Tambah Koleksi Pohon Langka

Sharp Ajak Pelajar Hijaukan Sharp Mini Forest

Sabtu, 05/07/2014

NERACA

PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) selalu berupaya untukberperan aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan secara berkelanjutan. Sharp percaya,melestarikan lingkungan hidup merupakan tanggung jawab setiap insan di bumi, dan karenanya setiap orang harus berupaya untuk menyelamatkan lingkungan hidup sekitar demi terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi mendatang.

Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, SEID kembali menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kali ini, SEID mengajak para pelajar dari SMAN 1 Teluk Jambe, Karawang, untuk memperkaya koleksi pohonlangka di hutan mini milik Sharp (Sharp Mini Forest) yang terletak di pabrik baru SEID di Karawang dengan melakukan aksi penanaman lebih dari 200 bibit pohon pada 25 Juni 2014

Di Sharp Mini Forest seluas 15.067 m2 ini, SEID menambah koleksi berbagai pohon jenis tanaman kayu, pelindung, dan buah khas dari seluruh Indonesia yang sudah langka dan jarang ditemui seperti Keben, Kenari Babi, Sempur, Buni, Bisbul, Dahu, Mahoni, Anyang-anyang, Ganitri, Merbau, Kopsia, Kantil, dan Matoa.

Dalam kegiatan kali ini, tak kurang dari total 100 orang pelajar dan karyawan SEID dilibatkan guna menyebarluaskan pengetahuan, kesadaran, dan kecintaan terhadap lingkungan sekaligus keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia.

Ini bukan pertama kalinya SEID melakukan penanaman pohon langka di lingkungan pabriknya.Pada tahun 2010, SEID telah membuat Sharp Mini Garden di pabrik Pulo gadung sebagai upaya konservasi dan pendidikan mengenai keanekaragaman hayati Indonesia kepada karyawan danmasyarakat sekitar.

Selain itu, program-program SEID dalam bidang penghijauan dan konservasi keanekaragaman hayati juga sudah punya catatan panjang, di antaranya adalah penanaman lebih dari 1.000 pohon dari tanaman langka endemik di kawasan Taman Nasional Gunung GedePangrango pada tahun 2009 serta lebih dari 10.000 pohon lagi di rentang tahun 2009 - 2014yang disebar di beberapa tempat di Indonesia.

Selain penanaman aneka pohon langka, pada kegiatan tersebut para peserta juga diberikan pemahaman tentang tata cara pembuatan lubang biopori, praktik pengolahan limbah, pembuatan kompos, serta berkeliling pabrik untuk mengamati secara langsung proses pembuatan aneka peralatan elektronik Sharp seperti lemari es dan mesin cuci.

Hari itu, para peserta juga diberikan kesempatan istimewa untuk menyaksikan pengoperasian perdana panelsurya (solar cell) terkemuka milik Sharp, PHOTOVOLTAIC, sebuah produk pembangkit energi terbarukan yang menghasilkan listrik dari intensitas cahaya matahari, di pabrik SEID Karawang.

Sebanyak 360 unit solar panel yang mulai dioperasikan ini diprediksi mampu menghasilkan total daya terbangkitkan sebesar 66.600 Watt, atau setara dengan membangun sebuah perkampungan kecil berisi sekitar 148 rumah tangga yang ramah lingkungan.