Juli Berpotensi Kenaikan Inflasi Tinggi

NERACA

Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo melihat inflasi  juni di level 0,43% masih terkendali, meskipun demikian terdapat potensi kenaikan dari harga yang diatur mengingat awal Juli ini ada kenaikan tarif seperti tarif listrik dan tarif transportasi udara. Maka pada Juli bulan mendatang ada potensi kenaikan inflasi tinggi. 

"Inflasi bulan mendatang berpotensi naik tinggi, tetapi kita tetap yakin ada di range 4,5% plus minus 1%," katanya di Jakarta, Rabu (2/7).

Agus juga melihat ada kecenderungan kenaikan angka inflasi. Ia berharap ada upaya pengendalian di seluruh Indonesia, terutama pada bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran. "Kita mesti jaga di dua area, volatile food dan admister price. Di administered price ada kemungkinan resiko di tarif angkutan udara," kata dia. 

Penghematan belanja negara juga dikatakan akan mempengaruhi angka inflasi. Untuk itu perlu ada pengelolaan yang baik. 

Pada kesempatan yang sama Menteri Perekonomian Chairul Tanjung menyatakan, Pemerintah sedang mengontrol inflasi pada bulan ini. Alasannya, jika tidak diantisipasi, inflasi Juli dapat meningkat karena terdapat beberapa sentimen yang dapat mendorong peningkatan. "Sekarang tugas kita adalah mengontrol inflasi di bulan Juli yang punya efek luar biasa,"katanya.

Dan untuk dapat mendorong kenaikan inflasi, diantaranya, adalah Lebaran dan berakhirnya hari libur sekolah. CT mengatakan, tahun ajaran baru mendorong inflasi yang luar biasa.

Menurut dia, hal-hal tersebut merupakan pekerjaan rumah Pemerintah. CT mengaku tidak mudah menekan inflasi, tetapi ia berharap inflasi Juli dapat ditekan di bawah 1%. Caranya yakni dengan stabilitas harga pangan.  "Kalau pendidikan tak bisa dihindari. Tahun ajaran baru pasti ada," ujarnya.

Sedangkan menurut Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs, menilai inflasi hingga Juni 2014 masih positif bagi pencapaian sasaran inflasi 3,5-5,5% pada 2014 dan 3-4% pada 2015.

"Bank Indonesia tetap mencermati berbagai risiko inflasi di semester II-2014 seperti potensi meningkatnya harga pangan akibat El Nino," katanya.

Untuk itu, lanjut Peter, Bank Indonesia secara konsisten akan menempuh kebijakan dalam rangka mengelola inflasi dan meningkatkan koordinasi pengendalian inflasi dengan Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah.

Inflasi Juni 2014 sendiri mengalami peningkatan sesuai dengan pola historisnya namun tetap terkendali. Indeks Harga Konsumen (IHK) pada bulan Juni mencatat inflasi sebesar 0,43% (mtm), meningkat dibandingkan bulan sebelumnya sesuai dengan pola inflasi menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Namun demikian, inflasi Juni tersebut masih terkendali dan bahkan lebih rendah dibandingkan angka historis dalam beberapa tahun terakhir yang rata-rata mencapai 0,56% (mtm). Secara tahunan, inflasi IHK tercatat sebesar 6,7 % (yoy), masih melanjutkan tren penurunan yang terjadi sejak awal 2014.

Sebagaimana biasanya, inflasi menjelang Ramadhan masih didorong oleh inflasi volatile food yang mencapai 1,06% (mtm) atau 6,74% (yoy). Komoditas yang mengalami kenaikan tertinggi adalah bawang merah dan bawang putih serta daging ayam dan telur ayam.

Sementara itu, inflasi inti masih terkendali dan relatif stabil di kisaran 0,25% (mtm) atau 4,81% (yoy). Hal ini didukung oleh masih menurunnya harga komoditas global di tengah depresiasi Rupiah, permintaan yang masih termoderasi, serta ekspektasi inflasi yang terjaga.

Di sisi lain, inflasi administered prices sedikit meningkat menjadi 0,45 persen (mtm) atau 13,47 persen (yoy) disebabkan utamanya oleh penyesuaian tarif listrik untuk pelanggan Rumah Tangga dengan daya listrik lebih dari 6600 VA. [agus]

BERITA TERKAIT

Pemerintah Komitmen Percepat Pengembangan Ekonomi Digital

    NERACA Jakarta – Pemerintah berkomitmen mempercepat pengembangan ekonomi digital sebagai pilar strategis transformasi Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh…

Sumber Daya Air Jadi Prioritas Pembangunan IKN

  NERACA Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan sektor sumber daya air (SDA) dan infrastrukturnya menjadi…

Tingkat Kepatuhan DHE SDA Cukup Baik

  NERACA Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, tingkat kepatuhan (compliance) untuk devisa hasil ekspor sumber daya alam (DHE…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

UU DKJ, Masa Depan Jakarta Dijadikan Pusat Perdagangan Global

UU DKJ, Masa Depan Jakarta Dijadikan Pusat Perdagangan Global NERACA Jakarta - Lahirnya undang-undang tentang Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ)…

Pemerintah akan Bentuk Tim Proyek Kereta Cepat Jakarta " Surabaya

  NERACA Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan segera membentuk tim untuk proyek kereta…

Surplus Neraca Perdagangan Terus Berlanjut

  NERACA Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Maret 2024, Indonesia kembali surplus sebesar 4,47 miliar dolar AS,…