Kiat Memasarkan Usaha Cemilan

Jelang Lebaran

Sabtu, 05/07/2014

Meski terkesan simpel, mengembangkan usaha cemilan di bulan Ramadhan juga membutuhkan strategi penasaran yang jitu agar bisa diterima masyarakat luas. Merk yang tertera dalam kemasan sangat menunjang proses pemasaran. Tetapi, lebih dari itu semua kualitas rasa adalah yang nomor satu.

Tetapi masalahnya, walaupun produk yang dimiliki unggul, tetapi tidak didukung dengan pemasaran yang tepat, akan sangat sulit mengembangkan usaha. Keuntungan utama dari sebuah pemasaran adalah produk yang dipasarkan akan dikenal lebih luas.

Dengan kata lain, promosi adalah salah satu cara jika ingin produk cemilan dikenal banyak orang. Tetapi, sebelum mengambil langkah ini, pastikan dulu target pasar yang ingin Anda jangkau. Sedangkan strategi promosi yang baik untuk Anda jalankan adalah sebagai berikut.

Pertama, jika Anda menginginkan promosi terencana tak ada salahnya mengeluarkan sedikit dana. Namun, jika usaha Anda tergolong baru Anda bisa melakukan promosi tanpa mengeluarkan banyak dana. Yakni dengan promosi door tp door dan lewat mulut ke mulut.

Kedua, ketika usaha mulai berkembang promosi yang telah disebutkan di atas tafi rasanya tidak efektif lagi. Ingin cara yang efisien Anda bisa mngikuti ajang pameran. Untuk hal yang satu ini Anda harus jeli melihat peluang baik untuk produk Anda.

Berbeda promosi personal, promosi ini mengharuskan Anda untuk mengeluarkan dana. Karena itu, Anda diharuskan menganggarkan dana promosi melalui pameran. Umamunya, untuk dapat ikut serta mengikuti pameran tergantung besar dan tidaknya suatu pameran. Selain itu juga tergantung seberapa besar booth yang akan digunakan menjajakan produk.

Ketiga, selain melalui pameran, promosi yang Anda bisa lakukan untuk memmasarkan produk cemilan Anda yaitu melalui iklan. Baik melalui surat kabar, majalah atau radio dan televisi. Nah, untuk hal yang satu ini tentu saja Anda diharuskan mengeluarkan biaya lebih besar lagi.

Yang jelas biaya iklan setiap media berbeda-beda satu sama lain. Untuk iklan di surat kabar atau majalah biasanya dihitung per barir. Sementara untuk iklan di radio dan televisi dihitung berdasarkan spot atau waktu yang dibutuhkan untuk satu kali iklan.

Nah dengan melakukan iklan tentunya kesempatan produk Anda untuk dikenal masyarakat menjadi lebih besar lagi. Orang bisa tahu dimanapun dia berada, ini tentunya dapat membuat target pasar Anda menjadi lebih besar lagi. Hal ini berbeda dengan strategi promosi lewat pameran dimana khalayak harus datang dulu baru bisa tahu produk Anda.

Terakhir, adalah promosi melalui pencetakan brosur. Buatlah brosur semenarik mungkin sehingga orang menjadi tertarik. Beberapa hal yang harus dicantumkan dalam brosur adalah nama danm tempat usaha serta produk yang Anda tawarkan beserta gambarnya.

Apalagi jika perusahaan Anda sudah memiliki sertifikat halal dari MUI serta izin bari BP-POM, cantumkan pula hal itu. Sehingga orang yang membaca brosur Anda semakin yakin akan produk yang Anda jual.