Penipuan Perbankan The Luuuk: - Setengah Juta Euro Dicuri Hanya dalam Satu Minggu

NERACA

Seiring dengan kemajuan teknologi, digitaliasi telah merubah cara perbankan dalam melayani para nasabahnya. Ironisnya, rangkaian layanan produk perbankan digital yang digunakan untuk mendukung kebutuhan perbankan, kerap kali dijadikan sasaran oleh pelaku kejahatan dunia maya (cyber Crime).

Seperti serangan tertarget yang menyasar nasabah bank besar Eropa. Berdasarkan log yang ditemukan oleh Para pakarGlobal Research and Analysis Team(GReAT) Kaspersky Lab pada server yang digunakan oleh para pelaku, hanya dalam waktu satu minggu para pelaku berhasil mencuri lebih dari setengah juta Euro dari berbagai rekening di bank tersebut.

Tanda-tanda awal kegiatan mereka pertama kali ditemukan pada 20 Januari tahun ini ketika para pakar Kaspersky Lab mendeteksi sebuah server C&C. Kontrol panel server tersebut mengindikasikan bukti-bukti penggunaan program Trojan untuk mencuri uang dari rekening nasabah bank.

Para pakar Kaspersky Lab juga mendeteksi log transaksi pada server tersebut, yang berisi informasi mengenai berapa jumlah uang yang diambil dan dari rekening mana. Secara keseluruhan, lebih dari 190 korbanteridentifikasi, sebagian besar berdomisili di Italia dan Turki. Jumlah uang yang dicuri dari tiap rekening, berdasarkan log di atas, berkisar antara 1.700 hingga 39.000 Euro.

Kegiatan para pelaku setidaknya telah berjalan satu minggu ketika server C&C ditemukan para pakar Kaspersky Lab. Kegiatan mereka dimulai sekitar 13 Januari 2014. Dalam jangka waktu seminggu tersebut, para pelaku berhasil mencuri lebih dari 500.000 Euro. Dua hari setelah GReAT menemukan server C&C, para pelaku menghilangkan setiap jejak bukti yang bisa digunakan untuk melacak mereka. Namun, para pakar menyatakan bahwa penghilangan jejak tersebut lebih karena perubahan infrastruktur teknis yang digunakan dan bukan berarti berhentinya kegiatan yang mereka lakukan.

Related posts