Silkair Luncurkan Penerbangan Ke Hangzhou

Industri Jasa Angkutan Udara

Selasa, 01/07/2014

NERACA

Jakarta – SilkAir, anak perusahaan regional Singapore Airlines, memulai penerbangan perdananya Jumat pekan lalu ke Hangzhou, ibukota Provinsi Zhejiang, Tiongkok. Hangzhou akan menjadi destinasi ke-48 dalam jaringan SilkAir, serta dengan adanya perluasan jaringan ini menjadikan SilkAir memiliki delapan destinasi jadwal penerbangan di Cina. Destinasi penerbangan SilkAir yang lainnya termasuk Cina Changsha, Chengdu, Chongqing, Kunming, Shenzhen, Wuhan dan Xiamen.

Penerbangan MI918 berangkat dari Singapore Changi Airport Terminal 2 pada pukul 10:00, dan dijadwalkan tiba di Bandara Udara Internasional Xiaoshan Hangzhou pada pukul 15:20. Sedangkan jadwal penerbangan kembali, MI917 akan berangkat dari Hangzhou pada pukul 16:20, dan dijadwalkan tiba di Singapura pada pukul 21:25 (semua waktu adalah waktu setempat).

Jadwal penerbangan ke Hangzhou dilakukan empat kali dalam seminggu, dengan keberangkatan pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Penerbangan ini akan dioperasikan dengan menggunakan pesawat Airbus A320, yang keduanya menyediakan kabin Kelas Bisnis (Business Class) dan Kelas Ekonomi (Economic Class).

Terkenal akan pemandangan dan situs-situs budaya yang sangat menakjubkan, Hangzhou, seperti kota-kota modern di Cina lainnya kota ini telah melalui pembangunan perkotaan baru-baru ini. Namun, kota ini masih mempertahankan warisan sejarah dan budayanya. Daya tarik utama kota ini ada keindahan Danau Barat (West Lake), di mana atraksi-atraksi populer seperti Solitary Hill, Kuil Ling Yin, Pagoda enam Harmoni (Six Harmonies Pagoda) dapat ditemukan. Hangzhou juga terkenal akan Longjing atau teh hijau Dragon Well (Dragon Well Green tea)-nya serta hamparan kebun teh yang subur tempat tumbuhnya beberapa jenis teh terbaik.

Untuk merayakan acara khusus ini, para pelanggan pada penerbangan pertama dari Singapura diberikan syal sutra dan sertifikat penerbangan perdana yang secara pribadi ditandatangani oleh Chief Executive SilkAir, Leslie Thng, dan komandan penerbangan. Para pelanggan yang bepergian dengan penerbangan perdana dari Hangzhou akan menerima hadiah yang sama.

"SilkAir akan menjadi satu-satunya maskapai layanan penuh (full service) yang menghubungkan Hangzhou langsung ke Singapura. Kami yakin bahwa layanan penerbangan ini akan dapat memenuhi permintaan yang tinggi dari segmen pasar yang berbeda, terbang menuju Hangzhou dan terbang keluar dari Hanzhou dengan menggunakan jaringan gabungan kami antara SilkAir dan Singapore Airlines,” kata Thng dalam keterangan resmi yang dikutip, Senin (30/6).

“Kota Cina merupakan pasar penting untuk SilkAir. Peluncuran Peluncuran penerbangan kami ke Hangzhou menunjukkan bahwa kami tetap berkomitmen untuk mengembangkan pasar ini yang memiliki potensi kuat untuk perkembangan," tambahnya.

Dengan peluncuran layanan penerbangan terbaru ini, frekuensi SilkAir ke China saat ini akan meningkat menjadi 50 penerbangan mingguan. Untuk para pelanggan di Hangzhou, layanan penerbangan baru ini memudahkan menghubungkan penerbangan ke Hangzhou bersama dengan jaringan Singapore Airlines - SilkAir lebih dari 90 kota di seluruh dunia melalui hub di Singapura. Mulai dari hari ini hingga 30 September 2014, para pelanggan di Hangzhou yang melakukan penerbangan transit di Singapura pada penerbangan SilkAir atau Singapura Airlines lainnya dapat menikmati voucher Dollar Changi sebesar S$40 untuk digunakan di Bandara Changi.

Pada siaran pers sebelumnya, SilkAir menyebutkan telah mengintegrasikan pemberitahuan status penerbangan dengan Google Now guna memberikan informasi terbaru mengenai status penerbangan mereka kepada para pelanggan.

Google Now merupakan sebuah layanan yang diperkenalkan sebagai bagian dari aplikasi Google Search yang menyediakan informasi yang benar, pada waktu yang tepat. Para pelanggan SilkAir yang melakukan pemesanan melalui www.silkair.com dan mencantumkan alamat akun Gmail mereka saat pemesanan akan dapat melihat informasi perjalanan seperti lokasi terminal keberangkatan mereka, pintu keberangkatan, jadwal penerbangan serta status penerbangan. Layanan ini juga akan memberikan pelanggan informasi yang berguna mengenai masing-masing tujuan perjalanan seperti kondisi cuaca dan lalu lintas. Informasi ini akan diperbaharui secara otomatis di Google Now beberapa jam sebelum keberangkatan para pelanggan.

Google Now tersedia melalui aplikasi Google Search yang dapat diunduh pada perangkat perangkat iOS dan Android melalui aplikasi Apple App Store dan Google Play Store, serta sudah tertanam (built-in) di perangkat Android 4.1+. Para pengguna kemudian harus masuk ke Google Search App dengan akun Gmail mereka untuk mengaktifkan fitur Google Now.