Meraup Keuntungan, dari Momentum Lebaran

Momentum lebaran merupakan saat-saat yang dinantikan setiap muslim di seluruh dunia, begitu pun di tanah air. Perayaan lebaran dan hadirnya bulan suci ramadhan sebagai awalannya, memberikan berbagai peluang usaha yang menjajikan.

Neraca. Menyambut hari lebaran, terasa semakin meriah dengan munculnya berbagaipeluang bisnismenjelang hari lebaran. Baik peluang bisnis yang memang sudah ada tiap harinya maupun peluangbisnis musimanyang sengaja menggunakanmomentlebaran untuk memperoleh untung. Bisnis musiman ini biasanya mulai bermunculan satu bulan menjelang lebaran. Dari mulaibisnis makanan,bisnis pakaian, bisnis perlengkapan ibadah, bisnis parcel, hingga beberapa bisnis jasa dapat dijadikan sebagai peluang besar untuk meraih untung diharilebaran.

Laras Grahita pemilik Laras Cake, mengaku selama menjelang lebaran usaha kue yang telah digelutinya sejak dua tahun silam ini kerap kebanjiran pesanan, alhasil moment lebaran menuai rejeki berlimpah untuk usaha dara berusia 26 tahun ini. Laras menuturkan pada momentum lebaran umunya permintaan kue kering yang kerap selalu menjadi unggulan, sementara untuk produk kue yang lainnya kurang begitu diminati konsumen.

Laras mengaku memulai usaha dari mencuri momentum ramadhan dan lebaran, dua tahun lalu laras dan sang bunda menerima pesanan dari rekan sekerjanya, tidak tangung-tangung, pesanannya mencapai 200 toples kue kering pada saat itu. Bermodalkan uang satu juta rupiah, laras meraup keuntungan dua kali lipat dari modal yang dikeluarkan. Sejak saat itulah, Laras melihat celah bisnis ini sebagai suatu yang menjanjikan. Laras mengatakan setiap menjelang lebaran, usaha kuenya bisa membukukan keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

Berbagai ragam jenis usaha dapat menjadi acuan bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha, bulan ramadhan dan saat-saat menjelang lebaran bisa menjadi momentum bagi yang ingin memulai bisnis sebagai pebisnis musiman, namun jangan dulu memandang bisnis musiman ini sebelah mata, banyak pelaku bisnis musiman khususnya menjelang ramadhan mampu meraup keuntungan yang berlimpah.

Bagi Anda yang ingin mencobasemarak bisnis lebaran, berikut kami berikan informasi mengenai beberapaide bisnisyang dapat dijalankan menjelang lebaran :

1.Bisniskue keringlebaran

Salah satu bisnis yang dapat menghasilkan untung berlipat dimomen lebaran adalah bisnis kue kering lebaran. Karena hampir semua orang membutuhkan kue kering untuk dijadikan suguhan pada hari lebaran, kebutuhan konsumen akan kue kering dapat meningkat tajam dibandingkan hari – hari biasa. Hal itu dapat dijadikan sebagai peluang untuk ikut meramaikan bisnis lebaran. Bagi ibu rumah tangga yang hobi membuat kue, bisnis ini tidak sulit untuk dijalankan.

2. Bisnis parcel lebaran

Bisnis lain yang ikut meramaikan bisnis lebaran yaitu bisnis parcel lebaran. Adanya budaya mengirimkan parcel kepada para kerabat, dapat dijadikan peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Dari mulai parcel berisi makanan, hingga parcel yang berisi perabotan rumah tangga dapat dijadikan sebagai tawaran paket parcel yang diminati para konsumen. Dengan bermodalkan ketrampilan menghias bingkisan parsel, Anda dapat memperoleh omset hingga jutaan rupiah dari bisnis parcel lebaran.

3. Bisnisbusana lebaran

Selain budaya saling mengirimkan parsel kepada para kerabat dihari lebaran, budaya yang tidak pernah ditinggalkan masyarakat menjelang lebaran adalah membeli busana lebaran. Setiap menjelang lebaran hampir semua bisnis pakaian selalu penuh dengan pembeli serta kebanjiran permintaan pesanan dari para agen. Permintaan yang meningkat tajam biasanya order untuk bisnis baju muslim. Dari mulai baju muslim yang belum memiliki brand hingga baju muslim yang telah memiliki merek terkenal banyak dicari oleh para konsumen. Cara untuk menjalankan bisnis tersebut dengan modal kecil, dapat dicoba dengan menjadi reseller atau agen produk baju muslim yang telah memiliki brand.

4. Bisnis jasapenjualan tiket

Bisnis jasa penjualan tiket juga memperoleh dampak positif dari perayaan lebaran. Mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga dihari lebaran, sudah menjadi kebiasaan utamabagi masyarakat di Indonesia. Maka tak heran jika penjualan tiket baik tiket pesawat, tiket bus, tiket kereta api, hingga tiket kapal menjadi buruan warga menjelang hari lebaran. Karena tidak mau kehabisan tiket, banyak konsumen yang lebih memilih memesan tiket yang dibutuhkan melalui agen penjualan tiket.

5. Bisnis jasarental mobildihari lebaran

Selain kendaraan umun, ternyata mobil pribadi yang disediakan jasa rental mobil banyak diminati para masyarakat yang telah berkeluarga dan hanya menempuh perjalanan yang tidak terlalu jauh. Dengan transportasi mobil rental lebih efektif dan efisien bagi keluarga, jika dibandingkan dengan menggunakan tranportasi umum. Bagi Anda yang memiliki investasi mobil, dapat mencoba peluang bisnis tersebut untuk meraih untung di bulan lebaran. Namun jangan asal ingin meraih untung saja, perhatikan pula prosedur adminstrasi yang digunakan bisnis rental mobil agar keamanan kendaraan yang dibawa konsumen tetap terjamin.

6. Bisnis jasa penitipan hewan peliharaan

Ide bisnis yang berikutnya adalah jasa penitipan hewan peliharaan. Banyaknya masyarakat yang memelihara hewan, dan tidak dapat membawanya saat mudik. Membutuhkan adanya tempat penitipan hewan yang dapat menjaga hewan peliharaan selama ditinggal mudik pemiliknya. Jika Anda memiliki kecintaan terhadap hewan serta ketrampilan dalam merawat hewan, bisnis jasa penitipan hewan peliharaan dapat dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis di hari lebaran.

7. Bisnis jasa penitipan sepeda motor

Selain penitipan hewan peliharaan, bisnis penitipan sepeda motor juga banyak dicari masyarakat mejelang mudik lebaran. Para pendatang dari luar daerah biasa meninggalkan kendaraan bermotornya, dan lebih memilih mudik dengan menggunakan transportasi umum karena jarak tempuh perjalanan yang cukup jauh. Jika Anda memiliki tempat yang cukup luas, bisnis penitipan motor dapat dijadikan sebagaibisnis sampingandi hari lebaran.

Semoga dengan adanya beberapa ide bisnis jelang lebaran, dapat menginspirasi Anda untuk mencoba menjalankan usaha. Salam sukses.

Related posts