Pemerintah Apresiasi Minat Mudik Gratis - Jasa Transportasi

NERACA

Jakarta – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan mengapresiasi program mudik gratis pengguna sepeda motor dengan moda transportasi kapal laut ternyata memiliki banyak peminat sehingga kuota yang ada juga telah terpenuhi.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub JA Barata dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta menjelaskan, kuota yang terpenuhi itu menunjukkan minat dan kepedulian masyarakat yang tinggi untuk turut mengurangi kemacetan lalu lintas. Dia mengatakan, selain alasan keamanan, program mudik gratis bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor juga untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan yang kerap dilewati pemudik seperti Pantura.

Data Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub menyebut, untuk pemberangkatan mudik gratis dengan kapal rute Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, akan diberangkatan dalam dua tahap yaitu pemberangkatan tanggal 24 dan 26 Juli 2014.

Hingga dengan Senin (7/7) untuk keberangkatan arus mudik, kuota yang tersedia telah terpenuhi. Untuk keberangkatan 24 Juli 2014 akan diberangkatkan sebanyak 1.250 sepeda motor dengan 2.550 orang penumpang. Sedangkan untuk pemberangkatan 26 Juli 2014, akan diberangkatkan sebanyak 1.250 sepeda motor dan 2.757 orang penumpang.

Lalu untuk arus balik dengan rute Pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, juga akan diberangkatkan dalam dua tahap yaitu tanggal 2 dan 4 Agustus 2014. Sementara untuk keberangkatan 2 Agustus 2014, dari kuota yang tersedia sudah terpenuhi yaitu sebanyak 1.250 sepeda motor dengan 2.578 orang penumpang.

Adapun untuk keberangkatan tanggal 26 Juli 2014, penumpang yang telah mendaftar sebanyak 1.035 sepeda motor dan 2.039 penumpang. Untuk itu kepada para pengguna sepeda motor yang akan melakukan perjalanan kembali ke Jakarta, dihimbau untuk dapat segera mendaftar.

Sebagai catatan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga telah menambah rute Mudik Gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang Lampung pergi pulang (PP). Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang Lampung pada tanggal 26 Juli 2014 dan kembali dari Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 2 Agustus 2014.

Di samping itu, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pada angkutan Lebaran 2014/1435 H ini juga telah menyediakan angkutan sepeda motor dengan kereta api ke beberapa daerah yaitu Cirebon, Tegal dan Semarang (untuk lintas utara) dan Kutoarjo, Lempuyangan serta Solo Jebres (untuk lintas selatan). Periode angkutan motor pada arus mudik adalah pada tanggal 21 Juli 2014 (H-7) s/d 25 Juli 2014 (H-3) dan untuk Arus Balik adalah pada tanggal 1 Agustus 2014 (H+3) s/d 5 Agustus 2014 (H+7).

Seperti tak mau kalah, Ditjen Perkeretaapian menyediakan kuota pelayanan angkutan motor untuk arus mudik adalah 3150 kendaraan dan arus balik adalah 3150 kendaraan sehingga total 6300 kendaraan sepeda motor.

BERITA TERKAIT

Pemerintah dan Pelaku Usaha Harus Sinergi Amankan Harga Pangan - Jelang HBKN

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan para pelaku usaha untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan…

Pemerintah Serap Rp 6,15 Triliun dari Lelang SUN

    NERACA   Jakarta - Pemerintah hanya menyerap dana Rp6,15 triliun dari lelang lima seri Surat Utang Negara (SUN)…

Pemerintah Klaim Tenaga Kerja Asing Masih Terkendali

  NERACA   Jakarta - Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menyatakan jumlah tenaga kerja asing di Indonesia per akhir 2017…

BERITA LAINNYA DI INDUSTRI

SDM Terampil di Bidang Digital Topang Penerapan Industri 4.0

NERACA Jakarta – Sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu faktor utama dalam menopang implementasi revolusi industri keempat. Namun, SDM…

Dunia Usaha - Disiapkan, Pelatihan Implementasi Industri 4.0

NERACA Jakarta – Pemerintah tengah menyiapkan program pelatihan mengenai implementasi Industri 4.0 kepada pegawai di lingkungan pemerintahan, Badan Usaha Milik…

Industri Kecil dan Menengah - Kemenperin Pacu IKM Agar Go Global dan Go Digital

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian fokus dalam pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) karena telah lama berperan penting menopang perekonomian…