investindo Tbk (MITI) membukukan laba bersih yang meningkat signifikan 212% year…

Metropolitan Land Raup Laba Bersih Rp417,6 Miliar

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) membukukan laba bersih Rp417,6 miliar pada tahun 2023 atau tumbuh…