Foxconn Akan Tambah Pekerja Robot

Babak Baru Pekerja Robot

Sabtu, 12/07/2014

Zaman memang terus berkembang, dan kemajuan teknologi tidak bisa dibendung lagi. Kini setiap orang dapat menikmati teknologi dengan harga yang cukup terjangkau, kemajuan teknologi ini membuat teknologi semakin murah dan dapat membantu banyak kegiatan manusia. Teknologi canggih mungkin dulu hanya bisa kita lihat di dalam film saja saat menceritakan kehidupan di masa depan. Namun sekarang bukan lagi film, segala teknologi canggih kini benar-benar menjadi kenyataan.

Teknologi canggih ini pun yang akhirnya digunakan disegala bidang guna mempermudah kegiatan manusia. Teknologi sendiri sudah sejak lama digunakan disegala jenis bidang, dari perakitan kendaraan hingga perallatan kesehatan. Mungkin akan sulit dibayangkan bila hidup tanpa teknologi, yang terutama ialah proses komunikasi, proses komunikasi menjadi salah satu yang sangat terbantu oleh adanya teknologi.

Foxconn menjadi salah satu perusahaan yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik, foxconn dikabarkan telah menggunakan robot perakit beberapa ponsel yang bermerek Apple ini. Foxconn sendiri telah memulai menggunakan robot pada tahun 2011 lalu, saat itu ada sekitar 10 ribu unit robot yang dioperasikan untuk membatu dalam perakitan ponsel. Foxconn pun dikabarkan berencana menambah unit robotnya menjadi 1 juta pada tahun 2014 ini.

Meski dikabarkan walau baru-baru ini Foxconn telah merekrut 10 ribu karyawan baru untuk merakit iPhone 6, namun di masa mendatang akan ada 10 ribu robot Foxconn (Foxbot) yang membantu proses perakitan. Ini artinya foxconn akan memanfaatkan banyak robot untuk merakit beberapa perangkat ponsel dan berbagai gadget lainnya yang diproduksi oleh pabrik Foxconn ini.

Meski belum jelas akan menempatkan robot-robot tersebutnya dibagian produksi yang dimana, namun beberapa analis memprediksi bahwa Robot-robot tersebut akan ditempatkan langsung di jalur produksi Foxconn mengerjakan tugas-tugas rumit, karena produk-produk Mac, iPhone, dan iPad semakin hari semakin memiliki desain dan proses produksi yang cukup rumit.

Cara ini pun dilakukan oleh Foxconn karena melihat para pekerja yang terlihat stress dan mudah lelah saat mengerjakan perakitan yang semakin rumit. Dengan teknologi, semuanya memang dapat dikontrol dengan lebih mudah, seperti mengontrol standar hasil produksi gadget-gadget yang dibuat oleh robot-robot ini. Menurut beberapa sumber, Harga masing-masing robot tersebut diprediksi seharga 20 ribu hingga 25 ribu dollar AS. Direncanakan 30 ribu perangkat tiap tahunnya akan dihasilkan oleh robot-robot Foxconn.

Nantinya dengan menggunakan teknologi robot-robot Foxconn ini, maka Foxconn akan memiliki tenaga kerja yang bisa terus menerus membuat gadget-gadget Apple tanpa lelah. Robot-robot foxconn ini nantinya akan berproduksi 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Bisa dibilang robot-robot Foxconn ini sangat produktif dan sangat efektif dalam berproduksi, jadi bisa dibilang sangat menguntungkan produsen. Namun belum banyak yang mengulas, bagaimana cara perawatan robot-robot ini dan seberapa mahal perawatannya.

Robot ini pun menjadi salah satu solusi bagi produsen, terutama dalam mengatasi permasalahan-permasalahan ketenagakerjaan seperti pekerja yang tidak masuk karena sakit, mogok kerja atau demonstrasi yang bisa saja terjadi jika menggunakan pekerja manusia. Namun kerugiannya ialah, kemungkinan banyak pabrik yang nantinya akan menggunakan robot-robot, akhirnya banyak tenaga kerja manusia yang dirumahkan dan pengangguran akan melonjak.