Menata Ulang Ruang Keluarga Jelang Lebaran

Sabtu, 12/07/2014

Menjelang Lebaran, segala upaya akan dilakukan banyak keluarga agar hunian mereka tampil beda. Salah satunya adalah ruang keluarga. Maklum, ruang keluarga merupakan ruangan terpenting dalam sebuah hunian. Karena di ruangan inilah menjadi tempat berkumpul dan beraktivitas sebuah keluarga. Karena itu, merombak ruang keluarga agar selalu fresh akan menjadi pilihan bijak.

Intinya, pilihlah perabotan sesuai kegunaan ruangan, mulai dari sofa, bangku, meja kopi, meja samping, lampu duduk, lampu standar, karpet, tirai, dan lain sebagainya. Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah kita (pemilik rumah) tahu apa tujuan yang ingin dicapai untuk sebuah ruang keluarga.

Soal itu, ada pertanyaan yang menyeruak dan akan sangat membantu Anda untuk menemukan karakter sebuah ruangan keluarga yang Anda inginkan. Pertama, perlukah ada ruang keluarga? Kedua, suasana ruang keluarga seperti apa yang diinginkan?

Ketiga, seberapa sering Anda bersama keluarga? Keempat, apakah ruang keluarga yang ingin Anda buat juga akan dipakai sebagai ruang bermain anak? Terakhir, perlukah perangkat elektronik di ruang keluarga tersebut?

Nah, jika kelima pertanyaan ini sudah Anda ketahui jawabannya Anda bisa memulai menata ulang ruang keluarga. Yang terpenting adalah keserasian pilihan antara meja, karpet, tirai jendela, dan sistem pencahayaan yang ada. Agar lebih jelas lagi, berikut beberapa hal untuk mensiasati masalah-masalah tersebut.

Pertama mengenai masalah meja. Standar tinggi meja ruang tamu atau lebih akrab dengan sebutan meja kopi, sebaiknya berukuran antara 30 - 50 cm. Makin rendah maka akan terlihat semakin modern. Sementara itu, urusan panjang meja yang ideal adalah 1/2 - 2/3 dari panjang sofa.

Kemudian masalah alas (karpet). Karpet di ruang keluarga memang menjadi hal yang sangat menarik untuk dibahas. Pasalnya, penggunaan karpet ini selain memberikan kenyamanan juga dapat memberi kesan mewah pada ruangan.

Nah, untuk penggunaan karpet di ruang keluarga, sebaiknya hindari penggunaan karpet yang panjangnya dapat memenuhi seluruh ruangan. Apalagi jika ruangankeluarga tersebut berukuran kecil, baiknya sesuaikan ukuran karpet dengan ukuran ruangan.

Ketiga pemanis jendela atau gorden. Tirai jendela atau dapat memberikan kesegaran tersendiri bagi mata yang memandangnya. Untuk rumah mungil dengan ruang terbatas, gunakan gorden dengan model rollerkarena model ini dapat memberikan kesan lebih rapi dan praktis. Selain itu, cahaya juga akan dengan mudah masuk ke ruangan dengan penggunaan jenis gorden ini.

Terakhir adalah membuat sistem pencahayaan ruangan yang baik. Meski terlihat simpel, jangan main-main soal pencahayaan ruangan. Karena pencahayaan yang salah dapat menimbulkan sesak ketika berada di ruangan. Nah, untuk memberikan efek cahaya simetris pada ruang keluarga adalah dengan menempatkan lampu meja di satu atau kedua ujung sofa di atas meja sisi atau di belakang sofa.