Ragam Usaha Laris di Bulan Ramadhan

Sebelum menentukan untuk berusaha di bidang apa? Seseorang (pengusaha) tentunya harus tahu terlebih dahulu usaha macam apa yang kini tengah digandrungi, atau saat ini momentnya seperti apa? Nah, saat ini paling tepat Anda membuka usaha yang berhubungan dengan Ramadhan dan Lebaran.

Memang mayoritas pengusaha di bulan Ramadhan merupakan pengusaha musiman. tetapi, tak jarang dari mereka sukses mendulang untung di bulan suci ini. Tetapi tidak sedikit pula usaha serupa yang gagal.

Oleh Karena itu, demi menghindari kegagalan walaupun telah berupaya pada bisnis yang termasuk kategori laris, harus melakukan riset atau penelitian terhadap kondisi pasar bisnis terlebih dahulu. Sehingga si pelaku usaha tau bagaimana trend kebutuhan masyarakat sekitar yang belum terpenuhi dengan baik atas berbagai usaha bisnis yang sudah ada.

Cara lainnya bisa juga dengan cara mengembangkan usaha bisnis yang dikembangkan oleh orang lain, asalkan punya konsep bisnis yang berbeda, konsep itu lah yang akan membuat bisnis kita nantinya berbeda dengan bisnis yang digarap orang lain. Berikut ini adalah beberapa usaha bisnis di Indonesia yang boleh dibilang cukup laris dan sangat diminati.

Pertama, usaha elektronik dan otomotif. Biasanya jelang lebaran masyarakat Indonesia yang berduit gemar membeli barang-barang elektronik serta otomotif. Karenanya, usaha di bidang elektronik dan otomotif merupakan salah satu jenis usaha yang cukup laris pada bulan Ramadhan. Meskipun modalnya cukup besar, namun keuntungannya pun juga sangat luar biasa.

Lihat saja, gaya hidup masyarakat kini beberapa tahun belakangan ini. Mereka sangat suka bergaya dengan menenteng model handphone terbaru, atau gadget trebaru serta produk otomotif seperti motor dan mobil baru. Akibatnya, inilah yang bisa dijadikan sebagai peluang untuk membuka sebuah usaha bisnis.

Yang kedua adalah usaha makanan. Sudah barang tentu yang namanya manusia itu tak bisa hidup tanpa makanan. Makanya, bisnis di sektor ini sangat menggiurkan. Bisnis ini memang boleh dibilang sebagai usaha bisnis nomor satu yang paling banyak dikembangkan di bulan Ramadhan. Bukan hanya pedagang yang memang telah bias menjual produk makanannya berupa kudapan, atau lauk pauk untuk berbuka dan sahur.

Apalagi saat ini, banyak kalangan yang tidakingin repot membuat kudapan atau lauk pauk sendiri. Dengan kata lain, membeli yang sudah matang lebih simpel daripada memasak sendiri di rumah. Akibtanya, itu membuat bisnis kuliner di bulan Ramadhan sangat menggiurkan.

Sesungguhnya ada dua unsur yang membuat seseorang sukses di bisis ini. Pertama adalah cita rasa dan kedua adalah masalah harga. Yang dibutuhkan banyak orang adalah makanan yang dijual dengan harga murah

Usaha yang terakhir atau yang ketiga, adalah usaha di sektor fashion. Jenis usaha ini juga merupakan contoh usaha yang cukup laris di Indonesia di bulan Ramadhan dan jelang lebaran. Usaha bisnis di sektor ini cukup potensial dan laris manis karena pakaian adalah kebutuhan primer kedua pangan. Apalagi semua umat Islam ingin tampil oke saat lebaran. Alhasil, produk fashion sangat diminati semua kalangan. Lihat saja pasar-pasar grosir, eceran atau bahkan mal. Pengunjungnya terus meningkat mendekati Hari Raya Iedul Fitri.

BERITA TERKAIT

Omzet UKM Binaan PNM Tembus Rp95 Juta/bulan

Omzet UKM Binaan PNM Tembus Rp95 Juta/bulan NERACA Payakumbuh, Sumbar - Sejumlah usaha kecil dan menengah (UKM) binaan PT Permodalan…

Pemkot Palembang Dorong UMKM Urus Izin Usaha

Pemkot Palembang Dorong UMKM Urus Izin Usaha   NERACA Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan mendorong pelaku usaha mikro,…

Beri Waktu Dunia Usaha, Sertifikasi Halal Dilakukan Bertahap

    NERACA   Jakarta - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso mengatakan kewajiban sertifikasi halal akan dilakukan…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Tahun 2019, Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Aplikasikan Tekhnologi

Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis, khususnya skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sudah menjadi sebuah keharusan. Sebab itu, upaya…

Pesatnya Perkembangan Pasar Modern dan Digitalisasi, Sarinah Tetap Bina UMKM

BUMN ritel PT Sarinah (Persero) menyatakan yakin bisa tetap eksis di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. Untuk itu, Sarinah tetap…

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…