Festival Krakatau - Gelaran Budaya Hingga Tur Gunung Krakatau

Festival Krakatau merupakan agenda pariwisata tahunanProvinsi Lampung yang sudah berlangsung sejak 1991. Event tersebut tahun ini rencananya akan berlangsung pada 24-31 Agustus 2014 dengan sejumlah rangkaian acara di beberapa lokasi. Festival Krakatau sendiri digelar untuk mengenang peristiwa meletusnyaGunung Krakatau pada 26-27 Agustus 1883 dimana termasuk salah satu letusan gunung api terbesar di muka Bumi.

Festival Krakatau menyajikan berbagai kegiatan menarik antara lain pameran, gelaran budaya, olahraga, tur Gunung Krakatau, dan lainnya. Agenda Festival Krakatau akan diawali launching dan promo event pada Minggu, 24 Agustus 2014 bertempat di Lapangan Enggal Bandar Lampung. Hari tersebut acara akan diisi dengan beberapa kegiatan, yaitu: Senam Aerobik Massal Berhadiah, Lomba Gasing dan Layang Layang, Festival Film Indie Lampung, Lomba Modern Dance, Krakatau Fun Triathlon, dan Lomba Souvenir Khas Lampung.

Berikutnya akan ada pula Pameran Seni Rupa di Pasar Seni Enggal pada 24-28 Agustus 2014. Bentuk kegiatannya berupa pameran karya seni rupa dari seniman dan perupa asal Lampung. Pada 25-26 Agustus 2014 di tempat yang sama akan ada pembacaan Puisi Syair ”Lampung Karam” oleh Seniman Lampung diiringi Komunitas Seribu Bulan.

Pada 27 – 28 Agustus 2014 bertempat di Menara Siger Bakauhenidigelar kegiatan Jelajah Menara Siger dan Pulau Rimau Balak. Peserta akan melakukan kegiatan Fun Bike menjelajahi rute Menara Siger sampai dengan Pulau Rimau Balak. Acara serupa sehari berikutnya pada 29 Agustus 2014 akan ada Fam Trip ke Teluk Kiluan.

Kegiatan Krakatau Fes’ Expo akan berlangsung pada 29-31 Agustus 2014 berlokasi di Kalianda Lampung Selatan. Dalam acara ini akan ada promosi tujuan dan daya tarik wisata Lampung, termasuk juga pameran lukisan, kuliner dan kerajinan tangan khas Lampung. Pesertanya sendiri adalah: BKPM Provinsi Lampung, Diskoperindag Provinsi Lampung, Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota Lampung, dan pelaku industri pariwisata di Lampung.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut Lampung maka akan ada Krakatau Fun Diving pada 29-31 Agustus 2014 dengan lokasi di Kalianda, Lampung Selatan. Kegiatan ini melibatkan Komunitas Selam dan Snorkeling dari Lampung dan luar Lampung.

Kegiatan utama dari Festival Krakatau sendiri akan menghadirkan Tour Krakatau pada Sabtu 30 Agustus 2014 dengan mengambil lokasi mula dari Bakauheni Lampung Selatan. Kegiatan ini berupa tour mengelilingi Gunung Anak Krakatau dengan kapal laut. Pesertanya adalah tamu undangan (duta besar, tour operator, investor), serta masyarakat umum.

Adajuga kegiatan Krakatau Night pada Sabtu, 30 Agustus 2014 dengan lokasi di Kalianda Lampung Selatan. Acaranya berupa jamuan makan malam bagi undangan VVIP dengan hiburan pertunjukkan musik dan tari, sekaligus acara interaktif antara pelaku industri pariwisata Lampung dengan duta besar, tour operator dan investor.

Sehari berikutnya Carnaval The Legends and Glories of Lampung Culture akan dihelat pada 31 Agustus 2014. Acaranya ini menyuguhkan parade kekayaan budaya Lampung dan Kreasi Tapis Fantasi. Lokasi acaranya di Kalianda Lampung Selatan.

BERITA TERKAIT

Jika Berinovasi, PLN Bisa Hemat Hingga Rp1 triliun

  NERACA   Jakarta - Perusahaan Listrik Negara (PLN) memproyeksikan jumlah efisiensi yang diciptakan dari inovasi-inovasi korporat bisa mencapai Rp1…

Komisi III DPR Minta KPK Serius Hilangkan Budaya Korupsi

Komisi III DPR Minta KPK Serius Hilangkan Budaya Korupsi NERACA Jakarta - Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa…

64 Bank Terdampak Status Gunung Agung

  NERACA Bali - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan sebanyak 64 bank umum dan bank perkreditan rakyat terdampak status awas…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Galeri Nasional Pamerkan Karya Seni Rupa Pascareformasi

Galeri Nasional Indonesia bekerjasama dengan Japan Foundation Asia Center menyelenggarakan pameran "Resipro(vo)kasi: Praktik Seni Rupa Terlibat di Indonesia Pascareformasi" pada…

Prosesi Sedekah Laut di Cilacap dihadiri Ribuan Orang

Ribuan orang dari berbagai wilayah di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyaksikan prosesi sedekah laut yang merupakan tradisi budaya nelayan setempat…

Jogja Street SculptureProject 2017 Hadirkan 54 Karya Patung

Jogja Street Sculpture Project (JSSP) 2017 akan digelar di Kawasan Kotabaru, Yogyakarta, dengan menghadirkan sebanyak 54 karya patung dari 50…