Ribuan Keluarga Miskin di Kab. Bandung Perolah Air Bersih

Selasa, 16/08/2011

NERACA

Bandung - Sekitar 9.000 KK (Kepala Keluarga) miskin di Desa Campakamulya dan Pasirhuni Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung, memperoleh pelayanan air bersih secara gratis. Pelayanan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Bandung dengan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) ) Bandung Selatan yang ditandatangani Bupati Bandung H. Dadang Mohamad Naser dengan Kepala KPH Bandung Selatan Bambang Yurianto, di Aula SMPN 1 Cimaung, Jumat (12/8) pekan lalu.

Untuk membangun seluruh jaringan transmisi sepanjang lebih kurang 3.500 meter dan jembatan pipa air sepanjang 32 meter termasuk peralatan lainnya, Pemkab Bandung memperoleh bantuan biaya Bank Dunia senilai Rp. 2,4 miliar yang disalurkan melalui Program Prakarsa Pembaruan Tata Pemerintahan Daerah (P2TPD). Kabupaten Bandung merupakan satu-satunya kabupaten di Jawa Barat yang memperoleh bantuan tersebut dari Bank Dunia tersebut.

Kerjasama antara KPH Bandung Selatan dengan Pemkab Bandung dalam pelayanan air bersih kali ini, menurut Dadang M Naser bersifat pelayanan sosial untuk membantu warga miskin di pedesaan.“Karena sifatnya sosial, maka seluruhnya digratiskan.” tutur dia..

Kerjasama antara KPH Bandung Selatan dengan Pemkab Bandung dalam pelayanan air bersih, kata Dadang M Naser bisa pula dilakukan dalam bentuk gerakan bisnis namun dengan pola yang berbeda.

Air yang disalurkan ke Pasirhuni dan Campakamulya diambil dari sumber mata air di Leuwi Gentong di seputar Gunung Puntang-Cimaung. Debit air yang tersedia dilokasi tersebut berkisar antara 100-2000 liter/detik.