Sean Gelael Menuju Seri Formula 3 Di Rusia

NERACA

Setelah menyelesaikan balapan di sirkuit terkenal dan bersejarah seperti Spa Francorchamps di Belgia dan Norisring di Jerman, Sean Gelael dan para pesaingnya pada ajang FIA Formula 3 Eropa, melanjutkan perjalanannya ke Rusia, untuk kembali bertarung di sirkuit baru, Moscow Raceway, pada tanggal 11-13 Juli.

Ini adalah pertama kalinya sebuah Kejuaraan Formula 3 Internasional diadakan di Rusia, dan sirkuit Moscow Raceway sendiri baru dibangun beberapa tahun yang lalu, dan mengadakan lomba pertamanya di tahun 2012.

Jadi, Sean bersama dengan Tim Jagonya Ayam with Carlin, baru akan untuk pertama kalinya mencicipi fasilitas modern ini, yang sebenarnya terletak 120 km arah barat kota Moscow.

Meskipun demikian, saat mobil-mobil balap formula 3 ini berada di lintasan pada hari Jumat untuk melakukan latihan bebas, tim dan para pebalap sebenarnya sudah memiliki pengetahuan yang cukup tentang layout lintasan dan tantangan-tantangan apa yang akan muncul nantinya.

Tim Carlin sudah pernah berada di Moscow Raceway, diwakili oleh Tim World Series by Renault mereka, yang walaupun kendaraannya tidak serupa dengan kendaraan Dallara Volkswagen milik Sean, tetapi informasi yang sudah dikumpulkan tentu akan sangat berguna.

Selain itu, beberapa rekan Sean di Carlin juga sudah pernah bertanding di sirkuit ini pada ajang Formula Renault 2.0 Eurocup.

“Apa yang biasanya kita lakukan dalam sebuah pertandingan tidak akan berbeda dengan di Moscow Raceway. Kami sudah memiliki dasar yang kuat tentang setingan mobil, jadi kita akan mulai dengan itu dan melihat bagaimana hasilnya,” tutur engineer Sean, Jose Lopez Garcia.

Kami memiliki banyak video tentang lintasan ini dari seri-seri balapan yang lain, termasuk dari tim World Series by Renault kami. Pebalap-pebalap lainnya dalam tim kami juga sudah pernah bertanding di lintasan ini, jadi mereka akan mampu memberikan tips-tips yang bermanfaat. Dan tentu saja kami akan memastikan para pebalap kami melakukan banyak putaran melalui latihan mempergunakan simulator.

Tidak hanya seperti sebuah permainan komputer, simulator adalah alat canggih yang sangat membantu para pebalap untuk mempelajari lintasan dengan menggunakan mobil Formula 3 virtual, walaupun tidak akan pernah bisa benar-benar sama dengan kondisi lintasan ataupun cuaca yang harus dihadapi pada keadaan sebenarnya.

Dengan pencapaian terbaiknya di Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa, saat finish ke enam di Norisring, tentu saja Sean akan datang ke Moscow Raceway dengan kepercayaan diri tinggi. Dan seluruh persiapan yang dilakukan oleh Tim Jagonya Ayam with Carlin harus dapat membuktikannya.

BERITA TERKAIT

Inklusi Kesadaran Pajak, Menuju Negara Mandiri Finansial

Oleh: Dewi Damayanti, KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua DJP *) Pajak sebagai tulang punggung pembangunan menyimpan masalah krusial yang…

Menuju Persaingan Sempurna Industri Semen

Oleh: Achmad Zaenal M  Untung besar yang dinikmati segelintir industri semen selama puluhan tahun tampaknya bakal berakhir bersamaan dengan hadirnya…

Urgensi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih

Oleh: Gema Otheliansyah, KPPN Lubuk Linggau, Ditjen Perbendaharaan *) Tingginya tuntutan masyarakat akan terwujudnya birokrasi yang transparan, akuntabilitas, bebas dari korupsi  dan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Wuling Sebut Suku Cadangnya Lebih Murah 20% dari Kompetitor

PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) mengklaim harga suku cadang produk mereka lebih murah 20 persen dibandingkan dengan rata-rata harga…

BMW Rakitan Lokal Mendominasi 80 Persen Penjualan

Sebesar 80 persen penjualan BMW Group Indonesia disumbang dari produk-produk yang mereka hasilkan dari pabrik perakitan BMW di Indonesia. Vice…

Mitsubishi Jamin Suku Cadang Xpander Aman

Laris manis di pasaran sejak diluncurkan pada Agustus, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, mengatakan saat…